T-ara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
T-ara
티아라
ティアラ
IMG 0288.jpg
T-ara tampil di Hong Kong, Agustus 2013
(Dari kiri ke kanan: Eunjung, Jiyeon, Qri, Boram, Soyeon, Hyomin)
Latar belakang
Asal Bendera Korea Selatan Seoul, Korea Selatan
Genre K-pop
Tahun aktif 2009–sekarang
Label Core Contents Media (Korea Selatan)
EMI Music Japan (Japan)
Situs web Situs Resmi T-ara
Situs Resmi Jepang
Anggota Boram
Qri
Soyeon
Eunjung
Hyomin
Jiyeon
Mantan anggota Jiae
Jiwon
Hwayoung
Areum

T-ara (bahasa Korea: 티아라; Pengucapan Korea: [tʰiara], Jepang: ティアラ) adalah grup penyanyi wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Core Contents Media pada tahun 2009. Berawal dari 5 Anggota mereka merilis lagu pertama mereka "Good Person" untuk soundtrack film drama korea "Cinderella Man" pada April 2009. Pada Juni 2009, Jiwon dan Jiae mengundurkan diri dari T-ara,[1] dan kemudian core contents menambah 3 orang ke anggota baru mereka yaitu Boram, Qri dan Soyeon dan mereka merilis lagu debut mereka "거짓말" (Lies).[2] dan pada bulan Juli 2010. T-ara memperkenalkan anggota baru mereka "Ryu Hwayoung" dan bertambah menjadi 7 orang,Update 2012: T-ara menambah 2 anggota baru Dani dan Ahreum. Member Hwayoung keluar dari grup..[3] Pada tahun 2011, T-ara menandatangani kontrak sebesar $ 4.300.000 dengan perusahaan manajemen J-ROCK untuk debut Jepang mereka, angka tertinggi dari semua kelompok gadis memulai debutnya di Jepang.[4] Label rekaman utama mereka adalah EMI Music Japan sementara manajemen dan pemasaran promosi ada di bawah J-ROCK.[5]

Karier[sunting | sunting sumber]

Pra-Debut[sunting | sunting sumber]

Kelima asli anggota T-ara dilatih selama tiga tahun, dan merilis lagu pertama mereka "좋은 사람" (Good person) untuk soundtrack Drama Korea, Cinderella Man . Pada awal 2009, Jiyeon ikut berkolaborasi dengan SeeYa dan Davichi untuk satu proyek lagu berjudul "여성 시대" (Woman Generation)

Pada Juni 2009, Core Contents Media mengumumkan bahwa Jiae dan Jiwon meninggalkan kelompok karena perbedaan dalam gaya musik, Boram, Soyeon dan Qri ditambahkan kedalam grup. Lalu agensi mereka merilis gambar promosi di bulan Juli tahun 2009 sesuai dengan anggota baru. Setelah itu, T-ara merilis single debut mereka yang berjudul "Lies" (bahasa Korea: "거짓말").

2009: Debut dan Absolute First Album[sunting | sunting sumber]

T-ara memulai debut mereka di MBC Radio Star Talk Show pada tanggal 29 Juli 2009 [6] dan memulai penampilan pertama mereka di M! Countdown dengan lagu "Lies" dan "Wanna Play" dan kemudian beberapa member T-ara (Hyomin, Eunjung, Soyeon, Jiyeon) berkolaborasi dengan boyband Supernova dengan lagu Time to Love (TTL) sebagai digital single mereka dan Single mereka menjadi peringkat teratas dalam berbagai chart [7]. Kemudian pada tanggal 1 Desember 2009 T-ara merilis single 'Bo Peep Bo Peep' dan 'Like the First Time' sebagai album penuh mereka yang berjudul Absolute First Album sebagai album pertama.

