T-64

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
T-64
T64 21.jpg
Tipe Tank tempur utama
Negara asal Uni Soviet
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1966–
Digunakan oleh Uni Soviet (pemilik awal), Belarusia, Rusia, Ukraina, Uzbekistan
Sejarah produksi
Perancang Biro Desain Morozov
Tahun 1951–62
Produsen Pabrik Malyshev
Diproduksi 1963–85
Spesifikasi (T-64A[1])
Berat 38 ton
Panjang 9.225 m
Lebar 3.415 m
Tinggi 2.172 m
Awak 3

Tempur 20–450 mm lapisan glass reinforced plastic di antara lembaran baja
Senjata
utama
D-81T smoothbore kaliber 125 mm
Senjata
pelengkap
Senapan mesin PKMT kaliber 7.62 mm coaxial, senapan mesin berat NSV kaliber 12.7 mm
Jenis Mesin 5DTF diesel 5 silinder
700 hp
Daya kuda/ton 18.4 hp/ton
Suspensi Torsion bar
Daya jelajah 500 km, 700 km dengan tangki eksternal
Kecepatan 60.5 km/j

T-64 adalah salah satu generasi tank tempur utama yang didesain oleh Uni Soviet, yang pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1960-an. Tank ini hanya digunakan oleh Angkatan Bersenjata Uni Soviet di divisi garis depan dan tank ini lebih canggih dari T-72 yang lebih terkenal. Walaupun T-72 dipakai lebih luas dan secara umum lebih dikembangkan, T-64 menjadi dasar pengembangan dari tank tempur utama Soviet berikutnya, seperti T-80.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

T-64 dibuat di Kharkov (Kharkiv, Ukraina) sebagai generasi terbaru untuk tank tempur utama oleh Alexander A. Morozov, pencipta T-54 (yang nantinya akan di naikkan kelasnya oleh Leonid N. Kartsev, lewat biro Nizhny Tagil dalam model T-54A, T-54B, T-55, dan T-55A).

Fitur yang paling revolusioner yang dimasukkan dalam T-64 ialah sistem pengisian otomatis meriam 125 mm yang menjadi senjata andalan T-64, memungkinkan posisi kru pengisi amunisi untuk dihilangkan, dan membantu mempertahankan ukuran tank tersebut tetap kecil. Para pasukan tank biasanya bergurau kalau para designer tank telah menyamai himne tidak resmi mereka, "Three Tankers" - lagu yang ditulis untuk menghargai para kru tank yang berpartisipasi dalam Pertempuran Khalkhin Gol, di dalam tank kavaleri BT yang berkapasitas 3 orang pada tahun 1939[2]

T-64 juga memelopori teknologi tank tempur utama Soviet lainya: model T-64A tahun 1967 menggunakan meriam smoothbore kaliber 125 mm, dan T-64B tahun 1976 bisa menembakkan peluru kendali anti tank melalui laras meriamnya.

Rancangan T-64 kemudian dikembangkan lebih jauh sebagai tank tempur utama T-80 yang menggunakan mesin turbin gas. Kubah dari T-64B nantinya akan digunakan oleh T-80U dan T-80UD (versi lanjut T-80), dan versi mesin diselnya yang lebih maju akan digunakan sebagai penggerak T-80UD dan T-84 yang dibuat oleh Ukraina.

T-64 hanya digunakan oleh pasukan Uni Soviet dan tidak pernah diekspor, tidak seperti T-54/55. Lebih superior dari T-55 apabila dibandingkan menggunakan sebagian besar indikator dan pengukur kualitatif, sampai diperkenalkanya T-72B pada tahun 1985. Tank ini digunakan melengkapi formasi elit dan reguler di Eropa Timur dan tempat lainya. T-64A model pertama ditempatkan bersama grup pasukan Uni Soviet di Jerman Timur tahun 1976, dan beberapa waktu kemudian di Hungaria. Meskipun dipercaya bahwa T-64 hanya disimpan untuk satuan tank elit, namun T-64 juga dipakai oleh "formasi nonaktif" yang jauh lebih rendah, contohnya di Pasukan Ke 14 Distrik Militer Odessa

Dengan pecahnya Uni Soviet tahun 1991, tank-tank T-64 tetap tersimpan sebagai arsenal republik konstituen dari tank tersebut. Saat ini, hampir 2000 unit inventori T-64 digunakan oleh militer Ukraina, dan sekitar 4000 buah tetap digunakan oleh Angkatan Darat Rusia

Sejarah Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi awal[sunting | sunting sumber]

