Supplì

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Supplì
Supplì
JenisCamilan
Tempat asalItalia
DaerahLazio
Bahan utamaKeju mozzarella, nasi, terkadang saus tomat, telur, tepung roti
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Saran penyajian hidangan Supplì

Supplì (diucapkan [supˈpli]; penggubahan Italia dari kata Perancis yaitu surpris, secara harfiah dalam bahasa Inggris adalah surprise) adalah camilan dari Italia berupa nasi yang digulung berbentuk bulat (biasanya risotto) dengan saus tomat, salah satu hidangan tradisional kota Roma.[1][2] Aslinya, hidangan ini diberi isian hati ampela ayam, daging cincang, atau provatura (sejenis keju dari Lazio),[1] sekarang juga ditambahkan potongan keju mozzarella; Seluruh bahan tersebut dicampur lalu digulung, kemudian direndam dalam telur yang sudah dikocok, lalu dicelupkan pada tepung roti dan kemudian digoreng (biasanya digoreng hingga terendam atau deep fried).[1] Hidangan ini juga berhubungan erat dengan hidangan Sisilia, arancini dan kroket. Bisa juga disajikan tanpa menggunakan saus tomat (supplì in bianco).

Supplì biasanya dimakan langsung dengan tangan; ketika dibelah menjadi dua bagian, mozzarella meleleh keluar seperti seutas tali, yang menyerupai kabel telepon yang menghubungkan gagang telepon dengan pengaitnya. Hal ini kemudian menjadi nama dari varian supplì lainnya yaitu supplì al telefono (supplì ala telepon, referensi dari kabel).[3]

Supplì biasanya dijual di friggitorie, sebuah toko khas Roma (sudah tidak lagi ditemukan) yang khusus menjual makanan kering. Saat ini, umumnya supplì disajikan di pizzeria di seluruh Italia sebagai hidangan antipasto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Boni 1983, hlm. 76
  2. ^ Carnacina & Buonassisi 1975, hlm. 117
  3. ^ Boni 1983, hlm. 77

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Boni, Ada (1983) [1930]. La Cucina Romana [Roman Cuisine] (dalam bahasa Italian). Rome: Newton Compton Editori. 
  • Carnacina, Luigi; Buonassisi, Vincenzo (1975). Roma in Cucina [Rome in the Kitchen] (dalam bahasa Italian). Milan: Giunti Martello. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]