Pocket PC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pocket PC Phone adalah penyatuan dari fungsi telepon genggam, komputer mini, dan penyempurnaan dari Personal Digital Assistant (PDA). Mayoritas memiliki fitur touchscreen, selain itu juga ada touchpad atau keyboard, memiliki layar yang besar dan spesifikasi lainnya. PDA termasuk dari Pocket PC Phone, tetapi Pocket PC Phone bukan termasuk dari PDA. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows Mobile.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Pocket PC Phone adalah alat elektronik berbasis komputer yang bersifat mudah dibawa seperti telepon selular. Merupakan fungsi lengkap dari PDA dengan prosesor yang cepat dan dengan kapasitas memori komputer yang besar. Dengan Pocket PC Phone bisa juga berkomunikasi secara luas dengan jaringan nirkabel, sudah ada kamera, dan tentunya dapat mengubah dokumen. Pocket PC Phone awalnya adalah alternatif dari Pocket PC. Mudahnya, Pocket PC Phone adalah komputer, PDA, sekaligus telepon selular.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur Pocket PC Phone lebih lengkap, ada telepon (suara), Short Message Service atau yang disingkat SMS, layanan instant Messaging, e-mail, Office Windows mobile [1] (word, excel, power point), dan Personal Information Manager (PIM) seperti contact list , kalender, dll. Kapasitasnya lebih besar dalam menyimpan data. Ada slot tambahan yang menungkinkan untuk tambahan memori komputer. Selain itu juga mampu melakukan penyelarasan data dengan komputer.

Perbedaan dengan SmartPhone[sunting | sunting sumber]

Ukuran Pocket PC Phone lebih besar daripada Smart Phone. Pocket PC Phone berfungsi untuk melihat dan mengubah isi dokumen (word, excel, dan power point). Selain perbedaan mendasar dari Pocket PC Phone dan Smart Phone adalah pada sistem operasi, Smart Phone juga bisa menggubah data tapi tidak bisa secara keseluruhan berguna seperti mengubah data pada komputer, Pocket PC dan Pocket PC Phone. Pocket PC Phone menggunakan sistem operasi Windows Mobile. Tapi semakin lama, perbedaan Smart Phone dan Pocket PC Phone semakin pudar.

Perbedaan dengan PDA[sunting | sunting sumber]

PDA bisa juga mengubah dokumen seperti Smart Phone. Perbedaan mendasar antara Pocket PC Phone dengan PDA ada pada fungsi sebagai Personal Information manager (PIM), yaitu kalender, to-do list [2], contact list, notes, task, memo, dll. PDA lebih berfungsi sebagai PIM. Selain itu tidak semua perangkat PDA yang menggunakan Windows Mobile.

Versi Sistem Operasi[sunting | sunting sumber]

Pocket PC 2000 dan Pocket PC 2002[sunting | sunting sumber]

Pocket PC 2002 (beredar pada Oktober 2001) dan Pocket PC 2000 (beredar pada April 2000). Beberapa perangkat dari Pocket PC 2002 dijual sebagai Telepon Editions yang merupakan fungsi dari telepon genggam di samping fungsi dari PDA.

Windows Mobile 2003[sunting | sunting sumber]

Pada Windows mobile 2003 sudah ada Microsoft Outlook, Internet Explorer, Microsoft Word, Microsoft Excel, Windows Media Player, dll

Windows Mobile 5[sunting | sunting sumber]

Windows Mobile 5 merupakan pengembangan dan perbaikan dari Pocket PC 2003 SE. Pada versi sebelumnya, cara kerja penyimpanan data Pocket PC Phone tergantung pada baterai. Sistem operasi yang diinstall akan disimpan dalam RAM, artinya jika baterai habis perangkat akan kehilangan semua datanya.

Windows Mobile 5.0[sunting | sunting sumber]

Menyelesaikan masalah dari Windows Mobile 5 dengan menyimpan semua data pengguna di memori komputer. RAM digunakan hanya untuk menjalankan aplikasi. Akibatnya, membuat Windows Mobile 5.0 Pocket PC memiliki memori komputer yang besar dan RAM yang lebih kecil dibandingkan dengan perangkat sebelumnya.