Melihat bahwa T-55/T-62 sudah mencapai potensi maksimumnya untuk peningkatan-peningkatan lebih lanjut, Soviet memulai proyek pengembangan rancangan tank yang benar-benar baru yang bisa mengalahkan Tank Inggris atau tank Barat lainya dan bisa bertahan menghadapi senjata anti-tank Barat yang terbaru.[3]

Proyek 430[sunting | sunting sumber]

Purwarupa Obyekt 430 di Musium Tank Kubinka

Penelitian untuk rancangan tank tempur baru dimulai pada 1951. Tim KB-60M dibentuk di biro konstruksi Kharkov di Pabrik No.75 untuk pembangunan mesin transportasi dinamai Malyshev (bahasa Rusia: конструкторское бюро Харьковского завода транспортного машиностроения №75 им. Малышева) oleh insinyur-insinyur yang kembali dari Nizhny Tagill, dengan A.A Morozov sebagai pemimpinya. Proyek yang dinamai Obyekt 430 menghasilkan 3 purwarupa yang diujicoba di Kubinka pada tahun 1958. [4]Kendaraan-kendaraan tersebut menunjukan karakteristik yang akan mengubah rancangan tank tempur di sisi Tirai Besi secara radikal. Untuk pertama kalinya, sebuah mesin piston oposan yang sangat kompleks digunakan: 4TD, dirancang oleh tim desain mesin pabrik tersebut. Sistem transimisinya merupakan dua gir lateral di tiap sisi mesin. Dua inovasi tersebut menghasilkan sebuah kamar mesin yang sangat pendek dengan pembukaan yang berlokasi dibawah turret. Volume kamar mesinnya sendiri nyaris setengah dari T-54. Sistem pendinginnya diambil dan sebuah suspensi yang berbobot ringan dipasang, menggunakan roda logam kosong dengan diameter kecil dan rantai caterpillar dengan sendi-sendi karet.

Tank ini akan tetap menggunakan sebuah meriam D-10TS 100mm dan zirah pelindung depan setebal 120mm. Karena tidak memperlihatkan superioritas yang nyata atas karakteristik tempur bila dibandingkan dengan T-55 yang telah memasuki masa bakti aktif, Morozov memutuskan bahwa produksi belumlah siap dilakukan karena kemunduran proyeknya ini. Tetapi, penelitian yang dilakukan pada obyekt 430U, menggunakan meriam 122mm dan zirah pelindung 160mm, memperlihatkan bahwa tank tersebut memiliki potensi untuk menyamai dengan kemampuan tembak dan zirah pelindung sasis tank berat maupun sedang. Proyek baru setelah itu pun dimulai, obyekt 432.

Proyek 432[sunting | sunting sumber]

Meriam yang dipasangkan di tank baru ini ialah meriam 115mm D-68 yang mematikan (2A21). Ini adalah keputusan yang mempunyai potensi beresiko untuk menggantikan pengisian amunisi oleh manusia dengan sistem otomatis hidro-elektrik, tidak pernah digunakan oleh tank manapun sebelumnya. Kru didalamnya dikurangi menjadi tiga, yang memungkinkan pengurangan yang signifikan untuk volume internal, dan akibatnya untuk berat, dari 36 ton (obyekt 430) ke 30.5 ton saja. Tingginya turun hingga 76mm.

Tetapi, dengan adanya meriam L7 105 mm milik Inggris dan varian M-68 milik Amerika Serikat, dicangkokan ke Tank Centurion dan M60 Patton, memaksa tim pengembang untuk mengambil langkah berani selanjutnya, dengan mengadopsi zirah komposit. Proses yang baru saja dibuat dijuluki "K combination" oleh pasukan Barat: proteksi ini terdiri dari lapisan logam almunium disisipkan di antara dua lapisan baja dengan kekerasan tinggi. Akibatnya, berat dari purwarupa ini kembali naik lagi ke 34 ton. Tetapi karena mesin ini sekarang ialah 5TDF (dirancang oleh elemen lokal) berkekuatan 700 tenaga kuda (515 kilowatt), kelincahanya tetap mengagumkan, amat jauh lebih baik daripada T-62 yang sudah aktif terlebih dahulu. Obyekt 432 sudah siap pada September 1962 dan produksinya dimulai Oktober1963 di pabrik Kharkov. Pada 30 Desember 1966, purwarupa ini memasuki masa bakti sebagai T-64.

