Shirobako

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shirobako
Poster promosional
GenreDrama, Komedi[1]
Manga
Shirobako: Kaminoyama Kōkō Animation Dōkōkai
PengarangKenji Sugihara
IlustratorMizutama
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki Daioh
DemografiShōnen
Terbit27 September 2014 – sekarang
Volume1
Seri anime
SutradaraTsutomu Mizushima
ProduserWarner Entertainment Japan
SkenarioMichiko Yokote
MusikShirō Hamaguchi
StudioP.A.Works
Pelisensi
Sentai Filmworks
Saluran
asli
Tokyo MX, TVA, MBS, TUT, BS Fuji, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Crunchyroll
Tayang 9 Oktober 2014 26 Maret 2015
Episode24
Novel
Shirobako Introduction
PengarangMichiko Itō
Hajime Tanaka
PenerbitShueisha
ImprintJump j Books
DemografiMale
Terbit27 Januari 2015
Video animasi orisinal
Exodus! Episode 1: Exit Tokyo
SutradaraTsutomu Mizushima
SkenarioMichiko Yokote
MusikShirō Hamaguchi
StudioP.A.Works
Pelisensi
Sentai Filmworks
Tayang25 Februari 2015
Durasi25 menit
Video animasi orisinal
The Third Girls Aerial Squad Episode 1
SutradaraTsutomu Mizushima
SkenarioMichiko Yokote
MusikShirō Hamaguchi
StudioP.A.Works
Pelisensi
Sentai Filmworks
Tayang29 Juli 2015
Durasi25 menit
 Portal anime dan manga

Shirobako adalah sebuah serial anime televisi Jepang yang diproduksi oleh Warner Entertainment Japan dan studio P.A.Works. Serial ini didireksi oleh Tsutomu Mizushima dan tayang di Jepang sejak 9 Oktober 2014 dan 26 Maret 2015. Sebuah adaptasi manga memulai serialisasi di majalah Dengeki Daioh pada September 2014, dan sebuah novel diterbitkan oleh Shueisha pada Januari 2015.

