Sesepan, Balapulang, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sesepan
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Tegal
Kecamatan Balapulang
Kodepos 52464
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Sesepan adalah sebuah desa di kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia.

Terletak 5 km di sebelah selatan ibukota Kecamatan Balapulang dan 15 km sebelah selatan Ibukota Kabupaten Tegal, Slawi. Ada beberapa jalan akses masuk ke desa ini, yang paling utama adalah jalan masuk di sebelah timur desa yaitu Jalan Kama (Arkama). Dari sebelah utara desa, akses masuk dari Kota Balapulang melewati Desa pamiritan dan Wringin Jenggot serta dari sebelah barat bisa melalui jalan masuk Desa Harjowinangun. Bersuhu relatif hangat (tidak panas dan dingin)> dari desa ini kurang lebih 10 km ke arah selatan kita dapat menemui obyek wisata Pemandian Air Panas Guci yang terkenal di wilayah Tegal dan sekitarnya. Berpenduk sebagian besar berprofesi sebagai petani dengan komoditas utama berupa padi, jagung dan singkong. Selain itu ada juga tanaman tebu dan pohon randu yang menghasilkan kapok randu yang bagus kualitasnya. Namun dari desa yang sederhana ini memiliki putra-putri daerah berpendidikan lulusan D-3, S-1, S-2 bahkan S-3, sehingga tidak berlebihan disebut sebagai desa yang banyak menelorkan sarjana di wilayah Kecamatan Balapulang. Sosok yang pernah menjadi Ketua Kelompok Tani diantaranya adalah H. Ali Sudigyo(Alm).

Sebagai wilayah demokrasi pemetaan Sesepan terhadap dukungan partai politik tersebar merata dengan didominasi oleh partai-partai besar yaitu Golkar, PDI.P, dan PKB. saat ini Sesepan dipimpin oleh seoarang kepala desa wanita yaitu Hj. Wido Sumitri dengan dibantu para perangkat desa yang lain.

Dalam hal sanitasi Sesepan memiliki bermacam sumber mata air yang dimanfaatkan warganya antara lain sumber "Ceos". Disamping itu Sesepan memiliki sumber mata air panas "Pengasinan" yang sampai sekarang masih dimanfaatkan warga untuk mandi dan cuci, namun sayangnya belum dikelola dengan baik sebagaimana sumber air Ceos.

Dalam bidang keagamaan masyarakat Sesepan didominasi oleh agama Islam. Yang terdiri dari berbagai organisasi keislaman yang diantaranya NU (Nahdatul Ulama)dan Muhammadiyah. Walaupun berbeda-beda organisasi keislaman masyarakat sesepan sangat menghargai perbedaan tersebut, tercermin dari sikap saling menghargai antar warga desa Sesepan. Salah satu tokoh yang mendidik dalam ilmu keagamaan islam di sesepan adalah Ustadz Ismail.