Danau-Danau Besar (Amerika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Danau-Danau Besar (Bahasa Inggris: Great Lakes) adalah kelompok lima danau besar di Amerika Utara di atau dekat perbatasan Kanada-Amerika Serikat. Nyatanya semuanya adalah danau air tawar terbesar di bumi. 4 dari 5 danau-danau besar berada di Kanada sekaligus Amerika Serikat.

Pemandangan Danau-danau Besar dari foto satelit

Danau Michigan merupakan satu-satunya danau besar yang seluruh wilayahnya berada di Amerika Serikat. Sistem Danau-Danau Besar ini adalah sistem air tawar terbesar di dunia. Mereka kadang dijuluki dengan laut dalam daratan (inland seas). Danau-Danau Besar berakhir di Samudra Atlantik melalui Sungai St. Lawrence.

Danau-danau[sunting | sunting sumber]

Danau-Danau Besar terdiri dari:

Danau Superior[sunting | sunting sumber]

Danau ini memiliki volume yang terbesar dan terdalam, lebih besar dari Skotlandia atau South Carolina, terentang sepanjang 31.700 mil² (82.100 km²). Memiliki pelabuhan utama yaitu Duluth, Minnesota; Superior, Wisconsin dan Thunder Bay, Ontario.

Etienne Brule adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi danau ini, namun penduduk asli Ojibwa dan Menominee tinggal di sana selama berabad-abad sebelum kedatangan orang Eropa pada tahun 1623.

Danau Michigan[sunting | sunting sumber]

Danau ini memiliki volume air terbesar kedua dan area terbesar ketiga (seluas 22.400 mil² atau 58.000 km²); dan satu-satunya yang seluruh kawasan danau masuk dalam wilayah Amerika Serikat. Setelah Danau Victoria di Afrika, maka Danau Michigan menduduki urutan keempat terbesar di dunia.

Danau Michigan dijelajahi pada tahun 1634 oleh Jean Nicolet, memiliki panjang 494 km, lebar 190 km, dan kedalaman 870 kaki (265 m), pada titik terdalam. Pelabuhan utamanya adalah Chicago, Illinois; Milwaukee, Wisconsin; Gary, Indiana dan South Bend, Indiana.

Danau Huron[sunting | sunting sumber]

Danau ini memiliki volume air terbesar ketiga dan area terbesar kedua (seluas 23.000 mil² atau 59.600 km²). Setelah Danau Victoria di Afrika, maka Danau Huron menduduki urutan ketiga terbesar di dunia.

Dikunjungi oleh Etienne Brule dan Samuel de Champlain sekitar tahun 1610, maka Danau Huron mungkin adalah Danau Besar pertama yang pernah disaksikan oleh para penjelajah dari Eropa. Danau ini memiliki panjang 515 km, lebar 190 km, dan pada titik terdalam mencapai kedalaman 750 kaki (230 m). Pelabuhan utamanya di danau ini adalah London, Ontario dan Bay City, Michigan.

Danau Erie[sunting | sunting sumber]

Danau dengan urutan areal keempat seluas 9.900 mil² (25.600 km²) yang memiliki panjang 388 km, dan lebar 91 km, dengan pelabuhan utamanya di Cleveland, Ohio dan Buffalo, New York. Danau Erie adalah kancah pertempuran laut penting Anglo-Amerika selama perang tahun 1812.

Danau Ontario[sunting | sunting sumber]

Danau ini memiliki volume air terkecil kedua dan luas terkecil (seluas 7.500 mil² atau 19.500 km²), dan panjang 311 km, serta lebar 85 km. Pelabuhan utamanya adalah Hamilton dan Toronto, Ontario. Danau ini satu-satunya Danau Besar yang tidak beku selama musim dingin.


Profil sistem Danau-Danau Besar

Air mengalir dari Danau Superior dan Danau Michigan ke Danau Huron; lalu melalaui Sungai Detroit ke Danau Erie; lalu melalui Air terjun Niagara ke Danau Ontario; dan kemudian melalui Sungai Saint Lawrence menuju Samudera Atlantik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Danau-danau Besar