Chow Kit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jalan Tunku Abdul Rahman di dalam Chow Kit

Chow Kit adalah suatu sub-daerah di tengah-tengah Kuala Lumpur, Malaysia. Ia berada di sekitar Jalan Chow Kit dan ditutupi oleh jalan-jalan paralel yaitu Jalan Pantai dan Jalan Tunku Abdul Rahman. Ia disebut bersamaan dengan nama seorang penambang timah dan kanselor kota, Loke Chow Kit.

Sekarang ini daerah tersebut memiliki fitur-fitur Indonesia karena pendatang Indonesia berbisnis di kios-kios kecil. Akhir-akhir ini, ada satu komunitas kecil Negro/orang Afrika terutama dari negara Nigeria. Ia memiliki sebuah pasar pagi dikenal sebagai Bazaar Baru Chow Kit yang merupakan pasar pagi terbesar di Kuala Lumpur.[1] Disana juga terdapat pasar malam yang dikenal sebagai Bundle Chow Kit di sepanjang Jalan Haji Taib yang mana juga dikenal banyak yang menjadi penjualan pakaian bekas dan aksesori-aksesorinya..[2] Chow Kit juga dikenal sebagai daerah lampu merah dan sebagai tempat pertemuan para banci. Ia juga dikenal sebagai tempat populer untuk pecandu narkoba.[3] Stasiun Monorail Chow Kit terletak di dalam kawasan ini dan Stasiun LRT PWTC terletak berdekatan.

Lagu Chow Kit Road[sunting | sunting sumber]

Penyanyi Sudirman Arshad pernah mengadakan konser terbuka di sini dan menyampaikan lagu 'Chow Kit Road' pada tahun 1980-an.

Galeri Polisi[sunting | sunting sumber]

Kawasan Chow Kit harus ada sebuah kantor polisi tetap atau bergerak. Pada 22 Juni 2009, Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein turun lapangan meninjau masalah penduduk terutama masalah Ah Long, pelacuran, narkoba dan kejahatan. Pembicaraan telah dilakukan dengan Kepala Polisi Negara Tan Sri Musa Hassan untuk menyewa rumah toko untuk dijadikan kantor polisi tetap. Turut sama meninjau daerah Chow Kit adalah Datuk Wira Abu Seman Yusop, Walikota Kuala Lumpur Datuk Ahmad Fuad Ismail, Kepala Polisi Kuala Lumpur Datuk Muhammad Sabtu Osman dan wakilnya Datuk Abu Samah Mat.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]