Judul Shirobako merujuk pada video yang disebarkan kepada para staf produksi sebelum penayangan di televisi. Video-video ini pada saat itu berupa kaset VHS yang dibungkus dengan kotak berwarna putih dan sering disebut sebagai "kotak putih" (arti kata shirobako) walaupun sebenarnya pembungkus putih tersebut sudah tidak digunakan lagi.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita ini mengikuti kisah lima orang sahabat, Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Shizuka Sakaki, Misa Tōdō, dan, Midori Imai, dimana kelima gadis tersebut terjun ke industri anime setelah pengalaman mereka di klub animasi saat masa sekolah. Serial ini menampilkan masalah dan kesulitan sehari-sehari dalam pekerjaan mereka masing-masing, begitu juga dengan usaha mereka untuk mengatasinya. Cerita lebih berfokus pada Aoi dan staf lainnya di sebuah studio animasi bernama Musashino Animation.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Aoi Miyamori (宮森 あおい, Miyamori Aoi)
Pengisi suara: Juri Kimura[3]
Aoi adalah seorang asisten produksi di Musashino Animation[3] dan kemudian menjadi manajer produksi. Ia adalah mantan anggota klub animasi SMA Kaminoyama dan dipanggil oleh "Aoi" oleh Ema dan Shizuka, "Oi" oleh Misa dan Midori. Ia telah bekerja di Musashino Animation selama satu setengah tahun, ia memiliki keterampilan mengemudi yang bagus dan diakui oleh rekan kerjanya Erika Yano dan Tatsuya Ochiai bahwa ia merupakan orang yang cocok berada di industri produksi. Walaupun, ia belum menentukan keputusan pekerjaan apa yang akan ia ambil di industri anime.
Ema Yasuhara (安原 絵麻, Yasuhara Ema)
Pengisi suara: Haruka Yoshimura[4]
Ema adalah seorang key animator di Musashino Animation dan mantan anggota klub animasi SMA Kaminoyama. Ia kemudian dipromosikan ke posisi assistant general animation supervisor untuk The Third Aerial Girls Squad. Ia mengagumi pekerjaan seniornya Rinko Ogasawara, who is her higher-up.
Shizuka Sakaki (坂木 しずか, Sakaki Shizuka)
Pengisi suara: Haruka Chisuga
Shizuka adalah seorang pengisi suara di Akaoni Production dan mantan anggota di klub animasi SMA Kaminoyama. Ia dipanggil "Zuka" oleh teman-temannya. Ia juga bekerja paruh waktu sebagai seorang pramusaji. Peran penting pertamanya adalah sebagai Lucy Weller, sebuah karakter yang tampil di episode terakhir adaptasi anime The Third Girls Aerial Squad.
Misa Tōdō (藤堂 美沙, Tōdō Misa)
Pengisi suara: Asami Takano
Misa adalah seorang 3D computer graphics operator dan mantan anggota klub animasi SMA Kaminoyama. Ia sebelumnya pernah bekerja di stusio grafik komputer bernama Super Media Creations, namun kemudian ia keluar dari perusahaan tersebut karena tidak puas dengan pekerjaannya dan kemudian bekerja di Studio Kanabun. Ia dipanggil "Mii" oleh teman-temannya, awalnya ia bingung memilih antara bekerja dalam bidang 2D atau 3D, namun kemudia berhasil memilih setelah terinspirasi gambar Ema.
Midori Imai (今井 みどり, Imai Midori)
Pengisi suara: Hitomi Ōwada
Midori adalah seorang mahasiswa yang bercita-cita menjadi penulis naskah. Ia adalah mantan anggota klub animasi SMA Kaminoyama dan dipanggil "Rii" oleh teman-temannya. Ia merupakan yang termuda di kelompok tersebut. Ia sangat antusias dalam melakukan riset dan kkemudian mendapatkan julukan "Diesel" setelah membantu dalam Musashino Animation saat membuat permintaan informal untuk melakukan riset tentang mesin demi kepentingan produksi The Third Girls Aerial Squad!. Ia kemudian beekerja di Musashino sebagai seorang instruktur latar dan kemudian membantu dalam ordering naskah.

Media[sunting | sunting sumber]

Media cetak[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga berjudul Shirobako: Kaminoyama Kōkō Animation Dōkōkai (SHIROBAKO 〜上山高校アニメーション同好会〜), ditulis oleh Kenji Sugihara dan diilustrasikan oleh Mizutama, memulai serialisasi pada majalah Dengeki Daioh edisi November 2014.[5] Sebuah manga pendek yang didasarkan pada The Third Girls Aerial Squad didistibusikan oleh Takeshi Nogami di Comiket 88 pada Agustus 2015.[6]

Sebuah adaptasi novel dengan 224 halaman, berjudul Shirobako Introduction dan ditulis oleh Michiko Itō danHajime Tanka, diterbitkan ooleh Shueisha pada 27 Januari 2015.[7]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial anime televisi diprodksi oleh Warner Entertainment Japan dan P.A.Works. Didireksi oleh Tsutomu Mizushima[8] dan ditulis oleh Michiko Yokote, dengan musik yang diproduksi oleh Shirō Hamaguchi. Serial ini tayang di Tokyo MX sejak 9 Oktober 2014 hingga 26 Maret 2015. Episode OVA yang menampilkan nime fiksi dalam serial ini dimasukkan dalam Blu-ray Disc/DVD volume 3 dan 7, dirilis pada 25 Februari 2015 dn 29 Juli 2015.