2010: Breaking Heart dan Temptastic[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Januari 2010 T-ara memenangkan penghargaan di 'Music Bank' New Day, dan juga memenangkan penghargaan Mutizen Awards di Inkigayo. T-ara merilis Album kedua mereka yang berjudul 'I go Crazy Because of You' pada tanggal 24 Februari 2010 dan perform comeback mereka di M! Countdown, setelah mempromosikan I Go Crazy Because Of You' mereka merilis 'I'm Really Hurt' dan dilanjutkan dengan merilis 'Why Are you being like This' pada 23 November 2010. Kemudian pada tanggal 1 Desember 2010 mereka merilis lagu 'Yayaya' sebagai album mereka Temptastic dan perform comeback mereka di KBS Music Bank pada tanggal 3 Desember 2010 memperkenalkan anggota baru mereka (Ryu Hwa-Young) dan Ketua baru mereka 'Jeon Boram'. Lagu baru T-ara memenangkan 2 penghargaan berturut-turut di Mnet M! Countdown.

2011: John Travolta Wannabe, Debut di Jepang dan Black Eyes[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2011, T-ara dikabarkan akan kembali dengan album baru mereka yag berjudul John Travolta Wannabe [8]. T-ara juga akan memulai debut mereka di jepang [9]. pihak Core Contents juga memberitahu bahwa anggota T-ara 'Hyomin' menggantikan Boram sebagai Ketua yang baru [10]. Lagu terbaru mereka 'Roly Poly' dirilis pada tanggal 29 Juni 2011.Konsep Retro yang mereka pakai dalam lagu terbaru mereka menjadi top #1 viewed di Cyworld, Nate, Bugs, Gom tv, dan Mnet dalam hanya beberapa jam.

Pada Agustus 2011, T-ara merilis 'Roly Poly in Copacabana'. Pada September 2011 T-ara memulai debut mereka di Jepang dengan single 'Bo Peep Bo Peep' versi Bahasa Jepang dan mendapatkan #1 di Oricon chart harian [11] dengan single mereka yang terjual sebanyak 20,068 kopian dan dalam 1 minggu menjadi 49,712 kopian[12]. T-ara juga merilis 'I Go Crazy because of You' dalam Bahasa Jepang [13]. T-ara juga membuat Showcase debut mereka di Shibuya-AX di Tokyo, Jepang.

Pada awal Oktober, Core Contents mengumumkan T-ara akan kembali di bulan November dengan Album ke-empat mereka 'Black Eyes' dengan video klip yang berdurasi 30 menit dan menghabiskan biaya 1 miliyar won [14] Kemudian pada 9 November 2011, T-ara merilis video musik mereka yang berjudul "Cry-Cry" dengan durasi 15 menit dan pada tanggal 11 November 2011 T-ara merilis album penuh mereka dan lagu Cry-Cry menjadi hit #1 diberbagai Tangga lagu musik Korea [15]. Kemudian pada 17 November T-ara merilis versi tarian dari "Cry-Cry" dan pada 20 November mereka merilis versi ballad dari Cry-Cry.

Core Contents Media mengumumkan pada tanggal 7 Desember bahwa pemimpin ketiga T-ara itu Hyomin akan melewati tentang kepemimpinan ke Soyeon. Soyeon diangkat karena "kepribadian besar" nya, posisinya sebagai vokalis utama grup dan tanggung jawabnya. Dia akan memimpin T-ara dengan citra yang kuat sebagai promosi selanjutnya untuk lagu mereka "Lovey Dovey-" yang akan dimulai pada tanggal 2 Januari 2012. [16].

2012: Funky Town, Perubahan Grup, Jewerly Box, Day By Day dan Mirage[sunting | sunting sumber]

T-ara merilis drama musik video mereka berjudul "Lovey Dovey" (kelanjutan dari musik video mereka "Cry Cry") pada tanggal 2 Januari 2012. Mereka merepackage album Black Eyes berjudul Funky Town dirilis secara digital pada tanggal 3 Januari 2012. "Lovey Dovey" meraih tempat teratas pada berbagai Chart Musik Korea tak berapa lama setelah dirilis.[17]. Singel tersebut mencapai nomor satu di Singel Mingguan di Gaon dan K-Pop Hot 100 di Billboard, menjadi grup ketiga dan kedua yang mendapat nomor satu berturut-turut di kedua tangga lagu musik tersebut, dan telah secara legal didownload lebih dari 3,5 juta kali di Korea Selatan saja.

