Stadion Municipal de Braga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Estádio Municipal de Braga

Estadio Braga.JPG

UEFA Nuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.png
Informasi stadion
Pemilik Pemerintah Kota Braga
Lokasi
Lokasi Bendera Portugal Braga, Portugal
Konstruksi
Dibuat 2003
Dibuka 30 Desember 2003
Biaya pembuatan 83,1 juta euro
Arsitek Eduardo Souto de Moura
Data teknik
Permukaan Rumput
Kapasitas 30.154
Ukuran lapangan 105 x 68 m
Pemakai
Sporting Clube de Braga

Stadion Muncipal de Braga (bahasa Portugis: Estádio Municipal de Braga) adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Braga, Portugal. Stadion ini memiliki kapasitas 30.154 penonton dan dibangun pada tahun 2003. Stadion ini merupakan markas dari klub Liga Sagres, SC Braga, serta merupakan salah satu host turnamen UEFA Euro 2004. Stadion ini memiliki julukan A Pedreira, seperti yang diukir di depan tambang Monte Castro.

Sporting Braga sebagai pengguna stadion ini pun secara rutin membayar biaya sewa sebesar 500 euro kepada pemerintah. Pada bulan Juli 2007, Sporting Braga mengumumkan kesepakatan sponsor selama 3 tahun dengan perusahaan asuransi AXA. Kesepakatan tersebut termasuk mengubah nama stadion menjadi Stadion AXA.[1] Namun, Pemerintah Kota Braga selaku pemilik stadion menjelaskan bahwa nama stadion belum resmi diganti karena kesepakatan tersebut hanya melibatkan pihak penyewa saja.[2]

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam stadion

Stadion ini "diukir" di tambang Monte Castro yang menghadap ke arah kota Braga. Tribun sendiri hanya dibangun pada 2 sisi lapangan dengan tujuan untuk memberikan pemandangan berupa dinding batuan dan kota. Setiap tribun ditutupi dengan atap gaya kanopi dan atap-atap tersebut saling terhubung oleh senar yang terbuat dari baja. Desain ini merupakan desain yang terinspirasi oleh jembatan kuno Kerajaan Inka yang berada di Amerika Selatan.

Proses pembuatan stadion ini memakan biaya yang cukup mahal untuk stadion ukuran sedang, yaitu sebesar 83,1 juta euro. Biaya pembangunan tersebut merupakan yang termahal keempat di antara sepuluh stadion yang dibangun untuk UEFA Euro 2004, setelah Stadion da Luz, Stadion José Alvalade, dan Stadion do Dragão. Stadion ini juga disetujui untuk menjadi tuan rumah babak final Liga Europa serta lolos kriteria untuk menjadi stadion kandang SC Braga di Liga Champions UEFA.

Tim nasional sepak bola Portugal[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa pertandingan tim nasional yang dihelat di stadion ini.

Peristiwa lainnya[sunting | sunting sumber]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Stadion ini sering dianggap sebagai salah satu stadion terindah di Eropa, bahkan dunia. The Financial Times pernah mengulas stadion ini sebagai satu dari empat contoh stadion dengan arsitektur paling indah dan alami di Eropa. Bahkan majalah itu menyatakan: "Tidak ada lagi negara yang memiliki arsitektur seindah yang ada di negeri ini, yang dimiliki oleh Stadion Municipal de Braga yang dirancang oleh Eduardo Souto de Moura. Arena ini bagaikan hati yang diukir di sebuah tempat yang tidak terduga."[3]

Pada tahun 2006, stadion ini berhasil memenangkan Penghargaan Arsitektur Internasional Athenaeum Chicago untuk kategori Desain Global Baru Terbaik."[4]

Pada tahun 2011, sang arsitek stadion, Eduardo Souto de Moura, berhasil memenangkan Penghargaan Pritzker.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stadion Municipal de Braga Berganti Nama".  Unknown parameter |accesdate= ignored (|tanggal akses= suggested) (help)
  2. ^ "Oposisi Memerlukan Penghasilan dari Stadion Municipal de Braga".  Unknown parameter |accesdate= ignored (|tanggal akses= suggested) (help)
  3. ^ "Kau sudah mengalahkan mereka sekali, sekarang kalian melakukannya lagi".  Unknown parameter |accesdate= ignored (|tanggal akses= suggested) (help)
  4. ^ "Penghargaan Arsitektur Internasional Untuk Kategori Desain Global Baru Terbaik".  Unknown parameter |accesdate= ignored (|tanggal akses= suggested) (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 41°33′44,64″LU 8°25′50,88″BT / 41,55°LU 8,41667°BB / 41.55000; -8.41667