Untuk 12 episode pertama, lagu tema pembuka yang digunakan adalah "Colorful Box" oleh Yoko Ishida,[5] sementara lagu tema penutupnya adalah "Animetic Love Letter" yang dinyanyikan oleh Juri Kimura, Haruka Yoshimura, dan Haruka Chisuga. Untuk episode pertama, lagu teman pembukanya adallah "I'm Sorry Exodus" yang dinyanyikan oleh Tracy (Mai Nakahara, Shizuka Itō, dan Ai Kayano), yang kemudian menjadi lagu tema pembuka dalam episode OVA pertama. Untuk episode 13 dan seterusnya, lagu tema pembuka yang digunakan adalah "Takarabako (Treasure Box)" oleh Masami Okui, sementara lagu penutupnya adalah "Platinum Jet" oleh Donuts Quintet (Kimura, Yoshimura, Chisuga, Asami Takano, dan Hitomi Ōwada). Lagu tema penutup untuk episode 19 adalah "Yama Harinezumi Andes Chucky" oleh Miyuki Kunitake. Lagu penutup dalam episode OVA pertama adalah "C Melo kara Ai o Komete" oleh Mai Nakahara. Untuk episode OVA kedua, lagu tema pembukanya adalah "Alice in Blue" dan lagu tema penutupnya adalah "Angel Fly"; keduanya dinyanyikan oleh Rita.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Dalam ulasan oleh Anime News Network, pengulas Rose Bridges memberi seri ini peringkat A dan memujinya karena konsep dan pengembangan karakternya. Dia secara khusus memuji karakterisasi dan pengembangan karakter utama Aoi Miyamori. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa kehadiran "Shirobako mencerahkan dunia anime, jadi saya harap ini bukan akhir. Saya senang anime tersebut dapat mengubah dunia anime." Bridges juga menyinggung kemungkinan musim kedua beberapa kali dalam ulasannya.[9]

Shirobako memenangkan Animation Kobe Television Award 2015.[10] Anime ini juga memenangkan penghargaan sebagai Animation of the Year pada Tokyo Anime Award 2016[11] dan Penghargaan Karya Rekomendasi Komite Departemen Animasi pada Festival Seni Media Jepang ke-19.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shirobako". Google Play. 20 Maret 2015. Diakses tanggal March 30, 2015. 
  2. ^ "Concept" (dalam bahasa Japanese). Shirobaco. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-11. Diakses tanggal 25 Desember 2014. 
  3. ^ a b "キャラクター|TVアニメ「SHIROBAKO」公式サイト" (dalam bahasa Japanese). P.A.Works. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-22. Diakses tanggal 5 Mei 2015. 
  4. ^ "キャラクター|TVアニメ「SHIROBAKO」公式サイト" (dalam bahasa Japanese). P.A.Works. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-22. Diakses tanggal 5 Mei 2015. 
  5. ^ a b "P.A. Work's Shirobako TV Anime's 1st Promo Streamed". Anime News Network. 18 Agustus 2014. Diakses tanggal 17 September 2014. 
  6. ^ "Shirobako's Show Within a Show Gets Short Manga". Anime News Network. 19 Agustus 2015. Diakses tanggal 19 Agustus 2015. 
  7. ^ "P.A. Works' Shirobako TV Anime Inspires Novel". Anime News Network. 12 Desember 2014. Diakses tanggal 28 Desember 2014. 
  8. ^ "Girls und Panzer's Mizushima, P.A. Works Collaborate for SHIROBAKO Original TV Anime". Anime News Network. August 8, 2014. Diakses tanggal August 8, 2014. 
  9. ^ "Episode 24 - Shirobako". Anime News Network. March 28, 2015. Diakses tanggal September 28, 2015. 
  10. ^ "Shirobako, New Ghost in the Shell Film, Seiji Mizushima Win Anime Kobe Awards". Anime News Network. 10 November 2015. Diakses tanggal 13 Januari 2016. 
  11. ^ "TAAF2016 3日目開催レポート" (dalam bahasa Jepang). Tokyo Anime Award Festival. Diakses tanggal July 7, 2016. 
  12. ^ "SHIROBAKO - Jury Recommended Works - 19th 2015". Japan Media Arts Festival. February 2, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 August 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]