T-64A[sunting | sunting sumber]

T-64 mempunyai karakteristik yaitu lubang pembuangan dibelakang

Bahkan setelah T-64 sudah memasuki jalur assembly, tim perancang sudah bekerja untuk versi terbaru yang akan memungkinkan daya tembak tank ini diatas rata-rata, dinamakan dengan obyekt 434. Meriam D-81T 125mm yang baru dan mematikan, dari pabrik senjata Perm, dipasang di tank ini. Meriam ini sebenarnya hanyalah versi lebih besar dari meriam smoothbore 115mm milik T-62. Ukuran 125mm yang lebih besar berarti lebih sedikit yang bisa dibawa di dalam T-64, dan dengan kru pengisi amunisi menghabiskan sisa ruangan juga, tank ini hanya memiliki kapasitas 25 butir peluru saja. Ini terlalu rendah untuk bisa diterima para perancang Soviet, tetapi parameter dimensi yang ketat menghadang mereka untuk memperbesar ruang interior. Solusinya ialah dengan mengganti pengisi amunisi manusia dengan pengisi mekanis, memotong kru menjadi 3 dan menandai penggunaan autoloader pertama di MBT Soviet.(Perrett 1987:42) Autoloader 6ETs10 memiliki 28 butir peluru dan bisa menembakan 8 tembakan per menit; penyeimbangnya, sebuah 2E23, dipasang ke penjejak baru TPD-2-1 (1G15-1). Berkendara malam juga diadaptasikan dengan periskop baru TPN-1-43A yang akan diuntungkan dari iluminasi proyektor L2G yang kuat, dipasang di sisi kiri meriam. Pelindungnya ditingkatkan, dengan fiberglas menggantikan logam almunium di zirah, dan pelat yang dilengkapi per dipasang di pelindung lumpur (dikenal sebagai rok Gill), untuk melindungi suspensi atas dan samping. Tetapi rok tersebut sangatlah ringkih dan sering dilepas. Ruang penyimpanan kecil dibuat di dalam kubah meriam, dengan ruangan di kanan dan tiga kotak di kiri depan. Snorkel dipasang di sisi belakang kubah meriam. sebuah sistem proteksi nubika dipasang dan lubang palka diperlebar.

Puerwarupa di uji coba pada 1966 dan 1967 dan setelah produksi dimulai setelah T-64 ke 600, tank ini memasuki masa pakai di Angkatan Darat Soviet atas nama T-64A. Insinyur kepala Alexander Morozov di hadiahi Lencana Lenin atas kesuksesan model ini.

Dirancang untuk pasukan elit, T-64A diperbaharui dari waktu ke waktu karena perlengkapan yang ada meningkat kualitasnya. Setelah hanya tiga tahun mengabdi, modernisasi pertama berlangsung, yaitu mengenai :

  • fire control, dengan mengganti penjejak TPD-2-49 dengan coincidence rangefinder optik dan penglihatan malam TPN-1-49-23, dan penyeimbang dengan memasang sistem 2E26.
  • memasang radio R-123 M
  • pengliatan malam TBN-4PA untuk pengemudi dan TNP-165A untuk komandan tank. Pos tempur komandan sendiri diubah dengan memasang sebuah kubah penyeimbang dengan senapan mesin anti-serangan udara NSVT 12.7x108 mm, dipandu secara elektrik melalui alat bantu penglihatan PZU-5, dan diisi 300 butir amunisi. Bisa digunakan dari dalam tank sehingga komandan tank bisa menghindari terekspos di luar tank (seperti tank-tank sebelumnya). Kemungkinan memasang sistem anti ranjau KMT-6 juga dipasang.

Versi yang berkaitan muncul disaat yang sama, dirancang untuk perwira komandan, dan dinamai T-64AK. Memiliki sebuah radio R-130M dengan antena teleskopik sepanjang 10m yang bisa digunakan hanya pada keadaan tank diam karena mensyaratkan kaki-kaki untuk dipasang, sebuah lingkaran pengarah artileri PAB-2AM dan stasiun navigasi TNA-3, semua ini bisa disuplai energinya oleh generator bensin pembantu.

Tahun 1976, sistem persenjataanya ditingkatkan dengan memasang sebuah DT-81TM (2A46-1), distabilkan oleh sebuah 2E28M2, di suplai oleh sebuah 6ETs10M otomatis. Penglihatan malam diganti dengan sebuah TNPA-65 dan mesinya bisa menerima berbagai jenis bahan bakar, termasuk disel, kerosin atau bensin. Produksinya, dipakai pertamakali oleh varian B, berhenti pada tahun 1980.

Tetapi mayoritas T-64A masih dimodernisasi setelah 1981, dengan memasang sebuah pelontar granat asap berlaras enam dengan kaliber 81 mm 902A di kedua sisi meriam, dan dengan mengganti pelat gill dengan rok karet untuk masa pakai lebih lama. Beberapa darinya terlihat dipasang setelah 1985 dengan balok reaktif (sebagai T-64BV), atau dengan telemeter laser TPD-K1 bukan dengan rangefinder optik TPD-2-49 (1981). Nyaris semua T-64 tersebut di modernisasi menjadi T-64R, antara 1977 dan 1981, dengan mereorganisasi penyimpanan dan snorkel eksternal, mirip seperti T-64A.