Pada bulan Februari, Forbes Korea, dalam merayakan 9 tahun berdirinya mereka, melaporkan daftar tahunan dari "Top 40 Power Celebrities" yang menyangkut kepopuleran Selebritis korea di Dunia. T-ara berada diperingkat 19, demikian juga mereka terpilih sebagai Kelompok Grup Wanita Ketiga dan Selebritis ketujuh yang sangat terpopuler.[18]

Pada bulan Maret, lagu T-ara "Roly-Poly" berhasil menduduki nomor satu di 100 Teratas Singel Digital pada tahun 2011 di Tangga Musik Gaon yang mengejutkan, dengan sebanyak 364.153.533 poin.[19] selain itu, lagu mereka "Cry Cry" juga berhasil di tangga lagu,dengan masuk di nomor 48.

Rumor bahwa T-ara kemungkinan mengganti anggotanya dan konsep secara keseluruhan muncul secara online pada 14 Maret. Kim Kwang-soo, CEO Core Contents Media mengatakan, "Itu benar bahwa kami merencanakan untuk membuat perubahan besar dengan T-ara pada bulan April dalam rangka membuat T-ara sampai tingkat lain. Perubahan ini bisa tentu saja mungkin, termasuk anggota dan perubahan konsep secara keseluruhan, dilanjutkan dengan, "Kami akan membuat pengumuman resmi tentang perubahan anggota T-ara pada tanggal 7 April. Ini bisa jadi meningkatkan dalam perubahan konsep keseluruhan, gaya musik, atau perubahan anggota. Kami melakukan yang terbaik untuk membawa perubahan positif untuk T-ara." [20] Pada tanggal 5 April 2012, agensi mereka mengumumkan bahwa dua anggota yang sebelumnya trainee di bawah label akan ditambahkan ke T-ara pada bulan Juli, mengubah T-ara menjadi grup beranggotakan sembilan.[21]

Pada tanggal 6 April, Core Contents Media melaporkan melalui siaran pers bahwa, "Kami memiliki rencana untuk mengganti setiap anggota yang sombong yang tidak bekerja secara maksimal, sehingga menyebabkan beberapa anggota lain akan menderita sebagai hasilnya." menunjukkan kemungkinan tidak hanya untuk penambahan dua anggota baru tetapi pertukaran anggota lama juga.[22] Karena perubahan anggota baru ada banyak perdebatan tentang apakah itu tindakan yang benar untuk Core Contents Media oleh fans dan media hiburan.[23]

Sebuah video koreografi yang menampilkan koreografer ternama, Jonté Moaning dan juga YAMA & HOTCHICKS (koreografer T-ara saat ini) telah bocor secara online pada 23 Mei, video tersebut menampilkan Jonté dan dua gadis melakukan koreografi untuk sebuah lagu untuk Grup baru "Gangkiz" yang satu manajemen dengan T-ara, dan sebuah lagu yang belum pernah didengar sebelumnya. Fans cepat berspekulasi bahwa lagu baru ini dipilih yang akan menjadi judul lagu baru T-ara untuk album mereka yang akan datang di Korea & video itu segera dihapus tak berapa lama setelah diunggah, dengan Core Contents Media mengancam tindakan hukum terhadap siapapun itu yang membocorkan video tersebut. Tak lama setelah video tersebut bocor, Core Contents Media mengeluarkan pernyataan dan memverifikasi bahwa lagu baru ini itu memang judul lagu untuk Album Mini mendatang T-ara di Korea; baik album dan lagu akan bernama Day by Day ,dengan EP menampilkan lima lagu baru. Produsen untuk Album Mini ini dikabarkan termasuk Cho Youngsoo, Kim Taewun, Ahn Youngmin, Kim Kibum, Kang Jiwon, dan Brave Brothers. Day By Day akan resmi dirilis pada tanggal 3 Juli. [24] Perusahaan ini kemudian mengatakan bahwa teaser untuk lagu akan dirilis pada tanggal 24 Juni pada jam 15:00 waktu Korea Selatan.[25] Belum diketahui sampai saat ini jika anggota baru akan ditampilkan pada lagu. Dikabarkan juga bahwa T-ara akan kembali untuk promosi di bulan Agustus dengan lagu berjudul "Mirage" dan kembali pada bulan Oktober dengan lagu berjudul "T-ara Effect".

