Sepiring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepiring
Osmeridae

Pond smelt (Hypomesus olidus)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoOsmeriformes
FamiliOsmeridae
Jordan, 1923
Genera
Allosmerus

Hypomesus
Mallotus
Osmerus
Spirinchus

Thaleichthys

Sepiring atau smelt adalah keluarga ikan kecil, Osmeridae, ditemukan di samudra Atlantik Utara dan Pasifik Utara, serta sungai, sungai kecil, dan danau di Eropa, Amerika Utara, dan Asia Timur Laut.

Beberapa spesies sepiring umum ditemukan di Danau Besar Amerika Utara, dan di danau serta lautan di bagian utara Eropa, tempat mereka berkumpul dalam kelompok besar di sepanjang garis pantai air asin selama migrasi musim semi ke aliran pemijahan. Di beberapa bagian barat Amerika Serikat, populasi spesies sepiring telah menurun drastis dalam beberapa dekade terakhir, sehingga mereka dilindungi berdasarkan Undang-Undang Spesies Terancam Punah (Endangered Species Act). Sepiting delta ( Hypomesus transpacificus ) yang ditemukan di Sacramento Delta California, dan eulakon ( Thaleichthys pacificus ) yang ditemukan di Pasifik Timur Laut dan sungai-sungai di sekitarnya, keduanya dilindungi dari pemanenan.

Beberapa spesies ikan sepiring termasuk di antara sedikit ikan yang boleh dijaring oleh olahragawan, menggunakan jaring celup genggam, baik di sepanjang garis pantai atau di sungai. Beberapa olahragawan juga membuat es ikan untuk ikan sepiring. Mereka sering digoreng dan dimakan utuh.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Secara ukuran, sebagian besar spesies jarang melebihi 20 sentimeter (8 inci), meskipun beberapa tumbuh lebih besar. Beberapa betina sepiring Eropa bisa mencapai 25–40 cm (9,8–15,7 inci) panjangnya.[1]

Seperti salmon, banyak spesies bersifat anadromis, hidup sebagian besar hidupnya di laut, tetapi melakukan perjalanan ke air tawar untuk berkembang biak. Namun, beberapa pengecualian, seperti sepiring laut, menghabiskan seluruh hidupnya di laut. [2]

Menjaring ikan sepiring[sunting | sunting sumber]

Di provinsi Kanada dan negara bagian AS di sekitar Great Lakes, "menjaring ikan sepiring" adalah olahraga kelompok yang umum dilakukan di awal musim semi dan ketika air sungai mencapai sekitar 4 °C (39 °F) . Ikan dilihat menggunakan senter atau lampu depan dan dikeluarkan dari air menggunakan jaring celup yang terbuat dari nilon atau jaring logam. Ikan sepiring kemudian dibersihkan dengan membuang kepala dan isi perut. Sirip, sisik, dan tulang semuanya kecuali yang ikan sepiring terbesar dimasak tanpa dibuang. [3]

Di pantai Maine, ikan sepiring juga merupakan tanda datangnya musim semi, seiring dengan mengalirnya ikan-ikan kecil ini ke muara pasang surut yang kecil. Banyak dari aliran sungai ini yang cukup sempit sehingga seseorang dapat mewadahinya dan mendapatkan hasil tangkapan yang bagus dengan mencelupkan ember. [4]

Sebagai makanan[sunting | sunting sumber]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Ikan sepiring adalah tangkapan musim dingin yang penting di muara sungai air asin di New England dan Provinsi Maritim Kanada . Nelayan secara historis pergi ke lokasi adat di atas es menggunakan kuda dan kereta luncur. Ikan sepiring yang diambil dari air asin dingin lebih disukai daripada ikan sepiring yang diambil dari air hangat. Ikan tersebut tidak memiliki harga yang tinggi di pasaran, namun menjadi sumber penghasilan tambahan karena melimpah. Ikan sepiring kemudian "dibekukan dengan cepat" hanya dengan membiarkannya di atas es dan kemudian dijual kepada pembeli ikan yang datang ke sungai.

Saat ini, ikan sepiring ditangkap baik secara komersial menggunakan jaring di laut, maupun untuk rekreasi dengan menggunakan jaring tangan atau menusuk atau memancingnya melalui lubang di es sungai. Mereka sering menjadi sasaran ikan di desa-desa 'gubuk pemancingan' kecil yang bermunculan di sepanjang sungai yang membeku. Cara umum untuk menyiapkannya adalah dengan menggoreng tepung dan mentega, atau menggoreng dengan adonan, dan terkadang dimasak langsung dari air di atas kompor kecil di gubuk.

Asia Timur[sunting | sunting sumber]

Ikan sepiring kering

Ikan sepiring populer di Jepang, sebagai spesies Sprinchus lanceolatus, dan umumnya disajikan dengan cara dipanggang, disebut shishamo, terutama jika diisi dengan telur.

Telur ikan sepiring khususnya dari capelin, disebut masago dalam bahasa Jepang, berwarna kuning hingga oranye dan sering digunakan dalam sushi .

Ikan sepiring juga disajikan di restoran dim sum, digoreng dengan kepala dan ekor utuh yang dikenal sebagai duō chūn yú (多春魚) atau duō luǎn yú (多卵魚), yang secara longgar diterjemahkan sebagai "ikan dengan banyak telur". [5]

Ikan sepiring dalah salah satu spesies ikan utama yang dimakan di Tamil Nadu sebagai benih Nethili, Nethili karuvadu (ikan kering), pesisir Karnataka, terutama di wilayah Mangalore dan Udupi, biasanya digoreng dengan kepala dan ekor dibuang atau dalam kari. Mereka disebut 'Bolingei' (ಬೊಳಂಜೆ) di Kannada dan Tulu dan 'MotiyaLe' di Konkani .

Festival[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ An endangered regional cuisine in Sweden: the decline in use of European smelt, Osmerus eperlanus (L., 1758), as food stuff
  2. ^ McDowell, Robert M. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 116. ISBN 0-12-547665-5. 
  3. ^ Hassan, Gillani. "Smeltdown: Small fish continues Great Lakes vanishing act". freep. Keith MathenyDetroit Free Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2022. Diakses tanggal 21 December 2020. 
  4. ^ Hassan, Gillani. "Smeltdown: Small fish continues Great Lakes vanishing act". freep. Keith MathenyDetroit Free Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 November 2022. Diakses tanggal 21 December 2020. 
  5. ^ "[Japan Smelt fishing Popularity Ranking] Ice / Dome Boat Tour! Lake Leisure A thorough introduction to winter tradition of smelt fishing! | Activity Japan". Activity Japan. Unknown. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 October 2020. Diakses tanggal 21 December 2020.