TV Azteca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Azteca S.A. de C.V.
Simbol saham BMV: AZTECA
Didirikan 1968 (sebagai Imevisión)
1993 (sebagai TV Azteca)
Kantor pusat Ciudad de México
Tokoh penting Mario San Román, (CEO)
Pendapatan AS$ 965.300.000 (2012)
Laba bersih AS$ 177.100.000 (2012)
Karyawan 5.655
Induk Grupo Salinas
Situs web www.tvazteca.com/

Azteca (BMV: AZTECA), sebelumnya TV Azteca, adalah konglomerat multimedia Meksiko yang dimiliki oleh Grupo Salinas. Ini adalah massa kedua terbesar perusahaan media di Meksiko setelah Televisa[1]. Pada tahun 2011, perusahaan ini bersaing di Meksiko dengan Televisa. Maskapai ini mengoperasikan jaringan televisi dua, Azteca 7 dan Azteca Trece di Meksiko dengan repeater dan stasiun afiliasi di kebanyakan kota besar dan kecil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Azteca didirikan pada tanggal 18 Juli 1993. Ketika dua dari tiga jaringan dan semua stasiun repeater yang dimiliki oleh Instituto de la Mexicano Televisión yang dilelang oleh pemerintah Meksiko. Imevisión juga memiliki saluran 22 dari Distrik Federal Meksiko, itu tidak termasuk di paket privatisasi oleh permintaan populer intelektual dan dikirim ke Conaculta.

Pada tanggal 18 Juli 1993, Departemen Keuangan di Meksiko, Secretaría de Hacienda y Crédito Público (SHCP) mengumumkan bahwa Radiotelevisora ​​del Centro, sebuah kelompok dikendalikan oleh Ricardo Salinas Pliego, adalah pemenang dari proses lelang untuk mendapatkan "BUMN paket media ". Tawaran yang menang sebesar US $ 645 juta. Penawar lainnya termasuk Grupo Cosmovision, perusahaan patungan antara perusahaan radio yang berbeda dari Meksiko (dipimpin oleh Grupo Radiorama), datang di tempat kedua dengan US $ 495 juta tawaran dan Grupo Medcom, berafiliasi dengan Grupo Radio Merah dan dikendalikan pada saat itu oleh Clemente Serna Alvear dan berada di posisi ketiga dengan AS $ 454 juta penawarannya.

Pada tanggal 7 Maret 2011, TV Azteca berubah nama menjadi Azteca, untuk penyederhanaan subdivisi.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]