Pada tanggal 30 Mei, seorang gadis berusia 14 tahun yang dikenal sebagai Dani diumumkan menjadi anggota kesembilan T-ara, yang secara resmi akan bergabung dengan kelompok untuk promosi pada bulan Desember, dengan alasan bahwa ia "ingin berlatih lebih dan bergabung ketika dia merasa dia adalah benar-benar siap sehingga tidak membawa kerugian bagi T-ara". Dia akan membintangi video musik mendatang T-ara sebagai seorang aktris untuk mendatang dengan lagu mereka "Day By Day". [26][27] Pengumuman penambahan dia ke dalam kelompok ini ditanggapi dengan skeptis oleh banyak orang, dan Kim Kwang-Soo menyatakan bahwa dia mengintai dan memcasting Dani di jalan, dan dia menyebut Dani sebagai "permata yang belum dihaluskan" [28], yang berarti bahwa ia akan memiliki pelatihan yang relatif sedikit sebelum resmi memulai debutnya pada Desember, lebih jauh lagi, laporan bahwa Dani tak memiliki keinginan awal untuk menjadi seorang penyanyi atau penghibur ditambah dengan usianya yang relatif muda telah menyebabkan penerimaan yang buruk bagi banyak khalayak selain ditambahkannya ia ke T-ara.

T-ara juga mengadakan Konser Tunggal mereka di Bangkok, Thailand pada 3 Juni 2012 [29] dilanjutkan dengan tur konser Jepang mereka dan akan membuat konser Selanjutnya di Seoul, Korea Selatan pada 11 Agustus 2012 [30]

T-ara merilis album Studio Jepang pertama mereka Jewelry Box pada tanggal 6 Juni 2012; album ini berada di nomor 2 di Tangga Album Oricon secara mingguan dengan penjualan lebih dari 57.000 kopi [31] terutama koleksi lagu Korea mereka yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang dan Dua lagu baru direkam untuk album ini: : "Keep Out" dan "T-ARATiC MAGiC MUSiC." Mereka memulai tur konser pertama mereka di Jepang T-ara Japan Tour 2012: Jewelry Box di Nagoya pada tanggal 19 Juni, tur diperkirakan akan membawa penonton lebih dari 40.000 orang. [32].

Pada tanggal 14 Juni, Core Contents Media resmi memperkenalkan Lee Areum sebagai anggota kedelapan T-ara. [33] Resepsi dimasukkannya dirinya di T-ara secara umum lebih positif di kalangan Fans daripada Dani karena terungkap bahwa dia terlatih dalam menyanyi dan menari, dia akan membuat debut resminya pada bulan Juli ketika T-ara mulai promosi untuk "Day By Day".

Core Contents Media mengeluarkan salah satu anggota T-ara, Hwayoung, pada tanggal 30 Juli berdasarkan keluhan oleh staf T-ara dari 19 orang (5 stylist, 7 penata rambut & makeup, 5 manajer pertunjukan,dan 2 manajer tim)[34], walaupun para netizen berspekulasi bahwa keluarnya Hwayoung dari T-ara dikarenakan "bullying" yang dilakukan oleh member T-ara lain. [35] Namun, Baik Hwayoung dan anggota lain dari T-ara telah mengatakan bahwa fakta-fakta tentang masalah "bullying" mereka telah menyimpang dari yang dibuat oleh netizens, namun di sisi lain mereka membenarkan ada konflik dan perasaan negatif antara anggota Hwayoung dan lainnya.[36][37]

Core Contents kemudian mengumumkan bahwa tidak akan ada perubahan waktu untuk comeback mendatang T-ara, bagaimanapun, agensi mereka mengambil pernyataan kembali dan mengumumkan bahwa comeback mereka akan ditunda tanpa batas waktu. Album repackage dari Day by Day yaitu Mirage, akhirnya dirilis pada tanggal 3 September 2012. Dua single, "Sexy Love" dan "Najgwa Bam (Love All)" (낮 과 밤, "Day and Night"), yang dirilis di album tersebut pada hari yang sama, dan lagu "Sexy Love" memuncak di nomor empat di grafik musik Gaon dan nomor tiga di Billboard Korea K-pop Hot 100 chart. "Najgwa Bam (Love All)" adalah sebuah kolaborasi tunggal menampilkan Areum T-ara dengan Gun-ji dari Gavy NJ dan 5dolls Shannon.

