Sri Hartamas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kontestan The Amazing Race 11 saat berada di kawasan Sri Hartamas, melakukan tugas roadblock yaitu daur ulang surat kabar.

Sri Hartamas (bahasa Inggris: Glowing Estates) atau Taman Sri Hartamas (bahasa Inggris: Glowing Estates Park) adalah kota perumahan kaya di Kuala Lumpur, Malaysia. Sri Hartamas terletak di Kuala Lumpur, di bawah yurisdiksi Wilayah Persekutuan dari Kuala Lumpur dan Walikota Kuala Lumpur. Zip/kode pos 50480.

Lokasi, Deskripsi Area dan Demografi[sunting | sunting sumber]

Sri Hartamas memiliki keuntungan geografis, terletak sangat dekat dengan pintu masuk dari dua tol utama yang menghubungkan kota dengan pinggiran kota sekitarnya. Lihat New Klang Valley Expressway dan Damansara-Puchong Expressway. Waktu perjalanan ke mana saja di Klang Valley daerah, sebagai hasilnya adalah sangat singkat, bahkan selama jam sibuk.

Sri Hartamas fitur yang paling berharga adalah hijau dan isolasi. Hal ini dikelilingi oleh berbagai bukit bahwa titik-titik yang Klang Valley, memberikan nuansa daerah terisolasi negara, meskipun hanya 15 menit jauhnya dari pusat kota Kuala Lumpur. Merasa negara, ditambah dengan akses transportasi mudah melalui mobil, telah menjadi magnet untuk membentuk dan datang, muda profesional, kelas menengah ke atas Malaysia. Lingkungan ini memiliki estetika terawat, dengan sebuah taman seperti merasa, sesuatu penjaga daerah penduduk.

Warga lingkungan berpartisipasi dalam asosiasi warga. Dalam beberapa tahun terakhir, asosiasi telah menyewa sebuah perusahaan keamanan swasta untuk patroli wilayah tersebut. Isolasi Sri Hartamas dan sekitarnya membuat mangsa kejahatan untuk sementara waktu, meskipun hal ini tidak begitu umum hari ini.

Rumah-rumah di Sri Hartamas terdiri dari townhouse, berdampingan rumah terpisah semi dan bungalow kota kecil. Dibangun oleh seorang pengembang Malaysia pada tahun 80-an, jalan-jalan yang aneh lebar, dibandingkan dengan daerah lain. Jalan-jalan lebar ternyata merupakan keuntungan bagi rumah tangga multi-mobil yang hidup di daerah dengan ruang garasi terbatas ketika lingkungan mengalami masa renaisans.

Pada tahun 2009, sebuah daerah perumahan yang didirikan dengan nama yang sama terletak di Alor Setar, ibu kota negara bagian Kedah.

Kebangkitan 1990[sunting | sunting sumber]

Sri Hartamas mendapatkan popularitas besar sebagai lingkungan yang diinginkan selama booming Asia pada pertengahan 1990-an. Sebelum itu, kepercayaan oleh orang Malaysia adalah bahwa lingkungan terlalu terisolasi, dengan sedikit tidak ada infrastruktur di daerah tersebut. Dengan tidak adanya toko kelontong di lingkungan pada saat itu, satu pint susu adalah 15 menit berkendara jauh. Sebagai permintaan untuk perumahan berkualitas di Kuala Lumpur meningkat, ini segera menjadi tidak relevan.

Memang, akses transportasi mudah berdasarkan yang dekat dengan hambatan, terbukti menjadi penyelamat Sri Hartamas. Perkembangan lain di daerah tersebut diikuti. Di jalan, sebuah proyek kondominium besar, "Mont Kiara", segera lepas landas.

Mont Kiara serta Sri Hartamas cepat menjadi sangat populer, tidak hanya dengan profesional muda Malaysia, tetapi juga dengan keluarga ekspatriat, yang berasal sebagian besar dari Australia, Jepang, Inggris dan Eropa.

Keamanan tambahan dan dua sekolah swasta internasional di Sri Hartamas yang dibuka pada saat ini membuat area keuntungan bagi keluarga ekspatriat. Sri Hartamas, sekitar tahun 1996-1999 menjadi sebuah lingkungan internasional, dengan penduduk yang berasal dari berbagai negara.

Amerika serta ekspatriat tunggal sebaliknya cenderung lebih memilih tinggal di dekat Bangsar, lingkungan lain lebih dekat dengan restoran, klub, bar dan pusat perbelanjaan.