T-64B[sunting | sunting sumber]

Tim perancang telah melaksanakan pekerjaanya untuk versi-versi terbaru. Masalah dengan setup mesin 5TDF terjadi karena kapasitas produksi lokal terbukti kurang memadai dibandingkan dengan produksi yang dibuat di tiga pabrik (Malyshev di Kharkov, Kirov di Leningrad dan Uralvagonzavod).

Dari tahun 1961, dan alternatif dari obyek 432 yang telah dipelajari, dengan menggunakan 12 V-silinder mesin V-45 : obyek 436. Tiga purwarupa di uji coba tahun 1966 di pabrik Chelyabinsk. Perintah untuk mengembangkan model yang dibuat dari 434 dengan mesin yang sama menghasilkan obyek 438, nantinya dinamai obyek 439. Empat tank tipe ini dibangun dan diujicoba pada tahun 1969, yang menunjukkan kelincahan yang sama dengan versi produksi, tetapi produksi masa belumlah dimulai. Purwarupa ini nantinya berguna sebagai dasar rancangan kamar mesin T-72.

Di awal tahun 70-an, tim perancang berusaha meningkatkan kemampuan tank ini lebih jauh lagi. Penelitian T-64A-2M pada tahun 1973, dengan mesinya yang lebih kuat dan kubah meriam nya yang di perkuat, berguna sebagai dasar untuk dua proyek :

  • Obyekt 476 dengan mesin 6TD berkekuatan 1000hp (735Kw) yang nantinya menjadi ruangan tempur T-80
  • Obyekt 447 yang menggunakan pengontrol tembakan baru dengan telemeter laser, dan bisa menembakan peluru kendali lewat laras meriam.

Untuk yang terakhir disebut, perintah diturunkan untuk memulai produksinya atas nama T-64B, juga sebuah versi turunan (yang memiliki 95% komponen yang sama), obyekt 437, tanpa sistem pemandu rudal karena alasan biaya. Tang terakhir disebut hampir dua kali lipat lebih banyak diproduksi dengan designasi T064B1. Pada 3 September, 1976, T-64B dan T-64B1 dinyatakan lulus untuk digunakan, menggunakan meriam D-81T yang ditingkatkan (2A46-2) dengan penyeimbang 2E26M, sebuah loader 6ETs40 dan sebuah pengontrol tembakan 1A33, termasuk:

  • Sebuah kalkulator balistik 1V517
  • Sebuah peneropong telemeter laser 1G21
  • Sebuah sensor angin bersilang 1B11

kapasitas menyelamnya ialah 1.8 m tanpa perlengkapan tambahan. T-64B memiliki kemampuan untuk menembakkan rudal berpemandu radio 9M112 "Kobra" (kode Nato "AT-8 Songster"). Kendaraan ini membawa 8 rudal dan 28 peluru. Sistem pengendali misilnya di pasang di depan kubah pengendali di depan komandan tank dan memiliki banyak perubahan. T-64B1 hanya membawa 37 peluru meriam dan memiliki 2000 butir peluru 7.62 mm, dan 1,250 untuk T-64B.

Tank-tank ini dimodernisasi tahun 1981 mengganti meriam dengan sebuah 2A46M1, penyeimbangnya dengan 2E42, dan memasukan sebuah pelontar granat asap 902A "Tucha-1" di dua grup berisi empat pelontar, di kedua sisi meriam. Dua versi komandan dibuat, amat mirip dengan T-64AK: T-64BK dan T-64B1K.

Keputusan di Oktober 1979, untuk memulai produksi mesin 6TD, dan kesamaanya dengan 5TDF, memungkinkan untuk memasukanya ke versi B dan B1 setelah beberapa penelitian dilakukan, tapi juga masuk ke versi A dan AK, menghasilkan model T-64AM, T-64AKM, T-64BM dan T-64BAM, memasuki masa bakti pada tahun 1983.

Produksinya berakhir pada tahun 1987 untuk semua versi. Total produksi sudah mencapai nyaris 13,000 unit.

Modernisasi di Ukraina[sunting | sunting sumber]

T-64BULAT Ukraina sedang berparade

Setelah pecahnya USSR, Ukraina melaksanakan pengembangan dari modernisasi T-64, sebagai pabrik asal dan utama di negara ini. Dua program berakhir pada tahun 1999:

  • T-64BM2, dengan mesin 57DFM 850 hp (625 Kw), sebuah pengendali tembakan 1A43U, sebuah loader baru 6ETs43 dan kemungkinan untuk menembakan misil 9M119 (kode Nato "AT-11 Sniper").
  • T-64U yang di integrasikan dengan pengendali tembakan 1A45 (dari T-80U dan T-84), optik PNK-4Su dan TKN-45 untuk komandan tank dan PZU-7 untuk senapan mesin anti serangan udara. Komandan tank juga bisa menyetir tank dan menggunakan meriam langsung apabila dibutuhkan. Tank ini juga dikenal sebagai BM "Bulat".

