Stadion North Harbour

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stadion North Harbour
Stadion North Harbour dari sisi tenggara stadion
Stadion North Harbour dari sisi tenggara stadion
Informasi stadion
Pemilik Dewan Kota North Shore
Operator Dewan Pengawas Stadion North Harbour
Lokasi
Lokasi Bendera Selandia Baru Albany, Kota North Shore
Koordinat 36°43′37″LU 174°42′6″BT / 36,72694°LS 174,70167°BT / -36.72694; 174.70167
Konstruksi
Dibuka 8 Maret 1997
Biaya pembuatan 41 juta Dolar Selandia Baru
Data teknik
Permukaan Rumput
Kapasitas 25.000
Pemakai
Uni Rugbi North Harbour (Piala New Zealand Air) (1997–kini)
Auckland Blues (Super 14) (1999–kini) (kadang-kadang)
New Zealand Knights (A-League) (20052007)

Stadion North Harbour merupakan sebuah stadion multi-fungsi yang terletak di Kota Albany di Kota North Shore, Selandia Baru. Stadion ini dibuka pada Maret 1997, setelah hamper satu dekade dari proses diskusi, perencanaan, dan pembangunan stadion ini. Rugbi dan sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan di lapangan utama stadion ini, karena lapangan utama stadion ini berbentuk persegi panjang. Sementara, di lapangan yang berbentuk oval, dimainkan pertandingan – pertandingan utama regional kriket. Stadion ini juga dapat menyelenggarakan konser – konser musik terbuka. Stadion ini dapat menampung 25.000 orang.

Acara[sunting | sunting sumber]

Stadion North Harbour merupakan markas dari Uni Rugbi North Harbour yang bermain di Piala New Zealand Air. Stadion ini khusus menyelenggarakan satu pertandingan kandang Aukland Blues yang bermain di Super 14 setiap tahunnya. Stadion ini pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan uni rugbi dan liga rugby internasional. Tim NRL New Zealand Warriors sering memainkan pertandingan pemanasan mereka di stadion ini.

Stadion North Harbour merupakan markas dari New Zealand Knights, salah satu tim Selandia Baru yang bermain di Liga Australia, dari tahun 2005 hingga izin mereka dicabut oleh liga pada akhir musim 2006–2007. Stadion ini pernah menyelenggarakan Piala Dunia U-17 Wanita FIFA 2008 yang diselenggarakan Selandia Baru.

Konser terbuka setiap tahunnya diselenggarakan di stadion ini. Beberapa konser terkenal yang pernah diselenggarakan di stadion ini antara lain : konser The Corrs, Luciano Pavarotti, Roger Waters yang merupakan anggota dari Pink Floyd, serta Cher, juga The Who.

Lomba Balap Mobil Radio Kontrol sering diselenggarakan di salah satu sisi lapangan parkir stadion.

Tata Ruang[sunting | sunting sumber]

Stadion North Harbour secara resmi memiliki kapasitas 25.000 orang untuk acara – acara olahraga. Stadion ini memiliki empat area tempat duduk, yakni tempat duduk utama di sisi selatan yang mampu menampung 12.000 tempat duduk, sisi utara yang mampu menampung 7.000 tempat duduk, dan pematang rumput dapat menampung 3.000 tempat duduk. Stadion ini ditopang oleh 4 menara lampu setinggi 45 meter

Piala Dunia Rugbi 2011[sunting | sunting sumber]

Selandia Baru memenangkan hak untuk menyelenggarakan Piala Dunia Rugbi 2011 sejak tahun 2005 silam, yang menyebabkan perdebatan setahun kemudian, tepatnya di penghujung tahun 2006, mengenai stadion yang menyelenggarakan pertandingan final dari turnamen edisi tersebut. Stadion North Harbour merupakan salah satu kemungkinan, namun Eden Park dan Stadion Selandia Baru dipertimbangkan oleh khalayak untuk menjadi alternatif selain dari Stadion North Harbour. Akhirnya, pemerintah Selandia Baru memutuskan bahwa Eden Park akan menyelenggarakan pertandingan final, dan stadion ini akan menjadi opsi cadangan jika terjadi sesuatu di Eden Park.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Stadion Internasional Kairo,
Bendera Mesir Kairo, Mesir
Stadion Final
Kejuaraan Dunia U-17 FIFA

1999
Diteruskan oleh:
Stadion Hasely Crawford,
Bendera Trinidad dan Tobago Port of Spain, T. & T.
Didahului oleh:
Penyelenggaraan
Pertama
Stadion Final
Piala Dunia Wanita U-17 FIFA

2008
Diteruskan oleh:
Belum Ditentukan,
Bendera Trinidad dan Tobago Trinidad dan Tobago