Sri Hartamas Hari Ini[sunting | sunting sumber]

Isolasi dan hijau Sri Hartamas, dengan akses mudah ke mana saja, merek dagang daerah, memberikan jauh beberapa kilau itu ketika akses ke tol 3 yang menghubungkan daerah tersebut dengan sisa Kuala Lumpur dibuka. Lihat Sprint Expressway.

Perubahan pasca 1990-an booming[sunting | sunting sumber]

Mengikuti perkembangan lain, kali ini membawa beberapa infrastruktur bahwa Sri Hartamas awalnya kurang:, restoran toko-toko, bar dan serta bazar makanan gaya luar Malaysia. Sebagian besar toko dan harga memenuhi demografis yang relatif kaya dan ekspatriat di daerah tersebut.

Fasilitas dan Kenyamanan Upscale[sunting | sunting sumber]

Untuk Malaysia, kenyamanan daerah mencerminkan demografi, kontras yang tajam ke area lain di Kuala Lumpur: Sebuah pembibitan di Sri Hartamas, selain dari penitipan anak, menawarkan kelas-kelas pengantar dalam Perancis. Ada jumlah yang tidak proporsional dari Jepang dan Korea restoran di Sri Hartamas, melayani jumlah besar Jepang ese sekarang tinggal di Mont Kiara dekatnya.

Fasilitas terdekat meliputi: 2 lapangan golf, country club, yang sangat "mewah" klub kesehatan dan spa, beberapa rantai toko Amerika dan kenyamanan lainnya, seperti menjadi pengiriman dalam waktu 20 menit Pizza Hut atau Domino .

Infrastruktur & Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Infrastruktur Dasar[sunting | sunting sumber]

nfrastruktur di sini sangat baik, dengan layanan negara maju utilitas dan standar operasi (yaitu kabel telepon, listrik & broadband internet) dan jasa (yaitu pengumpulan sampah). Sebelum tahun 1995, karena medan wilayah tersebut, telepon seluler cakupan sini pada operator tertentu di Sri Hartamas adalah jerawatan di terbaik. Hari ini, semua operator telepon selular memiliki BTS di seluruh lingkungan, dengan cakupan yang sangat baik.

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Sri Hartamas adalah rumah bagi sekolah negeri maupun swasta.

Taman Kanak-Kanak:

Sekolah Dasar:

  • Sekolah Kebangsaan Seri Hartamas (Seri Hartamas National School)

Sekolah Menengah:

  • Sekolah Menengah Kebangsaan Seri Hartamas (Seri Hartamas National Secondary School)

perguruan tinggi:

Perubahan Wilayah[sunting | sunting sumber]

Sedikit dari tanaman hijau dan tetap isolasi dan karenanya Sri Hartamas tidak setenang dulu. Masuknya lalu lintas serta dekat perkembangan baru lainnya telah membawa peningkatan jumlah orang ke daerah tersebut. Melalui beberapa isolasi adalah pergi, para profesional muda yang awalnya Malaysia pindah ke daerah itu tinggal di.

Namun, komunitas ekspatriat yang pernah tinggal di sini dalam jumlah besar menyusut setelah Krisis Keuangan Asia 1997-1999, ketika orang pindah kembali ke negara asal mereka. Daerah ini terus menjadi populer dengan keluarga ekspatriat, terutama mereka dengan anak-anak.

Meskipun tidak ada sensus yang dapat diandalkan ada, ada keseimbangan yang sehat dalam jumlah penduduk dari kelompok yang berbeda etnis Malaysia di Sri Hartamas, dengan tidak ada kelompok mayoritas yang jelas, tidak seperti bagian lain di Malaysia.

Dalam hal kehidupan malam Sri Hartamas sekarang sebuah komunitas, kecil bersemangat. Yang menarik adalah berbagai restoran dan bar yang telah dikembangkan di sekitar daerah perbelanjaan di Desa Sri Hartamas. Meskipun ada beberapa gaya barat mantan tepuk bar juga ada food court yang baik dan banyak dari Korea, Jepang, restoran Thailand dan Malaysia.

Sri Hartamas di TV[sunting | sunting sumber]

Sri Hartamas muncul sebagai salah satu tempat yang dikunjungi pada seri acara realitas CBS Amerika, "The Amazing Race" pada bulan April 2007. Para kontestan yang berada di Kuala Lumpur pada saat itu, diminta untuk berkeliaran di lingkungan meminta "surat khabar lama" (Melayu), atau "koran bekas" untuk didaur ulang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]