Dua varian ini juga dilindungi oleh zirah reaktif modular Kontakt-5, bisa menahan proyektil energi kinetik, berlawanan dengan model pertama yang hanya efisien melawan amunisi berubah bentuk-peledak HEAT. Dua varian ini juga bisa di cangkokan mesin 6TDF 1000 hp (735 kW).

Sejarah Produksi[sunting | sunting sumber]

T-64 pertamakali masuk produksi pada tahun 1967, tak lama sebelum T-72. (produksi seri dimulai pada tahun 1963. T-64 normalnya memasuki masa bakti di angkatan darat tahun 1967.) T-64 merupakan persembahan teknologi tinggi oleh KMDB, ditujukan untuk menggantikan IS-3 dan T-10 yang merupakan tank berat di batalion-batalion tank yang independen. Sementara itu T-72 ditujukan untuk menggantikan T-55 dan T-62 untuk melengkapi badan utama tank Soviet dan pasukan mekanis., dan untuk partner ekspor dan negara satelit blok Timur.

Tank ini memperkenalkan autoloader baru, yang masih digunakan oleh semua T-64 yang sekarang masih dipakai, juga semua varian T-80 kecuali T-84-120 milik Ukraina. Purwarupa T-64 memiliki meriam 115 mm smoothbore yang sama seperti T-62, meriam yang dipasang di jenis produksi masal ialah meriam 125 mm.

Meski T-64 merupakan tank yang lebih baik, tetapi lebih mahal dan kompleks secara fisik, dan diproduksi dalam jumlah kecil. T-72 mekanisme nya lebih simpel dan mudah di pakai di medan tempur, meski tidak terlindung sebaik T-64, dan proses manufakturnya lebih simpel.

T-64 tidak pernah menjadi umum di angkatan bersenjata Soviet, terkecuali unit nya yang di taruh di Jerman Timur. Hanya beberapa ribu T-64 dibuat dan tidak pernah di ekspor. Banyak T-64 berakhir di angkatan bersenjata Rusia dan Ukraina setelah pecahnya Uni Soviet.

Model[sunting | sunting sumber]

