Stadion Municipal de Aveiro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Estádio Municipal de Aveiro

Estádio Municipal Aveiro.jpg

UEFA Nuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.pngNuvola apps mozilla.png
Informasi stadion
Pemilik Pemerintah Kota Aveiro
Lokasi
Lokasi Bendera Portugal Aveiro, Portugal
Konstruksi
Dibuat 2003
Dibuka September 2003
Biaya pembuatan 62 juta Euro
Arsitek Tomás Taveira
Data teknik
Permukaan Rumput
Kapasitas 30.127
Ukuran lapangan 105 x 68 m
Pemakai
SC Beira-Mar

Stadion Municipal de Aveiro adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Aveiro, Portugal. Stadion ini dirancang oleh arsitek asal Portugal, Tomás Taveira, dan dimaksudkan untuk menggelar turnamen UEFA Euro 2004. Stadion ini berkapasitas 30.127 penonton dan merupakas markas dari klub Liga Sagres, SC Beira-Mar.

Desain[sunting | sunting sumber]

Stadion Municipal de Aveiro tergolong memiliki desain yang ambisius dengan menggabungkan bentuk yang sederhana dan menawan dengan keaktifan warna pada setiap jenis warna di seluruh stadion. Oleh karena itu, stadion ini dapat memberikan suatu sensasi yang memiliki efek positif di saat terdapat suatu perayaan. Hal ini merupakan intuisi dari arsitek Tomás Taveira untuk memperkenalkan warna nada suara yang kuat dan kemudian memberikan perasaan gerak dan efek visual yang spektakuler. Oleh karena itu, stadion ini seakan menyerupai mainan besar untuk anak-anak dengan banyak suku cadang berwarna yang berkumpul bersama.

Dinamisme stadion juga tercermin pada interior stadion di mana empat tribun yang berisi kursi yang berwarna-warni dan berprofil lengkung pun seakan menjadi ciri dari stadion ini. Kursi-kursi penonton pun memiliki warna yang berbeda dan didistribusikan secara acak. Warna-warna kursi stadion pun menawarkan animasi berwarna yang tampak asli dan menggambarkan perasaan yang kuat dari dinamika dan keceriaan - bahkan ketika stadion kosong, bangku penonton tampak seolah-olah penonton sedang memadati stadion dan pertandingan sedang berlangsung. Penggunaan warna yang berbeda juga tercermin hingga aspek-aspek yang paling rinci, dari gerbang pintu masuk dengan pilar dan didukung oleh balok.

Atap stadion ini pun ikut berkontribusi terhadap proses harmonisasi dengan membuat stadion terlihat menjadi seperti mainan besar. Atap ini berisi tiang baja merah tajam yang menjunjung tinggi di tepi langit biru. Dari sudut pandang yang lebih formal, atap seakan menyatukan diri dengan tribun lengkung yang menawarkan pemandangan indah di atas tiang dan balok baja.

Tim nasional sepak bola Portugal[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa pertandingan tim nasional yang dihelat di stadion ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°38′51″LU 8°35′37″BT / 40,6475°LU 8,59361°BB / 40.64750; -8.59361