SoftMaker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SoftMaker
Tipe GmbH
Industri Perangkat lunak
Didirikan 1989; 34 years ago (1989)
Pendiri Martin Kotulla
Markas besar
Nuremberg
,
Jerman
Situs web SoftMaker's home page

SoftMaker adalah perusahaan perangkat lunak Jerman yang berbasis di Nuremberg yang memproduksi perangkat lunak produktivitas kantor dan font digital. SoftMaker didirikan pada tahun 1989 oleh Martin Kotulla.[1] Terkenal di Jerman dan Uni Eropa, SoftMaker menawarkan perangkat lunaknya di seluruh dunia.

Siswa, guru, sekolah, dan universitas dapat membeli SoftMaker Office dengan harga lebih murah, bagian dari program penjualan akademik SoftMaker. Selain itu, tersedia versi gratis bernama FreeOffice.[2]

Kantor SoftMaker[sunting | sunting sumber]

SoftMaker Office adalah produk andalan SoftMaker, sebuah office suite yang dipasarkan ke pengguna rumahan, bisnis kecil, dan pendidikan.[1] Ini terdiri dari pengolah kata TextMaker (kompatibel dengan Microsoft Word ), spreadsheet PlanMaker (kompatibel dengan Microsoft Excel) aplikasi perangkat lunak presentasi SoftMaker Presentations (kompatibel dengan Microsoft PowerPoint) dan bahasa scripting BasicMaker (kompatibel dengan Visual Basic for Applications).

SoftMaker Office saat ini tersedia untuk Microsoft Windows, Linux, macOS dan Android. Versi lama tersedia untuk Windows CE, PC Genggam, PC Saku (perangkat genggam Windows Mobile) dan FreeBSD.

SoftMaker Office mendukung semua format file Microsoft Office yang populer. SoftMaker mengklaim bekerja pada format yang sesuai dengan ODF,[1] tetapi saat ini hanya mendukung OpenDocument di pengolah kata dan program spreadsheetnya.

produk SoftMaker Produk Microsoft yang setara Platform Format berkas
Pembuat Teks Kata Win32, Win64, macOS, Linux, Android .docx, .doc, .rtf, .odt, .tmd, .pwd, .txt, .sxw (khusus impor), .pdf (ekspor)
Pembuat Rencana Unggul Win32, Win64, macOS, Linux, Android .xlsx, .xls, .csv, .pmd, .ods (impor), .rtf, .dbf, .txt, .slk, .dif, .pdf (ekspor)
Presentasi Power Point Win32, Win64, macOS, Linux, Android .pptx, .pps, .ppt, .ppsx, .prd, .rtf, Ekspor: .png, .jpg, Video dan .pdf
Pembuat Dasar VBA (terbatas) Win32, Win64 .bas, .txt

Strategi kompetitif[sunting | sunting sumber]

Strategi penjualan SoftMaker Office didasarkan pada kegunaan lintas platform bersama dengan harga yang wajar dan layanan pelanggan purna jual gratis. Namun, karena SoftMaker Office tidak gratis seperti pesaing LibreOffice, Apache OpenOffice, atau Calligra Suite, kekuatan pemasaran terbesarnya adalah tingkat kompatibilitas Microsoft Office yang tinggi.[3][4][5] Sebagai titik penjualan utama, SoftMaker mengutip kemampuannya untuk membuat grafik dan bagan dalam PlanMaker yang seringkali tidak dapat dibedakan dari yang dibuat dalam Microsoft's Excel. Secara signifikan, tingkat kompatibilitas ini meluas ke platform non-Windows.[4] Bahkan pada platform Windows, SoftMaker Office bersaing dengan suite kantor Windows asli berdasarkan kompatibilitas Microsoft Office-nya.

SoftMaker juga mengklaim suite Office-nya lebih cepat, dengan memori lebih kecil dan jejak hard drive daripada Microsoft Office atau OpenOffice.org.[3]

Area ketidakcocokan yang paling signifikan, seperti halnya semua suite kantor non-Microsoft, ada di dokumen yang menggunakan skrip VBA. Meskipun BasicMaker selangkah lebih maju, itu masih tidak menawarkan kompatibilitas VBA yang mulus.

Referensi[sunting | sunting sumber]