Shapour Bakhtiar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shapour Bakhtiar
ke-74 Perdana Menteri Iran
Masa jabatan
4 Januari 1979 – 11 Februari 1979
Penguasa monarki Mohammad Reza Pahlavi
Didahului oleh Gholam Reza Azhari
Digantikan oleh Mehdi Bazargan
Deputy Minister of Labor
Masa jabatan
1 Juli 1952 – 9 April 1953
Penguasa monarki Mohammad-Reza Shah
Perdana Menteri Mohammad Mossadegh
Leader of National Resistance
Masa jabatan
1 Oktober 1979 – 6 Agustus 1991
Didahului oleh Party created
Digantikan oleh Goudarz Bakhtiar
Informasi pribadi
Lahir 26 Juni 1914
Izeh, Iran (Persia)
Meninggal 6 Agustus 1991 (umur 77)
Paris, France
Partai politik National Front
National Resistance Movement
Suami/istri Mowjgan Vahedi
Agama Agnostic

Dr. Shapour Bakhtiar (juga dieja Shapur Bakhtiar) (1914 atau 1915-6 Agustus 1991) adalah seorang politikus Iran dan Perdana Menteri Iran terakhir di bawah Shah Mohammad Reza Pahlavi.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Shapour Bakhtiar dilahirkan pada 1914 atau 1915 di Iran barat daya. Orangtuanya adalah Mohammad Reza (Sardar-e-Fateh) dan Naz-Baygom, keduanya Bakhtiari. Kakek Bakhtiar dari pihak ibunya, Najaf-Gholi Samsam ol-Saltaneh, dua kali diangkat sebagai perdana menteri, pada 1912 dan 1918. Ibu Bakhtiar meninggal dunia ketika ia baru berusia tujuh tahun. Pendidikan Sekolah Dasarnya ditempuhnya di Shahr-e Kord sementara sekolah menengah mula-mula di Isfahan dan belakangan di Beirut, Lebanon. Dari sini ia mendapatkan ijazah Sekolah Menengah Atas dari sebuah sekolah berbahasa Prancis.

Di Prancis[sunting | sunting sumber]

Pada 1936 ia berangkat ke Prancis. Ia mendapat gelar PhD dalam ilmu politik dari Sorbonne pada 1939 serta gelar dalam ilmu hukum dan filsafat. Sebagai lawan yang gigih terhadap semua bentuk pemerintahan totaliter, ia menjadi relawan untuk Tentara Prancis dan kemudian berperang bersama kaum pemberontak melawan pendudukan oleh Jerman di batalyon Orleans.

Karier politik di Iran[sunting | sunting sumber]

Shapur Bakhtiar kembali ke Iran pada 1946. Pada 1951 ia ditunjuk oleh Departemen Perburuhan, mula-mula sebagai direktur dari Departemen Perburuhan di Provinsi Isfahan, dan kemudian ia bahkan mengepalai Departemen Perburuhan di Khuzestan, pusat industri minyak. Pada 1953 Mohammad Mosaddeq memegang kekuasaan untuk sementara waktu di Iran, sebelum ia kemudian digulingkan. Ketika Mosaddeq menjadi Perdana Menteri, Bakhtiar menjadi wakil menteri perburuhan. Setelah Shah dikembalikan ke dalam kedudukannya oleh suatu kudeta yang disponsori bersama oleh Britania dan Amerika Serikat, Bakhtiar tetap kritis terhadap pemerintahannya. Pada tahun-tahun berikutnya ia berulang kali dipenjarakan, yang keseluruhannya mencapai enam tahun, karena oposisinya terhadap Shah. Ia bahkan mencapai kedudukan sebagai wakil kepala dari Front Nasional yang ilegal.

Pada akhir 1978, ketika kekuasaan Shah semakin memudar, karena Bakhtiar merupakan seorang pemimpin dalam perlawanan, ia dipilih untuk menolong membentuk sebuah pemerintahan sipil sebagai ganti pemerintahan militer, yang telah berkuasa hingga saat itu. Ia diangkat menjadi Perdana Menteri oleh Shah, sebagai konsesi terhadap lawan-lawannya, khususnya para pengikut Ayatollah Ruhollah Khomeini. Meskipun hal ini menyebabkan ia dikeluarkan dari Front Nasional, ia menerima penunjukan ini, karena ia takut bahwa revolusi akan pecah dan menyebabkan kaum komunis dan para mullah akan mengambil alih negara, yang dianggapnya akan meruntuhkan Iran. Bakhtiar membuat sejumlah kesalahan penting pada masa jabatannya sebagai perdana menteri, termasuk mengizinkan Khomeini kembali ke Iran. Kaum oposisi menolak untuk berkompromi dan Shah dipaksa meninggalkan negara itu pada Januari 1979; Bakhtiar meninggalkan Iran sekali lagi dan pergi ke Prancis pada April tahun yang sama.

Pembuangan di Prancis[sunting | sunting sumber]

Dari Paris, Shapour Bakhtiar memimpin Gerakan Perlawanan Nasional Iran, yang berjuang melawan Republik Islam di tanah airnya. Pada Juli 1980 ia lolos dari sebuah usaha pembunuhan di rumahnya di sebuah pinggiran kota Paris, Suresnes, yang menyebabkan kematian seorang polisi dan seorang tetangga. Namun pada 7 Agustus 1991, Bakhtiar dibunuh bersama dengan sekretarisnya Soroush Katibeh oleh tiga orang pembunuh, di rumahnya. Salah seorang pembunuhnya belakangan ditangkap di Swiss dan diekstradisi ke Prancis. Pada pengadilannya pada 1994, ia mengakui bahwa ia dikirim oleh pemerintah Iran untuk membunuh Bakhtiar. Ada tuduhan yang mengatakan bahwa Dinas rahasia Prancis ikut serta dalam pembunuhan tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Karya yang diterbitkan[sunting | sunting sumber]

  • Memoirs of Shapour Bakhtiar, Harvard University Press, 1996 (disunting oleh Habib Ladjevardi)
Didahului oleh:
Gholamhossein Azhari
Perdana Menteri Iran
1979
Diteruskan oleh:
Mehdi Bazargan