Isakhar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Isakhar atau Yisakhar (bahasa Ibrani: יִשָּׂשׁכָר "Ganjaran; hadiah", bahasa Ibrani Standar: Yissaḫar, bahasa Ibrani Tiberias: Yiśśâḵār; bahasa Inggris: Issachar) adalah anak kelima Yakub dan istri pertamanya Lea. Menurut Kejadian, Isakhar dikandung pada malam ketika Lea berusaha menggunakan buah dudaim yang dibawa kepadanya oleh anak sulungnya Ruben untuk mengobati ketidaksuburannya (Kejadian 30:14). Karena Lea mengartikan kelahiran anaknya sebagai tanda perkenan Allah, maka ia menamainya Isakhar.

Sebagai leluhur dari suku Israel yang dinamai sesuai dengan namanya, Isakhar dan keturunannya menetap di Lembah Yisrel dan di bukit-bukit yang rendah di sebelah timur Gunung Tabor. Berkat Yakub, yang diberikan di Mesir dan dicatat dalam Kejadian 49, menggambarkan Isakhar sebagai "keledai yang kuat tulangnya" yang "meniarap diapit bebannya" (Kejadian 49:14) dalam budak. Hal ini mungkin menunjukkan bahwa suku Isakhar pernah menjadi taklukan dari suku Kanaan di wilayah itu.

Isakhar memperoleh empat orang anak lelaki yang bergabung bersamanya dalam perpindahan keluarga Yakub ke Mesir; di sana ia meninggal dan dikuburkan. Di antara keturunannya adalah hakim Tola dan dua orang raja dari Israel, Baesa dan anaknya Ela (1 Raja-raja 16:6).