Srigunting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Srigunting
Dicrurus bracteatus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Dicruridae

Vigors, 1825
Genus:
Dicrurus

Vieillot, 1816
Spesies tipe
Corvus balicassius
Linnaeus, 1766
Spesies

Lihat teks

Srigunting atau saeran adalah sebutan burung dalam Dicruridae. Burung ini merupakan Burung pengicau yang berasal daru daerah tropis Dunia Lama. 31 spesiesnya ditempatkan dalam satu genus, yakni Dicrurus.

Sebagian besar berwarna hitam atau abu-abu tua, burung berkaki pendek, dengan posisi berdiri tegak saat bertengger. Mereka memiliki ekor bercabang dan beberapa memiliki hiasan ekor yang rumit. Mereka memakan serangga dan burung kecil, yang mereka tangkap saat terbang atau di darat. Beberapa spesies pandai meniru dan memiliki beragam panggilan alarm, yang sering ditanggapi oleh burung dan hewan lain. Mereka diketahui mengeluarkan panggilan alarm palsu yang menakut-nakuti hewan lain agar tidak mencari makanan, yang kemudian diklaim oleh srigunting.

Daftar spesies[1][sunting | sunting sumber]

Gambar Nama umum Nama ilmiah Persebaran
Srigunting ekor-kotak Dicrurus ludwigii Afrika bagian selatan.
Srigunting Sharpe Dicrurus sharpei Sudan selatan bagian selatan & Kenya bagian barat menuju Republik Demokratik Kongo & Nigeria
Srigunting cemerlang Dicrurus atripennis Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Pantai Gading, Guinea Khatulistiwa, Gabon, Ghana, Guinea, Liberia, Nigeria, Sierra Leone, & Togo.
Srigunting ekor-garpu Dicrurus adsimilis Gabon, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Angola, Zambia barat daya, Namibia, Botswana, & Afrika Selatan bagian barat daya
Srigunting jubah-ungu Dicrurus modestus Nigeria & Kamerun menuju Republik Demokratik Kongo & Angola.
Srigunting Komoros Dicrurus fuscipennis Komoro.
Srigunting Aldabra Dicrurus aldabranus Seychelles
Srigunting jambul Dicrurus forficatus Madagaskar & Komoro
Srigunting Mayotte Dicrurus waldenii Mayotte.
Srigunting hitam Dicrurus macrocercus Iran menuju Pakistan, India, Bangladesh & Sri Lanka, ke barat menuju Cina selatan, Indonesia, & menjadi pendatang yang tidak disengaja di Jepang
Srigunting kelabu Dicrurus leucophaeus Afghanistan timur bagian timur menuju Cina selatan, Kepulauan Ryukyu di Jepang (khususnya Pulau Okinawa), & Indonesia.
Srigunting perut-putih Dicrurus caerulescens India & Sri Lanka.
Srigunting gagak Dicrurus annectens Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, Thailand, & Vietnam.
Srigunting keladi Dicrurus aeneus Uttarakhand barat (India), ke timur menuju Indochina & Pulau Hainan (Cina), Semenanjung malaya, hingga Pulau Sumatra & Kalimantan bagian utara
Srigunting gunung Dicrurus remifer Bangladesh, Bhutan, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, & Vietnam.
Srigunting balikasiao Dicrurus balicassius Filipina.
Srigunting ekor-pendek Dicrurus striatus Filipina.
Srigunting jambul-rambut Dicrurus hottentottus Bangladesh, India, & Bhutan, menuju Indochina ke Cina, Indonesia, & Brunei Darussalam.
Srigunting tablas Dicrurus menagei Filipina.
Srigunting Palawan Dicrurus palawanensis Palawan (Filipina).
Srigunting sumatra Dicrurus sumatranus Pulau Sumatra (Indonesia).
Srigunting Wallace Dicrurus densus Indonesia & Timor Leste.
Srigunting sulawesi Dicrurus montanus Pulau Sulawesi (Indonesia).
Srigunting lencana Dicrurus bracteatus Australia, Papua Nugini, & Indonesia
Srigunting bidadari Dicrurus megarhynchus Pulau Irlandia Baru di Kepulauan Bismarck (Papua Nugini).
Srigunting Andaman Dicrurus andamanensis Kepulauan Andaman
Srigunting batu Dicrurus paradiseus India menuju Pulau Kalimantan & Jawa
Srigunting Sri Lanka Dicrurus lophorinus Sri Lanka.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Burung pemakan serangga ini biasanya banyak ditemukan di hutan terbuka atau semak belukar. Sebagian besar berwarna hitam atau abu-abu tua, terkadang dengan warna metalik. Mereka memiliki ekor yang panjang dan bercabang; beberapa spesies Asia memiliki hiasan ekor yang rumit. Mereka mempunyai kaki yang pendek dan duduk tegak sambil bertengger, seperti shrike . Mereka menangkap lalat atau mengambil mangsa dari tanah. Beberapa spesies srigunting, terutama srigunting batu besar, terkenal karena kemampuannya meniru burung lain dan bahkan mamalia.

Dua hingga empat telur diletakkan di sarang yang tinggi di pohon. Meskipun ukurannya kecil, mereka agresif dan tidak kenal takut, serta akan menyerang spesies yang jauh lebih besar jika sarang atau anak-anaknya terancam.

Beberapa spesies hewan dan burung merespons panggilan alarm srigunting, yang sering kali memperingatkan keberadaan predator . Srigunting ekor-garpu di gurun Kalahari menggunakan panggilan alarm saat tidak ada predator yang menyebabkan hewan melarikan diri dan meninggalkan makanan yang mereka makan, sehingga mendapatkan hingga 23% makanan mereka dengan cara ini. Mereka tidak hanya menggunakan panggilan alarmnya sendiri, namun juga meniru panggilan banyak spesies, baik milik korbannya maupun spesies lain yang ditanggapi oleh korbannya. Jika pemanggilan satu spesies tidak efektif, mungkin karena pembiasaan, srigunting mungkin mencoba spesies lain; 51 panggilan berbeda diketahui ditiru. Para peneliti telah mempertimbangkan kemungkinan bahwa sirgunting ini memiliki teori pikiran, yang tidak sepenuhnya ditunjukkan pada hewan selain manusia.[2] [3] [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2018). "Orioles, drongos, fantails". World Bird List Version 8.1. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 29 March 2018. 
  2. ^ Flower, T.P. (2014). "Deception by flexible alarm mimicry in an African bird". Science. 344 (6183): 513–516. Bibcode:2014Sci...344..513F. doi:10.1126/science.1249723. PMID 24786078. 
  3. ^ National Geographic: African Bird Shouts False Alarms to Deceive and Steal, Study Shows Drongos in the Kalahari are masters of deception, 1 May 2014
  4. ^ Flower, T. (2010). "Fork-tailed drongos use deceptive mimicked alarm calls to steal food". Proceedings of the Royal Society B. 278 (1711): 1548–1555. doi:10.1098/rspb.2010.1932. PMC 3081750alt=Dapat diakses gratis. PMID 21047861.