Pada tanggal 10 September 2012, diumumkan bahwa grup akan merilis album berisikan lagu-lagu terbaik mereka di Jepang yang terdiri dari semua single hits Korea mereka sampai saat ini (tidak termasuk "Day by Day" dan "Sexy Love") dalam perayaan satu tahun setelah debut mereka di Jepang.[38] Album "T-ara's Best of Best 2009-2012: Korean ver" akhirnya dirilis pada 10 Oktober.[39] Pada 25 September, T-ara merilis versi Jepang dari lagu "Day by Day", yang terdiri dari adegan dari video musik Korea mereka untuk lagu tersebut.[40] Pada bulan Oktober, T-ara merilis versi Jepang dari lagu "Sexy Love" dan tak lama setelah itu, para member grup berangkat ke Jepang untuk mempromosikan single mendatang mereka.[41] [42]

2013: Bunny Style!, 2 Sub-unit, Keluarnya Areum, Treasure Box dan Number 9[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret, T-ara membentuk sub-unit yang bernama "T-ara N4(Singkatan dari T-ara Brand New 4)" yang beranggotakan Eunjung, Areum, Jiyeon and Hyomin.Tapi,Areum keluar untuk menjadi penyanyi solo dan digantikan oleh Dani.Pada Bulan Maret,T-ara merilis single keenam Jepang mereka. Berjudul "Bunny Style!" (バニスタ!; Banisuta!) Pada 20 Maret 2013.[43] Single ini akan dirilis dalam sepuluh edisi yang berbeda, tujuh di antaranya akan berisi lagu solo oleh salah satu anggota grup, dan tiga versi edisi terbatas yang berisi lagu yang dilakukan oleh 3 sub-unit grup. Disamping itu, "Bunny Style!" akan menjadi single mereka yang berisi lagu-lagu baru dan orisinil.[44].Pada awal April 2013, diumumkan bahwa T-ara akan membentuk sub-unit dengan anggota Eunjung, Hyomin, Jiyeon, dan Areum yang disebut T-ara N4. Ini adalah bentuk singkat dari 'T-ara Brand New 4', menandakan transformasi dari empat anggota, sub-unit ini merilis lagu debut berjudul "Countryside Diary" (전원일기) pada 28 April.[45].

Pada bulan April, diumumkan juga bahwa T-ara akan membentuk sub-unit lainnya yang bernama QBS dengan lagu debutnya yang berjudul "Kaze no Youni" (風のように?, "Like the Wind") pada 26 Juni. Sesuai dengan namanya, QBS beranggotakan Qri, Boram dan Soyeon dan sub-unit ini memulai debutnya dan akan fokus di Jepang. Pada tanggal 1 Agustus, T-Ara merilis Album Single Come Backnya yang berjudul "Bikini (비키니)". Lagu ini dibuat oleh Double Sidekick untuk Musim Panas bersama Davichi dan Skull. Pada tanggal 10 Juli, Core Contents Media mengumumkan bahwa Areum mengundurkan diri dari T-ara untuk fokus pada karier solonya yang dikabarkan akan debut pada tahun 2014.[46] Selanjutnya T-ara memulai tur kedua di Jepang yang berjudul "T-ARA JAPAN TOUR 2013 ~Treasure Box~" yang berakhir di Nippon Budokan, pada saat itu juga Qri mengumumkan akan menjadi Leader selanjutnya di T-ara, menggantikan Soyeon.

