Sungai Batang Agam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sungai Batang Agam adalah salah satu sungai yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Sungai Batang Agam melintasi beberapa kabupaten dan kota, yaitu: Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten Limapuluh Kota. Air dari Sungai Batang Agam dimanfaatkan sebagai sumber air Perusahaan Daerah Air Minum, pengairan perkebunan dan pertanian, dan keperluan pertambangan dan industri.[1] Aliran Sungai Batang Agam juga masuk ke dalam air sungai Kelas II baik di bagian hulu, rentang, maupun hilirnya. Airnya dimanfaatkan untuk keperluan rekreasi air, budi daya ikan air tawar, peternakan, dan pengairan pertamanan.[2]

Pembagian[sunting | sunting sumber]

Kota Payakumbuh[sunting | sunting sumber]

Panjang Sungai Batang Agam adalah 15,6 kilometer. Hulunya dari Simarosok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, dan satu lagi berhulu di Sungai Janiah, Kabupaten Agam. Sebagian besar alirannya melalui Kota Payakumbuh. Di Kota Payakumbuh, Sungai Agam melintasi 11 kelurahan pada 4 kecamatan. Ujung sungai ini bermuara ke Sungai Batang Sinamar di Nagari Bukit Limbuku, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Di Kota Payakumbuh, Sungai Batang Agam melintasi bermacam jenis kawasan. Masyarakat Kota Payakumbuh membangun permukiman di tepi sungai. Sedangkan pemanfaatan airnya untuk pertanian, perikanan, pariwisata, dan pertambangan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kusuma, Desi Widia (2016). "Analisis Status Mutu Batang Agam Bagian Tengah". Jurnal Pembangunan Nagari. 1 (2): 103–104. doi:10.30559/jpn.v1i2.10. 
  2. ^ Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 26 Tahun 2019 tentang Klasifikasi Mutu dan Peruntukan Air Sungai Batang Agam, Sungai Batang Lampasi, Sungai Lembang, Sungai Batang Sinamar, Sungai Batang Pangian dan Sungai Batang Masang Gadang (PDF). 2019. hlm. 6. 
  3. ^ Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang. "Minimalisir Banjir dengan Pengendalian Banjir Batang Agam". sda.pu.go.id. Diakses tanggal 12 Juli 2021.