Tanakadate Aikitsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tanakadate Aikitsu

Tanakadate Aikitsu (田中舘 愛橘?, lahir 16 Oktober 1856 – meninggal 21 Mei 1952 pada umur 95 tahun) adalah ahli geofisika kelahiran kota Ninohe di Prefektur Iwate, Jepang. Profesor di Universitas Tokyo.

Penerima penghargaan Medali Kebudayaan dari pemerintah Jepang. Perintis sistem metrik di Jepang. Pendukung penulisan bahasa Jepang menggunakan abjad Latin dengan menciptakan sistem Nihon-shiki Rōmaji.

Biografi singkat[sunting | sunting sumber]

Lulusan departemen Fisika Universitas Tokyo angkatan I. Sewaktu masih mahasiswa pernah menemani Thomas C. Mendenhall mengukur gravitasi di puncak Gunung Fuji. Pada tahun 1889 atas biaya sendiri berangkat ke luar negeri menjadi murid Lord Kelvin. Diangkat menjadi staf pengajar Universitas Tokyo setelah kembali pada tahun 1891.

Pada tahun 1904, Tanakadate mendirikan perkumpulan peneliti balon udara khusus untuk kegunaan militer dan menjadi salah satu anggotanya. Setelah itu berhasil mendirikan pusat penelitian penerbangan di Universitas Tokyo. Tanakadate tercatat dalam sejarah aviasi Jepang sebagai pembuat pesawat terbang (glider) Jepang yang pertama. Ia ikut membantu pembuatan glider pada tahun 1909 yang dipimpin perwira angkatan laut Perancis bernama Le Prieure. Glider berawak buatannya berhasil terbang di atas danau Shinobazuike yang terletak di Taman Ueno, Tokyo.

Pada tahun 1907, Tanakadate menjadi orang Jepang pertama yang menjadi anggota Comité International des Poids et Mesures yang didirikan berdasarkan perjanjian internasional Konvensi Meter (Convention du Mètre).

Pada tahun 1916 sewaktu merayakan ultahnya yang ke-60, Tanakadate mengutarakan niatnya untuk pensiun. Ia wafat pada tahun 1952 di usia 95 tahun.

Astronom bernama Hisashi Kimura adalah salah seorang muridnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]