Pada bulan September, T-Ara akan merilis Album mereka yang berjudul "Again". Beberapa Lagu di dalam album ini seperti lagu yang berjudul "No.9" mempunyai irama yang kuat dan melodi adiktif sebagaimana ciri khas musik T-Ara selama ini, dan "Lagu I Know The Feeling" adalah lagu sedih dengan melodi adiktif yang dibuat oleh Baek Hyun Jung dan Baek Sang Deok. Rencananya, T-Ara akan merilis lagu ini pada tanggal 10 Oktober. Namun, T-Ara akan menampilkan lagu ini secara langsung di konser Hallyu Dream Concert 2013 pada tanggal 6 Oktober. T-ara juga mengumumkan akan merilis album selanjutnya berjudul "Again 1977" dengan judul lagu "What Do I Do".

Anggota[sunting | sunting sumber]

Sub-unit[sunting | sunting sumber]

T-ara N4[sunting | sunting sumber]

Pada awal April 2013, Agensi T-ara Core Contents Media mengkonfirmasi dengan debut sub-unit T-ara pertama yang bernama T-ara N4, yang terdiri dari empat anggota: Jiyeon, Eunjung, Hyomin, dan Dani.[47] Mereka debut dengan lagu Countryside Diary pada tanggal 28 April 2013

QBS[sunting | sunting sumber]

Sub-unit lain yang dirilis oleh T-ara ialah QBS, diumumkan pada Mei 2013, yang terdiri dari tiga anggota: Qri, Boram, dan Soyeon.[48] Grup ini fokus pada pasar musik Jepang, dan merilis singel debut berjudul Like A Wind pada tanggal 26 Juni 2013.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Fanclub resmi: QUEEN'S
  • Fansclub resmi Jepang : Sweet Treasure[49]
  • Warna balon resmi: Pearl Ivory
  • Fansclub internasional: Diadem

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Konser[sunting | sunting sumber]