  • Ob'yekt 430 (1957) - Prototipe dengan meriam D-10T 100mm, zirah pelindung 120 mm , mesin 4TPD 580 hp (427 kW) , 36 ton.
  • Ob'yekt 430U - Proyek, dilengkapi dengan meriam 122mm dan zirah pelindung 160 mm.
  • Ob'yekt 432 atau T-64 (1961) - Prototipe dengan meriam D-68 115mm, kemudian menjadi versi produksi awal, 600 diproduksi.
    • Ob'yekt 432R atau T-64R - rancang ulang antara 1977 dan 1981 dengan roda gigi eksternal dari T-64A tapi masih memakai meriam 115mm.
  • Ob'yekt 434 atau T-64A - Dengan meriam 125 mm, dilengkapi rok Gill , peneropong yg dimodifikasi dan suspensi di roda ke empat.
  • T-64T (1963) - Versi Experimental dengan mesin GTD-3TL 700 hp (515 kW) turbin gas.
  • Ob'yekt 436 - Versi Alternatif dari object 432, dengan mesin V-45 , dibuat 3 buah.
  • Ob'yekt 438 dan Ob'yekt 439 - 434 dg mesin V-45.
  • Ob'yekt 446 or T-64AK (1972) - Versi Komandan , dg radio R-130M dan antena teleskopik 10m , sistem navigasi TNA-3. Tanpa AA .
  • Ob'yekt 447 - Prototipe dari T-64B. Pada dasarnya adalah T-64A dilengkapi dg 9K112 "Kobra" system dan peneropong/pencari jejak 1G21 .Ini adalah "T-64A" yg dipajang di Kiev museum.
  • Ob'yekt 447A or T-64B (1976) - dilengkapi perlindungan baru, sistem kontrol penembakan 1A33 , 9K112-1 "Kobra" ATGM(kode NATO "AT-8 Songster"), teropong TPN-1-49-23, 2A46-2 gun, 2E26M stabiliser dan pemuat peluru 6ETs40 . Kemudian model B/BV punya sistem yg lebih modern 1A33-1, TPN-3-49, 2E42 dan 2A46M-1 gun. Mulai 1985 T-64B dilengkapi dengan perlindungan lebih kuat glacis armour; tanks yang lebih tua di upgrade dengan perlindungan plat 16mm . Tank yang dilengkapi dengan mesin 1,000 hp 6DT dikenal dengan nama T-64BM.
    • T-64BV - Menampilkan perlindungan aktif "Kontakt-1" dan "Tucha" peluncur granat asap 81mm di kiri turet.
    • Ob'yekt 447AM-2 atau T-64BM2 - "Kontakt-5" , rok pelindung karet, kontrol tembakan 1A43U, pemuat 6ETs43 dan bisa menembak rudal 9K119 ("AT-11A Sniper"), mesin 5TDFM 850 hp (625 kW) .
    • Ob'yekt 447AM-1 atau T-64U - Modernisasi Ukraina, membuat T-64B jadi berstandar T-84. Dilengkapi "Kontakt-5" ,rudal 9K120 "Refleks" ( "AT-11 Sniper"), kontrol tembakan 1A45 "Irtysh" , peneropong TKN-4S (komandan), PZU-7 (teropong utk NSVT), pencitra malam TPN-4E "Buran-E" ,mesin 6TDF 1000 hp (735 kW). Sekarang tank ini dikenal sebagai BM "Bulat".
  • Ob'yekt 437 atau T-64B1 - Sama dg B tanpa pengontrol tembakan, membawa 37 peluru. Ynag dilengkapi dg mesin 1,000 hp 6DT dikenal dg T-64B1M.
  • Ob'yekt 446B atau T-64BK dan T-64B1K - Versi komandan, dg radio R-130M radio dan antena teleskopis 10 m, sistem navigasi TNA-3 dan APU AB-1P/30 . Tanpa senapan mesin NSVT mampu membawa 28 peluru.
  • Ob'yekt 476 - 5 prototipes dg mesin 6TDF.
  • Ob'yekt 447T atau BREM-64 - kendaraan perbaikan dg crane ringan 2,5 ton, bilah dozer, batang penarik, alat las.
  • T-55-64 - T-55 yg dimodifikasi menggunakan hull dan chasis T-64, dilengkapi "Kontakt-1" ERA. Prototipe saja.
  • T-80 dan T-84 pengembanagn lanjut dari T-64.

Modernisasi[sunting | sunting sumber]

T-64

  • 1977–1981 – memulai T-64R standar, reorganisasi kelengkapan eksternal seperti di T-64A.

T-64A/AK

  • 1972 merancang ulang, meningkatkan kinerja pengendali tembakan (TPD-2-49 dan TPN-1-49-23), memasukan senapan mesin NSVT kedalam kubah elektrik,radio R-123M
  • 1975 merancang ulang, penyeimbang 2E28M baru, 6ETs10M loader, mesin multi bahan bakar, meriam 2A46-1 and TNPA-65 night vision.
  • 1981 merancang ulang, dua set 6 pelontar granat asap 902A, rok karet di suspensi mengganti pelindung Gill.
  • 1983 T-64AM,T-64AKM, beberapa tank dilengkapi dengan mesin 6TDF selama perawatan.

T-64B/B1/BK/B1K

  • 1981 merancang ulang, 2 set empat pelontar granat asap 902B2, meriam 2A26M1.
  • 1983 T-64BM,T-64B1M,T-64BMK dan T-64B1MK: beberapa tank dilengkapi dengan mesin 6TDF selama perawatan.
  • 1985 T-64BV,T-64B1V,T-64BVK and T-64B1VK: dengan zirah reaktif "Kontakt", pelontar granat asap di kiri kubah meriam.
  • BM Bulat – modernisasi T-64 oleh Pabrik Malyshev di Ukraina.[1] 56 unit dipakai oleh Angkatan darat Ukraina tahun 2009.

Varian[sunting | sunting sumber]

Sejarah Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Tank ini tetap menjadi rahasia untuk waktu yang cukup lama, pihak Barat sering salah mengenali tank ini dengan tank T-72 yang kurang berevolusi dibanding T-64. T-64 tidak pernah di ekspor, dan hanya digunakan dalam pertempuran sebenarnya dalam kampanye melawan separatis Chechnya.

Menurt David Isby, T-64 pertama digunakan pada tahun 1967 oleh Divisi Pengawal Tank ke 41 di Distrik Militer Kiev][7], pendapat ini dikemukakan karena dekatnya divisi ini dengan pabrikan, dan problem teething yang signifikan sehingga memerlukan personel pendukung dari pabrik untuk siaga bersama divisi tersebut selama masa-masa awal pelatihan kru dan personel pendukung untuk tipe baru ini.

