Sigeberht dari Anglia Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sigeberht atau Sigebert (juga dikenal sebagai Santo Sigebert), (bahasa Inggris Kuno: Sigebryht) adalah raja Anglia Timur pada awal 630-an. Pemerintahannya, terutama dikenal berkat Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum Beda Venerabilis, ditandai dengan konversi definitif kerajaannya ke agama Kristen.

Menurut sumber, Sigeberht adalah putra atau menantu Rædwald. Namanya menunjukkan hubungan dengan Kerajaan Essex atau Dinasti Meroving. Diasingkan di Franka di bawah pemerintahan Earpwald[note 1], putra dan penerus Rædwald[2], ia menerima baptisan dan pendidikan Kristen di sana. Dia naik takhta Anglia Timur setelah kematian Earpwald. Dari aksesi, ia meminta Félix dari Bourgogne[3] untuk menginjili kerajaannya. Dia mendirikan sekolah untuk mengajar bahasa Latin, dengan model yang dia kenal di Kerajaan Orang Franka.

Pada sekitar 632 atau 634, dia turun takhta demi Ecgric, yang sebelumnya memerintah bersamanya, dan mengundurkan diri ke biara. Beberapa tahun kemudian, Anglia Timur diserang oleh tentara Penda[4][5], raja Mercia. Sigeberht ditarik keluar dari pensiun untuk memimpin mantan rakyatnya ke dalam pertempuran, tapi dia dan Ecgric dikalahkan dan dibunuh. Dia dihormati sebagai martir setelah kematiannya[6].

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bede, ii, 15: 'His temporibus regno Orientalium Anglorum, post Erpualdum Redualdi successorem, Sigberct frater eius praefuit, homo bonus ac religiosus'. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "East Anglia". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

  1. ^ Bede 1999, ii, 15.
  2. ^ 'His son, Eorpwald, embraced pure Christianity, and poured out his immaculate spirit to God, being barbarously murdered by the heathen Richbert. To him succeeded Sigebert, his brother by the mother's side.' William of Malmesbury's Chronicle of the Kings of England chapter 5 p.89 (a 1904 translation).
  3. ^ Plunkett 2005, hlm. 73, 102.
  4. ^ Henry of Huntingdon 1996, hlm. 121.
  5. ^ Plunkett, Suffolk in Anglo-Saxon Times, p.115: 'Thus came about the saying, that the slaying of Anna, of Sigeberht and Ecgric, and of Oswald and Eadwine, in Winwed amne vindicata est.'
  6. ^ Bede, iii., 18.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]