Photobook[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.allkpop.com/2009/06/taras_jiwon_and_ji-ae_are_out
  2. ^ (Korea) 전영록 딸 전보람, 티아라 새 멤버 합류! ‘가수 3대 집안’ (T-ara gets a new member) Newsen. June 3, 2009.
  3. ^ http://www.allkpop.com/2010/07/t-ara-introduces-7th-member-crowns-boram-as-new-leader
  4. ^ (Korea) 티아라, 50억 근접 역대 최고가 전속계약..일본 J-ROCK과 47억 Newsen. September 7, 2011.
  5. ^ (Korea) 티아라, 日 홍보 및 매니지먼트사 J-ROCK으로 정정 Nate. September 21, 2011.
  6. ^ (Korea) Jo, Hyeon-wu. ‘라디오스타’로 데뷔한 티아라, 소녀시대와 원더걸스 격파할 수 있을까 (T-ara Makes Debut on Radio Star, Can Compete with Girls' Generation and Wonder Girls). Kukinews. July 30, 2009. Retrieved August 3, 2009.
  7. ^ [1]
  8. ^ (Korea) Kim, Yong-un 티아라 `존 트라볼타 워너비`로 7월1일 컴백
  9. ^ (Jepang) 韓国で快進撃!T-ARA日本初ライブへ
  10. ^ (Korea) Kwon, Su Bin 티아라 보람→효민 리더교체 “모든 멤버에게 기회줄 것
  11. ^ Number one on Oricon Daily Chart
  12. ^ Bo Beep Bo Beep tops Oricon Weekly Chart
  13. ^ (Jepang) T-ARA 日本デビューは曲にちなんで「にゃ~」の日に決定!
  14. ^ (Korea) 티아라, 10억 뮤비 제작 돌입…11월 소녀시대-원더걸스와 ‘맞대결’
  15. ^ [2]
  16. ^ (Korea) ikon .com/view/20111207n06751 티아라, 효민 에서 소연 으로 갑적스런 리더 교체 왜. 'Nate. 7 Desember 2011
  17. ^ "T-ara’s “Lovey Dovey” makes an all-kill on music charts". Diakses 14 January 2012. 
  18. ^ http://news.naver.com/main/read.nhn?mode=LSD&mid=sec&sid1=101&oid=025&aid=0002187244
  19. ^ ":: 가온차트와 함께하세요 ::". Gaon Chart. Korea Music Content Industry Association. Diakses 4 May 2012. 
  20. ^ "T-ara to Possibly Change Members Next Month". Soompi.com. 2012-03-14. Diakses 2012-04-10. 
  21. ^ "티아라 새 멤버 2명 합류, “기존 멤버들은 불만 없을까?” : 네이트 뉴스". Nate. 2012-04-05. Diakses 2012-06-07. 
  22. ^ ""나태하지 말라" vs "팀 자체, 아티스트" 티아라, 9인조 논란 : 네이트 뉴스". Nate. SK Communications. 9 April 2012. Diakses 4 May 2012. 
  23. ^ ""나태하지 말라" vs "팀 자체, 아티스트" 티아라, 9인조 논란 : 네이트 뉴스". Starin. Nate. Diakses 8 June 2012. 
  24. ^ "T-ara Shows Music Video Stills from “Day by Day”". soompi.com. June 21, 2012. Diakses June 21, 2012. 
  25. ^ http://osen.mt.co.kr/article/G1109405504
  26. ^ http://www.allkpop.com/2012/05/t-ara-unveils-new-member-dani
  27. ^ "티아라, '올리비아 핫세' 닮은 9번째 멤버 다니 얼굴 전격 공개 :: 네이버 뉴스". TV Report. Naver. Diakses 8 June 2012. 
  28. ^ http://news.nate.com/view/20120606n11573
  29. ^ http://www.hancinema.net/t-ara-to-kick-off-three-nation-tour-with-sold-out-bangkok-concert-43263.html
  30. ^ http://www.allkpop.com/2012/06/t-ara-unveils-official-poster-for-first-concert-in-korea-jewelry-box.
  31. ^ http://www.oricon.co.jp/
  32. ^ "티아라, 오는 6월 日에 1집 앨범 발매...'일본 투어도' :: 네이버 뉴스". Osen. Naver. Diakses 8 June 2012. 
  33. ^ http://news.nate.com/view/20120612n08343
  34. ^ http://www.allkpop.com/2012/07/breaking-ccm-announces-hwayoung-will-leave-t-ara
  35. ^ http://www.kpopstarz.com/articles/11637/20120729/t-ara-worst-scandal-since-their-debut.htm
  36. ^ http://www.allkpop.com/2012/08/t-aras-soyeon-interviewed-about-her-new-drama-hwayoung-incident
  37. ^ http://www.allkpop.com/2012/08/hwayoung-speaks-on-the-controversy-surrounding-herself-and-t-ara
  38. ^ "日本デビュー1周年を記念し、T-ARA 世界初の韓国語曲BEST ALBUM リリース決定!". T-ARA Official Blog (Japanese). September 10, 2012. Diakses September 12, 2012. 
  39. ^ "T-ARA(ティアラ)公式ウェブサイト | トピック". T-ara. Diakses October 10, 2012. 
  40. ^ "T-ara’s full PV for “Day by Day” revealed". Allkpop.com. Diakses 2 December 2012. 
  41. ^ "T-ara’s Japanese “Sexy Love” PV revealed". Allkpop.com. Diakses 2 December 2012. 
  42. ^ "T-ara departs for Japan to promote “Sexy Love”". Allkpop.com. Diakses 2 December 2012. 
  43. ^ "T-ara will release their Japanese singles on the 20th of March!". T-araworld.net. Diakses 28 January 2013. 
  44. ^ "T-ARA 待望の日本オリジナルシングル「バニスタ!」リリース決定!!". T-ARA Official Blog. January 28, 2013. Diakses January 28, 2013. 
  45. ^ "신사동 호랭이 노래 들고 티아라 '4인조 유닛' 컴백 : 네이트 뉴스". Nate. Diakses 7 April 2013. 
  46. ^ http://www.allkpop.com/article/2013/07/core-contents-media-explains-ahreums-solo-prospects-are-different-from-hwayoungs
  47. ^ "티아라 유닛 팀명은 '티아라 엔포'. 효민은 코르셋 의상으로…". Sports Chosun. Nate. Diakses 27 April 2013. 
  48. ^ "티아라, '소연-보람-큐리'로 3인조 유닛 '또 결성'". Nate. Diakses 3 May 2013. 
  49. ^ (Jepang) T-ARA(ティアラ)公式ウェブサイト | ファンクラブ

Pranala luar[sunting | sunting sumber]