Stadion Algarve

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Estádio Algarve

EstadioAlgarve.JPG

UEFA Nuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.png
Lokasi
Lokasi Bendera Portugal Faro, Algarve, Portugal
Konstruksi
Dibuka 2004
Arsitek Populous
(sebelumnya bernama HOK Sport Venue Event)
Data teknik
Permukaan Rumput
Kapasitas 30.305
Pemakai
SC Farense
Louletano DC

Stadion Algarve adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Faro, Portugal. Stadion ini merupakan markas dari klub SC Farense yang bermain di Terceira Divisão Portuguesa dan Louletano DC yang bermain di Segunda Divisão Portuguesa. Stadion ini pun merupakan salah satu stadion penyelenggara turnamen tahunan internasional yang cukup terkenal dalam dunia sepak bola wanita, Piala Algarve.

Stadion ini berkapasitas 30.305 penonton dan dibangun untuk menggelar turnamen UEFA Euro 2004. Louletano dan Farense selaku pengguna stadion pun berbagi stadion selayaknya Inter Milan dan A.C. Milan berbagi Stadion San Siro.

Selain menggelar pertandingan sepak bola, stadion ini juga pernah menyelenggarakan acara festival musik dan konser, serta pernah diubah menjadi tempat super special stage pada Reli WRC Portugal 2007.

Stadion ini dirancang pada musim panas tahun 2000 berdasarkan standar UEFA dan FIFA oleh Damon Lavelle yang mewakili perusahaan arsitektur, Populous London (sebelumnya bernama HOK Sport Venue Event). Selain Populous, tim pendesain stadion ini pun terdiri atas insinyur-insinyur WSAtkins dan beberapa mitra lokal, seperti Marobal.

Stadion ini pun pernah menjadi penyelenggara perdana Algarve Challenge Cup pada tanggal 22 dan 24 Juli 2008. Turnamen tersebut diikuti 4 tim, yaitu : Cardiff City, Celtic, Middlesbrough, dan Vitória de Guimarães. Cardiff City pun keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Celtic dan Vitória.

Desain stadion ini memberikan kesan alam regional yang mengacu kepada tradisi maritim Portugal serta menyelaraskan diri dengan pemandangan khas lokal.

Stadion ini sering dianggap sebagai contoh stadion fleksibel dengan ukuran kecil untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola tingkat UEFA dan acara budaya, serta menjadi salah satu stadion yang paling banyak digunakan di Portugal, bila dibandingan dengan stadion-stadion lain yang digunakan untuk menyelenggarakan Liga Sagres.

Tim nasional sepak bola Portugal[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa pertandingan tim nasional yang dihelat di stadion ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 37°05′18″LU 7°58′29″BT / 37,08833°LU 7,97472°BB / 37.08833; -7.97472