T-64 yang dimiliki oleh Divisi Pengawal Senapan ke 59 di Moldova digelar di pertempuran pada Mei 1992, merupakan penggelaran pertama Tank ini.[3]

USSR menggelar tank ini dengan unit berkesiapan tinggi, resimen tank independen, dan divisi yang didasarkan dari GDR dan Hungaria, juga di banyak unit-unit berkesiapan rendah lainya.

Operator[sunting | sunting sumber]

  •  Moldova - T-64BVs digunakan dalam jumlah kecil melawan Separatis Dnestr.
  •  Rusia – Sekitar 100 buah di cadangkan dan 4,000 buah di dalam gudang.[8]
  •  Ukraina – 2,345 buah digunakan tahun 1995, 2,277 pada tahun 2000 dan 2,215 pada tahun 2005.[9] Currently 2,281 are in service and most are modified.
  •  Uzbekistan – 100 digunakan selama tahun 2000 dan 2005.[10]

Bekas Operator[sunting | sunting sumber]

Informasi Teknis T-64BV[sunting | sunting sumber]

Keterbatasan[sunting | sunting sumber]

T-64 tidak memiliki kesamaan limitasi seperti T-72, bahkan jika sering disalah kenali denganya:

  • Loader otomatis, memakai sistem hidraulik, bukan elektrik, dan lebih cepat (siklus loading nya dari 6 ke 13 detik saja) dan lebih dapat diandalkan, lebih tidak senistif dengan goyangan ketika offroad. Juga memiliki moda tembakan "beruntun" yang memberi meriam amunisi dengan tipe yang sama dibawah detik. Juga di versi yang lebih moderen, berbelok kebelakang untuk tetap memiliki kecepatan yang utuh di akhir loading amunisinya.
  • Berkendara sepertinya lebih rileks untuk kru tank nya, berkat pengendali yang di assist dan suspensi yang lebih fleksibel.(Perrett 1987:43)
  • Amunisi di antar pada titik yang lebih rendah di kubah meriam, mengikis resiko kehancuran sendiri amunisi tersebut.
  • Perlindungan, dari awal sudah amat baik dan secara konstan diperbaharui, tetap memiliki kemampuan menghentikan munisi tank moderen berkat zirah reaktifnya.
  • Pengendali tembakan di versi B sangatlah moderen.
  • Kubah mini komandan tank memilikipenglihatan yang baik, senapan mesin anti serangan udara bisa dioperasikan dari dalam kubah; komandan juga bisa mengendalikan penglihatan meriam jika situasi darurat.

T-64 memiliki dua kelemahan yang jamak dari tank-tank Soviet:

  • Sudut depresi meriam terbatas di -6°, mencegahnya untuk menembak ke lereng bukit yang tidak dipersiapkan, sebuah kemunduran di situasi defensif.
  • Kamar kru sangatlah kecil, menyusahkan kru yang tinggi dan membutuhkan ruangan eksternal untuk penyimpanan perlengkapan. Ruang interior yang terbatas juga membuat misi jangka panjang melelahkan.

Sebagai tambahan, pengenalan autoloader juga kontroversial karena beberapa alasan:

  • Versi awal autoloader kekurangan fitur keamanan dan berbahaya bagi kru tank (terutama kru penembak, yang duduk di dekatnya): Bagian tubuh bisa terperangkap dengan mudah di mesin tersebut, menghasilkan cedera berat dan kematian. Kain baju yang tersangkut di bagian autoloader yang bergerak juga bisa menyeret kru ke alat tersebut ketika menembak. (Perrett 1987:42)
  • Kubah meriam yang diatur secara kurang hati-hati yang memungkinkan manusia mengisi amunisi secara manual apabila autoloader rusak. Di situasi seperti ini, rate of fire akan turun secara drastis ke 1 peluru per menit karena kru harus bekerja dengan sulit karena harus bekerja dihalangi oleh mesin yang rusak tersebut.
  • Two snorkels for crossing rivers with a depth up to 5m.
  • A KMT-6 mine clearing plough can be fitted at the front.

Dimensi[sunting | sunting sumber]

  • Panjang (termasuk senjata): 9.295 m.
  • Panjang (tanpa senjata): 6.54 m.
  • Lebar: 3.6 m.
  • Tinggi: 2.17 m.
  • Berat: 42.4 t.

Kru[sunting | sunting sumber]

Tiga orang:

  • komandan
  • pengemudi
  • juru tembak

Propulsi[sunting | sunting sumber]

  • Mesin: 5DTF multi-bahan bakar (solar, minyak tanah dan bensin) dengan 5 silider, 13.6 liter. Membangkitkan 700 hp (515 kW) pada 2,800 rpm, mengonsumsi 170 sampai 200 liter per 100 km.
  • Transmisi: 2 roda gigi two lateral 7 maju dan 1 mundur.
  • Tiga tanki internal untuk kapasitas BBM 740 liter, dua di spakbor 140 liter dan dua tanki yg bisa dilepas berkapasitas 200 liter diujung chasis.

