Steve Slater

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Steve Slater
Lahir Stephen Slater
1957
Darlington, County Durham, Inggris
Kebangsaan Bendera Britania Raya Inggris
Pekerjaan Wartawan, jurnalis, pembalap mobil, humas
Dikenal karena Komentator balap F1 untuk STAR Sports

Stephen "Steve" Slater adalah komentator acara siaran langsung balap F1 untuk STAR Sports dan kolumnis untuk espnstar.com. Ia memulai karier sebagai pembalap mobil amatir dan kemudian berlanjut sebagai sebagai penulis dan komentator. Slater juga adalah pilot pesawat ringan yang berkualitas dan memiliki sebuah perusahaan restorasi pesawat. Ia dikenal sebagai "suara Formula Satu" di Asia.

Profil[sunting | sunting sumber]

Lahir di Darlington, County Durham pada 1957, ketertarikan Slater di motor sport dimulai dengan reli dan reli-cross; marshalling dan kemudian bersaing dengan mobil-mobil seperti Mini Coopers di pertengahan 1970-an sebagai hobi utamanya saat tinggal di Inggris Utara.

Pada tahun 1985 ia menjadi penulis lepas, penyiar radio lokal dan komentator balapan. Slater juga meluncurkan majalah otomotif regional dan menjadi salah satu komentator TV pertama kalinya untuk saluran Screensport.

Kegiatan berikutnya termasuk penanganan hubungan media untuk pertama kalinya di Skotlandia. Ia juga menangangi acara Skotlandia SuperPrix Formula Tiga, yang menampilkan driver seperti Johnny Herbert, David Coulthard dan Damon Hill. Ia sempat menghabiskan dua tahun bekerja dengan sopir aksi atas Inggris, Russ Swift, untuk membuat tampilan mengemudi dalam mempromosikan mobil Rover di agen SPBU di seluruh Inggris.

Pada tahun 1989 Slater pindah ke London untuk bergabung dengan badan Promosi CSS. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah promosi British Touring Car Championship dan pengaturan dari tim baru, yang didukung oleh sponsor asal Kanada Labatt. Ia sekarang mengepalai Media Kingpin, sebuah lembaga yang menangani copywriting dan penciptaan acara media, selain memberikan dukungan untuk sirkuit Rockingham Motor Speedway.

Di samping kegiatan tersebut, Stephen terus beroperasi sebagai jurnalis, menulis untuk Autosport, Motor Sport dan The Times. Ia juga menjadi komentator balapan, termasuk BTCC, DTM, Formula Tiga dan Formula Satu untuk Eurosport BBC, ITV, dan Sky.

Pada tahun 1995 Slater pindah ke Malmo, Swedia, di mana ia bertindak sebagai manajer pemasaran dan promosi untuk sirkuit balap Mantorp Park dan klien seperti Mobil, Land Rover dan Volvo serta mengembangkan Kejuaraan Touring Car Swedia. Dia kemudian tinggal di Brussels, bekerja antara Eropa dan Detroit sebagai koordinator humas untuk Chrysler. Bahkan kemudian, dia terus kembali ke Inggris setiap dua minggu untuk mengomentari untuk Sky TV.

Slater kembali ke Inggris pada tahun 1998. Selain TV bekerja komentar pada motorsport nasional untuk Channel 4 dan Sky di Inggris, dan STAR Sports untuk Asia. Dia juga bertindak sebagai reporter yang berbasis di Inggris, presenter dan produser fitur untuk majalah televisi berjudul 'Raceday'.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]