Stalaggh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
:STALAGGH:
Informasi latar belakang
AsalAmsterdam, Belanda
GenreNoise, Dark Ambient, Black Metal
Tahun aktif2000 - 2007 (berubah nama menjadi :GULAGGH:)

Stalaggh (ditulis sebagai :STALAGGH:) adalah proyek musik Belanda-Belgia[1], yang kemudian berganti nama menjadi Gulaggh (:GULAGGH:) pada tahun 2007. Karyanya sebagian besar tidak diperhatikan oleh penggemar musik arus utama, namun memiliki kultus tersendiri, terutama di kancah metal. Musik-musiknya dikenal cukup kontroversial karena diduga menggunakan rekaman jeritan asli dari orang yang menderita sakit jiwa. Struktur musiknya tidak jelas dan menggabungkan beberapa elemen musik bising, drone, dark ambient, dan black metal.

Awal mula dan konsep[sunting | sunting sumber]

Proyek musik Stalaggh didirikan pada tahun 2000 oleh beberapa musisi black metal, noise, dan dark ambient dari Belanda dan Belgia. Jumlah pasti anggota maupun identitas mereka tidak pernah diketahui. Mereka juga tidak pernah mengadakan pertunjukan langsung. Setelah reorientasi musik, proyek ini berganti nama menjadi Gulaggh pada tahun 2007. Nama Stalaggh adalah singkatan dari kamp utama Wehrmacht dalam Perang Dunia II, Gulag adalah nama kamp kerja paksa Uni Soviet yang dioperasikan terutama di bawah Josef Stalin. Akhiran masing-masing GH adalah singkatan dari "Global Holocaust" dan menurut mereka adalah metafora untuk "pemusnahan total kehidupan manusia".

Ciri khas dari musik mereka adalah penggunaan jeritan pasien gangguan jiwa, yang berkontribusi pada keaslian pesan yang ingin disampaikan. Dalam beberapa wawancara teks yang beredar di Internet, grup musik ini menggambarkan dirinya sebagai "proyek teror audio misantropik nihilistik" dan secara tegas menolak istilah-istilah kreatif seperti "band" dan "seni". Sebaliknya, Stalaggh atau Gulaggh adalah entitas yang ingin menyebarkan pesan nihilistik-misantropis dengan proyek-proyeknya (album). Kekuatan pendorongnya adalah ikatan ideologis antara anggota dan dengan "suara" mereka.

“Manusia harus menyadari bahwa keberadaannya sia-sia. :STALAGGH: bukan seni atau terapi, dan tidak boleh dipandang seperti itu.”

“Orang-orang harus memahami bahwa keberadaan mereka tidak ada artinya. :STALAGGH: bukanlah seni atau terapi dan tidak boleh dipandang seperti itu.”

– :STALAGGH: (2007)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Stalaggh

  • 2001: Stalaggh (EP, New Era Productions)
  • 2003: Projekt Nihil (New Era Productions)
  • 2004: Projekt Terror (Total Holocaust Records)
  • 2006: Projekt Misanthropia (EP, New Era Productions)
  • 2006: Nihilistik Terror (Compilation, Autopsy Kitchen Records)
  • 2007: Projekt Misanthropia (Autopsy Kitchen Records)
  • 2008: Pure Misanthropia (Limited Edition, New Era Productions)

Gulaggh

  • 2008: Vorkuta (New Era Productions)


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brandon Stosuy (2007-06-20). "Show No Mercy" (dalam bahasa Inggris). Pitchfork. Diakses tanggal 2018-08-12.