Performa[sunting | sunting sumber]

  • kec.max: 60.5 km/j.
  • kec.max off-road : 35 km/j.
  • rasio tenaga dengan berat: 16.2 tk/t (11.9 W/kg).
  • jarak: 500 km, 700 km dengan tanki tambahan.
  • tekanan ke tanah: 0.9 kgf/cm² (88 kPa, 12.8 psi).
  • mampu terendam air sampai 1.8 m tanpa persiapan dan 5 m dengan snorkel.
  • melalui lubang selebar 2.8 m .
  • melintasi halangan setinggi 0.8 m.
  • kemiringan maksimum 30°.

Senjata[sunting | sunting sumber]

  • 125mm smoothbore 2A46M-1 gun (D-81TM) dg pemuat peluru 6ETs40 loader, 28 tembakan , 8 tembakan/menit, 36 temabakn tambahan (8 x 9M112M "Kobra" ("AT-8 Songster"), 28 peluru). Peluru berekor openyetabil:
    • Versi anti-personal (APERS) dari 3UOF-36, 3OVF-22.
    • peluru armour-piercing (APFSDS) 3UBM-17 atau 3UBM-19
    • peluru hollow charge, 3VUK-25 atau 3UBK-21.
  • senapan mesin ko aksial 7.62mm PKT dengan 1,250 peluru.
  • senapan pertahan udara berkendali jauh 12.7mm NSVT "Utyos" dengan 300 peluru.
  • 4+4 (T-64B) atau 6+6 (T-64A) mortir asap 81mm 902B "Tucha-2".

Peralatan[sunting | sunting sumber]

  • Kontrol penembakan 1A33 , dengan:
    • Kontrol Radio dari 9K112 "Kobra" diluncurkan dari senjata.
    • 2E28M hydraulic stabiliser (vertical range -5°20' to +15°15')
    • peneropong tembakan siang 1G42 dilengkapi laser telemeter.
    • pengindera infra merah aktif TPN-1-49-23.
    • proyektor infra merah L2G di kiri senjata untuk iluminasi .
    • kalkulator balistik 1V517.
    • 1B11 anenometric gauge.
  • kupola komandan dilengkapi dengan:
    • The PKN-4S .
    • The PZU-6 .
    • The 2Z20 (jarak vertikal -3° sampai +70°).
  • TPN-3-49 atau TPN-4 dan TVN-4 pelihat malam untuk pengemudi.
  • Radio R-173M.
  • Proteksi NBC
  • Dua snorkel
  • pembersih ranjau KMT-6 .

Proteksi[sunting | sunting sumber]

  • pelindung 3 lapis (K formula), tebal antara 450 dan 20 mm:
    • depan: baja 120 mm , serat gelas 105 mm, baja 40 mm.
    • samping : baja 80 mm.
    • bagian depan turet: baja 150 mm, serat kaca 150 mm, baja 40 mm
  • lateral rubber skirts protecting the top of the suspension.
  • Kontact-1 melindungi:
    • the front and the side of the turret
    • the glacis
    • the lateral skirts

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Nota[sunting | sunting sumber]

  1. ^ T-64A Main Battle Tank at KMDB.
  2. ^ Три танкиста (Three Tankers)
  3. ^ Perrett 1987:42.
  4. ^ http://www.meshwar.vistcom.ru/tech/t-64.htm Main battle tank T-64 (Основной боевой танк Т-64)
  5. ^ "Військо України"
  6. ^ "Військо України"
  7. ^ p.13, Isby, per "Victor Suvorov"
  8. ^ T-64 MBT at Warfare.ru
  9. ^ Ground Forces Equipment - Ukraine
  10. ^ Uzbek-Army Equipment

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Isby, D.C., Ten million bayonets: inside the armies of the Soviet Union, Arms and Armour Press, London, 1988
  • Perret, Bryan (1987). Soviet Armour Since 1945. London: Blandford Press. ISBN 0-7137-1735-1.
  • Saenko, M., V. Chobitok (2002). Osnovnoj boevoj tank T-64, Moscow: Eksprint. ISBN 5-94038-022-0.
  • Sewell, Stephen ‘Cookie’ (1998). “Why Three Tanks?” in Armor vol. 108, no. 4, p. 21. Fort Knox, KY: US Army Armor Center. ISSN 0004-2420. (PDF format)
  • Zaloga, Steven (1992), T-64 and T-80, Hong Kong: Concord, ISBN 962-361-031-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]