Windows Mobile 6[sunting | sunting sumber]

Microsoft Windows Mobile 6, resmi dirilis oleh Microsoft pada 12 Februari 2007. Ada 3 versi “Windows Mobile 6 Standart” untuk Smart Phone, “Windows Mobile 6 Profesional” untuk Pocket PC Phone, “Windows Mobile 6 Classic” untuk Pocket PC. Cara kerja mirip dengan Windows Mobile 5 tetapi jauh lebih stabil.

Windows Mobile 6.1[sunting | sunting sumber]

Windows mobile 6.1 diumumkan pada 1 april 2008. Merupakan perkembangan dari versi 6. Perubahan besar dari Windows Mobile 6 adalah pengenalan pesan instan seperti Chat, Hyperlink, Video, Gambar, Files, Talk, dan Mobile capabilities.

Windows Mobile 6.5[sunting | sunting sumber]

Versi 6.5 adalah pengembangan dari 6.1 yang dirilis ke produsen telepon genggam tanggal 11 Mei 2009. Perangkat ini pertama dioperasikan pada akhir Oktober 2009. Fitur tambahan baru adalah Internet Explorer 6 yang memperbaiki versi sebelumnya. Versi ini dirancang agar lebih mudah menggunakan jari saat mengoperasikannya. Tetapi pada tahun itu, belum banyak produsen telepon genggam yang berhasil menerapkan versi ini pada perangkat mereka.

Windows Mobile 6.5.1[sunting | sunting sumber]

Lebih mempermudah mengoperasikan jari dengan adanya ikon (komputer) yang ada pada telepon genggam. Didukung oleh Assisted_GPS, meningkatkan pengolahan pesan.

Windows Mobile 6.5.3[sunting | sunting sumber]

Resmi diumumkan pada tanggal 2 Februari 2010. Sony Ericsson yang pertama kali menggunakannya, sehingga identik dengan Smart Phone. Menggunakan kontrol jari karena dilengkapi dengan layar sentuh yang tidak memerlukan kontrol stylus.

Windows Mobile 6.5.5[sunting | sunting sumber]

Sudah bocor sejak awal 2010 dan telah keluar versi ilegal pada beberapa Windows Mobile Phone. Ini memiliki beberapa fitur baru seperti Office Mobile 2010 [3].

Pangsa pasar[sunting | sunting sumber]

Pocket PC Phone memiliki harga yang lebih mahal dibanding Smart Phone versi Windows Mobile. Para eksekutif yang memerlukan telepon genggam sekaligus komputer dengan fitur built-in menjadi segmentasi dari Pocket PC Phone. Layarnya besar dan biasanya memiliki keyboard, sehingga cocok bagi yang harus membaca dokumen – dokumen besar lalu mengubahnya, menonton video, dan browsing web.

Vendor[sunting | sunting sumber]

Beberapa perusahaan telepon genggam yang memproduksi Pocket PC Phone adalah :

  1. O2 [4]. O2 adalah penyedia telepon genggam dan layanan broadband bagi konsumen dan para pebisnis di Inggris. Telepon genggam O2 ada yang PDA dan Pocket PC Phone. Beberapa model Pocket PC Phone pada O2 : O2 XDA SERRA [5] , O2 XDA NEO [6] , O2 XDA TRION [7].
  2. HTC [8]. HTC merupakan salah satu perusahaan ponsel yang berasal dari Asia. Pocket PC Phone dari HTC salah satunya adalah HTC advantage X7500 [9].
  3. DOPOD. DOPOD adalah produsen telepon genggam yang berbasis Windows Mobile. Dopod berasal dari Taiwan dan sudah beredar di Asia serta Australia. Dopod juga memiliki Pocket PC Phone dan PDA yang sistem operasinya Windows Mobile. Salah satu bentuk Pocket PC Phone dari Dopod adalah DOPOD U1000 [10].

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]