Swissair Penerbangan 111

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Swissair Penerbangan 111
Pesawat yang terlibat dalam kecelakaan, di Bandara ZRH.
Ringkasan insiden
Tanggal 2 September 1998
Jenis Kebakaran dalam penerbangan, mengakibatkan pesawat jatuh dan menghantam air
Lokasi Samudera Atlantik, dekat St. Margarets Bay, Nova Scotia, Kanada
Penumpang 215
Awak 14
Korban tewas 229 (seluruhnya)
Selamat 0
Jenis pesawat McDonnell Douglas MD-11
Nama pesawat Vaud
Operator Swissair
Nomor ekor HB-IWF
Asal Bandar Udara Internasional John F. Kennedy
New York
Tujuan Bandar Udara Internasional Cointrin
Jenewa
Sisa-sisa kokpit Swissair Penerbangan 111

Swissair Penerbangan 111 (SR-111, SWR-111) merupakan penerbangan pesawat McDonnell Douglas MD-11 dari maskapai Swissair dari Bandara Internasional John F. Kennedy di New York, Amerika Serikat ke Bandara Internasional Cointrin di Jenewa, Swiss. Penerbangan ini juga merupakan penerbangan codeshare dengan maskapai Delta Air Lines.

Pada tanggal 2 September 1998, pesawat MD-11 yang digunakan dalam penerbangan ini jatuh di Samudera Atlantik, sebelah baratdaya Bandara Internasional Halifax, Nova Scotia, Kanada. Pesawat hancur berkeping-keping ketika menghantam air dan menewaskan semua orang di dalamnya yang berjumlah 229 orang (215 penumpang dan 14 awak). Kecelakaan ini adalah kecelakaan terburuk yang melibatkan pesawat MD-11[1].

Penerbangan ini dikenal dengan istilah UN Shuttle karena lazim digunakan oleh para pejabat dan staf PBB dalam bepergian untuk bepergian ke markas besar PBB di Jenewa[2].

Pesawat dan Awak[sunting | sunting sumber]

Pesawat yang digunakan dalam penerbangan ini adalah MD-11 bernomor seri 48448, ditenagai tiga mesin Pratt & Whitney PW4462, diproduksi dan mulai aktif di Swissair pada tahun 1991 dengan registrasi HB-IWF, serta diberi nama hidung Vaud. Pada saat kecelakaan, pesawat ini telah mengantongi 36.041 jam terbang. Pesawat ini berkapasitas 241 kursi dengan konfigurasi 12 kursi kelas utama, 49 kursi kelas bisnis, dan 180 kursi kelas ekonomi. Seluruh kursi di kelas utama dan bisnis telah dilengkapi dengan sistem layanan hiburan personal[3].

Pesawat membawa 14 orang awak yang terdiri dari 2 pilot dan 12 awak kabin[4]. Pimpinan penerbangan adalah Kapten Urs Zimmermann dibantu Kopilot Stefan Loew.

Kronologi Kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Pesawat lepas landas dari Bandara John F. Kennedy pada pukul 20.18 waktu setempat. Pada pukul 22.10 waktu setempat di ketinggian 33.000 kaki, Kapten Zimermann dan Kopilot Loew mencium bau asap di kokpit. Mereka memperkirakan bau tersebut berasal dari sistem pendingin udara. Untuk mengatasinya, Zimmermann meminta salah satu awak kabin untuk menutup saluran pendingin udara. Namun, setelah melihat asap yang mulai bermunculan, mereka mulai menyadari bahwa ada kabel yang terbakar dan mengabarkan adanya masalah serius dalam penerbangan (Pan-Pan), serta meminta izin untuk mengalihkan penerbangan dan mendarat darurat ke Bandara Internasional Logal, Boston, yang berjarak 560 km.

Pengontrol lalu lintas udara Moncton yang menangani Penerbangan 111 pada saat itu lalu menawarkan alternatif bandara yang lebih dekat, yaitu Bandara Halifax di Nova Scotia, Kanada, yang hanya berjarak 104 km. Kopilot Loew ditugasi untuk mendaratkan pesawat itu, sementara Kapten Zimmermann memeriksa checklist untuk situasi asap di kokpit. Kapten Zimmermann perlu waktu 20 menit untuk menyelesaikan checklist tersebut, dan hal ini kemudian menjadi salah satu sumber kontroversi dalam penyelidikan kecelakaan.

Mereka memberitahukan kepada ATC bahwa pesawat mereka perlu membuang bahan bakar. Akhirnya mereka mematikan listrik di kabin, yang juga mematikan kipas sirkulasi (seperti dalam daftar periksa). Tindakan ini menyebabkan asap kabin memasuki kokpit dan merusak sistem instrumen pengendali pesawat. Kopilot lalu mengumumkan keadaan darurat (mayday) dan berusaha mengontrol pesawat itu sendirian (Kapten Zimermann berusaha memadamkan api dalam kokpit, namun tak pernah kembali ke kursinya. Tidak diketahui apakah ia meninggal karena menghirup asap atau benturan saat pesawat ini jatuh). Pesawat itu menukik tajam dan jatuh di Samudera Atlantik. Seluruh penumpang dan awaknya tewas.

Investigasi dan dampaknya bagi Swissair[sunting | sunting sumber]

Investigasi selama 4 tahun yang digelar oleh Transportation Safety Board of Canada (TSB), NTSB Amerika,, AAIB Inggris, dan pihak lainnya menyatakan bahwa kecelakaan ini disebabkan oleh kabel listrik (dari sistem hiburan di pesawat, di kompartemen kelas satu) yang mengalami korsleting dan terbakar, lalu menyebar hingga ke sistem kontrol pesawat (terutama instrumen vital pesawat). Investigator menyalahkan bahan sistem kabel ini yang mudah terbakar (meskipun pihak pembuatnya menyatakan bahwa bahan ini lulus uji kebakaran industri yang mengharuskan api padam sendiri setelah 10 menit, namun, keadaan dalam penerbangan sangatlah berbeda)

Operator pesawat ini, Swissair, akhirnya menyatakan kebangkrutan dan berhenti beroperasi tahun 2002 setelah mengalami kesulitan keuangan akibat kesalahan strategi bisnis dan penurunan jumlah penumpang pasca Serangan 11 September 2001. Sementara, nomor penerbangan 111 tidak lagi dipakai dan diganti ke nomor penerbangan 139. Pengganti Swissair, Swiss International Air Lines, kembali mengganti nomor penerbangan ini menjadi LX 23 (menggunakan pesawat A330).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Swissair Flight 111