Suku Dan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sketsa dari Portugis untuk Dan.

Suku Dan (bahasa Ibrani: שבט דָּן Shevet Dan, Šḗḇeṭ Dān; bahasa Inggris: Tribe of Dan or Dann) adalah salah satu dari suku-suku Israel menurut Alkitab Ibrani, keturunan dari Dan, anak Yakub.

Pembagian tanah suku-suku Israel

Wilayah[sunting | sunting sumber]

Suku Dan menerima daerah kepunyaan mereka berdasarkan undian pada zaman Yosua. Daerah milik pusaka mereka ialah Zora, Esytaol, Ir-Semes, Saalabin, Ayalon, Yitla, Elon, Timna, Ekron, Elteke, Gibeton, Baalat, Yehud, Bene-Berak, Gat-Rimon, Me-Yarkon dan Rakon, bersama-sama dengan daerah di seberang Yafo. Karena daerah bani Dan telah menjadi terlalu sempit untuk mereka, maka berjalanlah bani Dan itu maju dan berperang melawan kota Lesem. Mereka merebutnya, memarang penduduknya dengan mata pedang dan mendudukinya. Lalu menetaplah mereka di sana dan menamai Lesem itu Dan menurut nama Dan, bapa leluhur mereka.[1].

Wasiat Yakub[sunting | sunting sumber]

Kejadian 49:16-15: "Dan, ia akan mengadili bangsanya sebagai salah satu suku Israel. Semoga Dan menjadi seperti ular di jalan, seperti ular beludak di denai yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang." Kenyataannya, suku Dan menyerang kota Laish (=Leshem) dengan mendadak dan membinasakan penduduknya. Kota itu kemudian diganti namanya menjadi Dan.

Berkat Musa[sunting | sunting sumber]

Ulangan 33:22: Tentang Dan ia berkata: "Adapun Dan ialah anak singa yang melompat keluar dari Basan." Kenyataannya, serangan ke kota Laish (=Leshem), yang setelah direbut diganti namanya menjadi Dan, dimulai dari daerah Basan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika Kerajaan Israel pecah pada zaman raja Rehabeam, suku Dan bergabung dengan Kerajaan Israel Utara bersama 9 suku lain. Sewaktu kerajaan utara dikalahkan oleh Asyur pada tahun 722 SM dan semua penduduknya dibuang ke tempat lain, suku ini ikut tersebar dan terhitung sebagai 10 suku terhilang dari Israel.

Referensi[sunting | sunting sumber]