Supernova (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Supernova/Choshinsung
초신성
超新星
Asal Bendera Korea Selatan Seoul, Korea Selatan
Genre K-pop, J-pop
Tahun aktif 2007–sekarang
Label Core Contents Media (Korea Selatan)
Universal Music Japan (Jepang)
Situs web Situs Resmi Choshinsung (Korea) Situs Resmi Choshinsei (Jepang)
Anggota Yoonhak
Sungje
Kwangsoo
Sungmo
Jihyuk
Geonil
Korean name
Hangeul 초신성
Hanja 超新星
Alih Aksara yang Disempurnakan Chosinseong
McCune–Reischauer Ch'osinsŏng

Choshinsung (bahasa Korea: 초신성, (Tionghoa), bahasa Jepang: 超新星, adalah Grup Musik Korea Selatan yang dibentuk oleh Core Contents Media terdiri dari 6 orang khusus di bidang menyanyi, menari, rap, dan pop. Sejak debutnya, grup ini mendapatkan popularitas di Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan di negara-negara Asia Timur lainnya.

Sebelum Debut[sunting | sunting sumber]

2006: Awal Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi Choshinsung, ada 5 anggota dalam grup bernama GM5. Grup tersebut terdiri dari Park Geonil, Kim Sungje, Kim Kwangsoo, Song Jihyuk, Han Jihoo Desember 2006, ada perubahan anggota. Han Jihoo keluar dari grup dan digantikan oleh Jung Yoonhak dan Kim Jinchul (Jinon dari F.Cuz). Mereka tampil di Konser BIG4 sebagai GM6. Di akhir Desember 2006, sebelum debut mereka, Kim Jinchul keluar dari grup dan digantikan oleh trainee lama, Yoon Sungmo.

2007: Debut[sunting | sunting sumber]

Pada 21 September 2007, mereka debut sebagai CHO SHIN SUNG dengan 6 anggota yang terdiri dari Kim Sungje, Kim Kwangsoo, Song Jihyuk, Park Geonil, Jung Yoonhak dan Yoon Sungmo. Mereka menampilkan HIT di KBS Music Bank. Seperti nama mereka, keenam anak laki-laki ini bersiap-siap untuk meledak ke tempat hiburan yang berbeda, memamerkan bakat mereka sebagai penyanyi, penari, dan aktor. Rasa percaya diri mereka berasal dari pelatihan selama dua setengah tahun dalam vokal secara luas, menari, dan akting. Untuk membedakan diri mereka dari boyband lainnya, Choshinsung memilih penampilan formal daripada penampilan casual - mereka mengutamakan daya tarik maskulin mereka. Mereka dikenal karena membintangi Music Video seperti Music Video milik Seeya & FT Island. Mereka juga tampil di Mnet M!Pick Season 6.

초신성 juga masuk dalam nominasi Best Male Newface Group & Artist of the Year di MKMF 2007.

2008[sunting | sunting sumber]

Choshinsung merilis singel Superstar pada 3 April yang akan ada dalam kompilasi 연가 OST Special Album bersama dengan beberapa artis lainnya, di antaranya SG Wannabe & FT Island. Lalu, pada 24 Juli 2008, Choshinsung berkunjung ke Thailand untuk pertama kalinya, berpartisipasi dalam penampilan dan acara lainnya.

2009[sunting | sunting sumber]

Pada 14 September, Choshinsung berkolaborasi dengan T-ara dan merilis digital singel, "T.T.L. (Time To Love)", sebuah lagu hip-hop dengan electronic sounds. Di antara member, hanya Geonil, Kwangsoo dan Jihyuk, bersama dengan Soyeon, Hyomin, Eunjung dan Jiyeon dari T-ara yang terlibat dalam kolaborasi ini. Selama bulan September, mereka bertujuh aktif mempromosikan lagu di berbagai acara musik. Versi remix dari lagu tersebut, "T.T.L. Listen 2", dirilis pada 9 Oktober, bersamaan dengan MV yang menampilkan semua member dari kedua grup. Meskipun semua member (dari kedua grup) tidak mendapat bagian aktif dari versi remix tersebut, 12 dari mereka berpartisipasi dalam promosi lagu dari Oktober hingga seterusnya.

Choshinsung memulai debut Jepang mereka pada September dengan tiga singel yang dirilis selama tiga minggu berturut-turut: "Kimidake wo Zutto", "Hikari", dan "Superstar ~Reborn~". Dua singel pertama merupakan singel terbaru, sementara "Superstar ~Reborn~" adalah lagu Remix Jepang dari Singel Korea mereka "Superstar". Mereka kemudian merilis album Jepang pertama yang berjudul Hana pada 21 Oktober.

2010[sunting | sunting sumber]

Choshinsung merilis singel Jepang mereka yang keempat, "Last Kiss" pada Januari 2010. Singel dari sisi b adalah "愛唄" (Ai Uta) yaitu cover lagu dari Grup Hip-Hop Jepang, GreeeeN dengan judul yang sama.

Pada tahun ini, Choshinsung juga berpartisipasi sebagai salah satu bintang tamu dari suatu konser di Bangkok, Thailand.

Choshinsung kembali ke Korea saat mereka mengeluarkan MV Teaser dari "On Days That I Missed You (그리운날에)" pada 12 Augustus, 2010. Dan kemudian mereka merilis mini album pertama mereka "Time to Shine" pada 17 Agustus 2010. Dan akhirnya mereka mengeluarkan Music Video "On Days That I Missed You (그리운날에)" pada hari selanjutnya, 18 Agustus 2010. Tidak lama kemudian "Shining☆Star" dirilis sebagai comeback mereka untuk kembali ke industri J-pop.

Mereka mengadakan "Choshinsei Show 2010" di Yokohama Arena pada 21 Desember 2010 dengan sekitar 13.000 penggemar mereka yang menghadiri konser tersebut.

Di akhir 2010, semua member (kecuali Yoonhak karena sibuk dalam pembuatan film "Love Kimchi") melakukan bagian pembuatan film mereka untuk Drama Medis terbaru dari SBS yang berjudul "SIGN", Geonil berperan sebagai "Seo Yoon Hyung" ketua dari grup populer bernama "VOICE" yang terbunuh selama konser grup tersebut.

2011[sunting | sunting sumber]

Di awal 2011, tiap member lebih fokus pada aktivitas individunya masing-masing, di Korea maupun di Jepang. Sungje mendapat peran dalam Drama Musikal Korea "I Really Really Like You" bersama Boram T-ara dan Drama Musikal Jepang "200 Pounds Beauty" bersama Gyuri Kara. Kwangsoo mendapat peran dalam Sitcom "Real School" bersama Dongho, Kiseop dan Eli U-KISS. Sama seperti Sungje, Sungmo mendapat peran dalam Drama Musikal "Coronation Ball". Yoonhak, Ketua mereka, menyibukkan dirinya dalam mempersiapkan Drama Jepang, "Love Kimchi", yang akan di tayangkan untuk perayaan NHK yang ke 70. Dia juga mendapat dalam Musikal berjudul "Finding Kim Jong Wook" di Korea. Kwangsoo dan Jihyuk, keduanya terpilih sebagai MC "K-Pop Zone" yang ditayangkan MNet Jepang.

2012[sunting | sunting sumber]

Choshinsung banyak mendapat aktivitas luar di samping kesibukan mereka dalam menyanyi. Jihyuk mendapat peran sebagai Yoon Ho Jae dalam Drama "Bachelor Vegetable Store" pada akhir tahun 2011 dan masih berjalan hingga saat ini, Geonil mendapat peran dalam Drama "Amore Mio" bersama Jiyoung Kara, dan Sungmo kembali mendapat peran dalam Drama Musikal, Sungmo akan berperan dalam Drama Musikal Korea "Our Youth Roly Poly" bersama anggota T-ara (Jiyeon, Hyomin, Soyeon), Kang Min Kyoung Davichi dan Lee Jang Woo. Sementara itu, Sungje dan Kwangsoo mendapat peran dalam Drama "Twelve Men in a Year".

Pada 17 April, Choshinsung merilis mini album baru milik mereka berjudul "Stupid Love" setelah lama beristirahat dari promosi di Korea. Mereka akan melakukan promosi dengan lima member karena ketua mereka Yoonhak sedang menjalani wajib militer.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Yoonhak

Nama Panggung : Spica Yoonhak | Yoonhak | ユナク (윤학 atau 允鶴)
Nama: Jung Yoonhak (정윤학, 鄭允鶴)
Tanggal Lahir: 2 Desember 1984 (umur 29)
Golongan Darah: O
Posisi: Ketua, Vokal

Sungje

Nama Panggung : Sirius Sungje | Sungje | ソンジェ (성제 atau 成帝)
Nama: Kim Sungje (김성제 atau 金成帝)
Tanggal Lahir: 17 November 1986 (umur 27)
Golongan Darah: AB
Posisi: Vokal Utama, Penari Utama

Kwangsoo

Nama Panggung : Becrux Kwangsoo | Kwangsoo | グァンス (광수 atau 光秀)
Nama: Kim Kwangsoo (김광수, 金光秀)
Tanggal Lahir: 2 April 1987 (umur 27)
Golongan Darah: B
Posisi: Rapper Utama

Sungmo

Nama Panggung : Vega Sungmo | Sungmo | ソンモ (성모 atau 晟模)
Nama: Yoon Sungmo (윤성모, 尹晟模)
Tanggal Lahir: 15 Juni 1987 (umur 27)
Golongan Darah: O
Posisi: Vokal Utama

Jihyuk

Nama Panggung : Acrux Jihyuk | Jihyuk | ジヒョク (지혁 atau 智赫)
Nama: Song Hunyoung (송헌용)
Tanggal Lahir: 13 Juli 1987 (umur 27)
Golongan Darah: B
Posisi: Sub Vokal, Rapper

Geonil

Nama Panggung : Canopus Geonil | Geonil | ゴニル (건일 atau 健一)
Nama: Park Geonil (박건일, 朴健一)
Tanggal Lahir: 5 November 1987 (umur 26)
Golongan Darah: B
Posisi: Rapper Utama, Penari Utama, Maknae.

Awards[sunting | sunting sumber]

Years Awards
2009
2011
  • 1st KOMCA Music Award : Hallyu Music Award

Pranala Lain[sunting | sunting sumber]

Artikel ini memuat Teks Korea. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari Hangul atau Hanja.
Artikel ini memuat teks berbahasa Tionghoa. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari karakter yang dimaksud.