Sepak bola arena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepak bola arena
Pertandingan sepak bola arena antara Dallas Sidekicks dan Texas Strikers di Allen Event Center, pada tahun 2013.
Nama lainSepak bola dalam ruangan
Karakteristik
Kontak fisikPenuh
Anggota tim5–7 per sisi (termasuk penjaga gawang)
Gender campuranTidak, kompetisi dipisah
KategoriOlahraga tim, olahraga bola
PeralatanBola sepak
Tempat bertandingLapangan sepak bola dalam ruangan
Keberadaan
OlimpiadeTidak
ParalimpiadeYa

Sepak bola arena (juga dikenal sebagai sepak bola dalam ruangan, atau sepak bola cepat) adalah jenis sepak bola asosiasi yang diadaptasi untuk dimainkan di arena dalam ruangan yang bertembok. Sepak bola arena, seperti yang paling sering dikenal di Amerika Serikat dan Kanada, pada awalnya dikembangkan di kedua negara tersebut sebagai cara bermain sepak bola selama bulan-bulan musim dingin, ketika salju membuat permainan di luar menjadi sulit. Di negara-negara tersebut, gimnasium diadaptasi untuk permainan sepak bola dalam ruangan. Di negara lain, permainan ini dimainkan di arena dalam atau luar ruangan yang dikelilingi oleh tembok, dan disebut dengan nama yang berbeda (seperti sepak bola cepat (Spanyol: futbol rapido) di Meksiko, Futebol Society atau showbol di Amerika Selatan,[1] dan futbol indoor di Spanyol).

Sepak bola arena memiliki peraturan berbeda dari versi lain dari sepakbola asosiasi biasa, yang dirancang untuk permainan dalam ruangan, seperti futsal dan sepak bola lima sisi. Tidak seperti futsal, yang dimainkan di permukaan kayu atau keramik, sepak bola dalam ruangan dimainkan di rumput sintetis (atau, dalam kasus sepak bola variasi Master Britania yang memakai karpet sintetis).[2] Lapangan sepak bola arena dibatasi oleh dinding atau garis, dan tidak ada aturan lemparan ke dalam lapangan.

FIFA, badan internasional yang mengawasi kompetisi sepak bola asosiasi internasional, tidak mengatur sepak bola arena versi rumput sintetis, karena telah mengembangkan kode sepak bola dalam ruangannya sendiri (yang sering disebut sebagai futsal).

Sepak bola arena paling populer di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dengan beberapa liga amatir, perguruan tinggi, dan profesional berfungsi. Sementara pada level internasional, permainan ini tidak sepopuler futsal, walaupun sepak bola arena juga dimainkan di tingkat liga di banyak negara di luar Amerika Utara. Federasi Sepak Bola Mini Dunia (WMF) adalah badan sepak bola dalam ruangan tingkat internasional, menggantikan Federasi Sepak Bola Cepat Internasional (FIFRA).

Istilah sepak bola mini, yang awalnya diciptakan di Eropa, telah diadopsi oleh WMF sebagai nama standar internasional untuk olahraga tersebut.

Sepak bola arena di berbagai negara[sunting | sunting sumber]

Kompetisi internasional[sunting | sunting sumber]

Sepak bola arena dimainkan di beberapa negara. Yang terkini, federasi terkenal yang berdedikasi mempromosikan sepak bola ini adalah Federasi Sepak Bola Mini Dunia (WMF), berbasis di Swiss. WMF menggantikan Federasi Sepak Bola Cepat Internasional (FIFRA), yang bermarkas di Meksiko dan kemudian, Amerika Serikat. Ada juga federasi regional yang mengatur olahraga ini termasuk: Federasi Bola Tenis Afrika (AMF), Konfederasi Minifootball Asia (AMC), Confederación Panamericana de Minifútbol (CPM), Federasi Sepak Bola Eropa (EMF), Federasi Sepak Bola Eropa (OMF).

Selama keberadaannya, FIFRA menyelenggarakan beberapa turnamen sepak bola dalam ruangan untuk tim nasional, termasuk Kejuaraan Dunia Sepak Bola Dalam Ruangan. Satu-satunya edisi turnamen ini berlangsung di Meksiko pada tahun 1997.[3] Tidak ada kejuaraan dunia lain yang dimainkan hingga 2015, ketika Piala Dunia WMF diadakan di Amerika Serikat. Hingga 2019, tiga Piala Dunia WMF telah diselenggarakan, dengan Meksiko menjadi juara dunia terkini.[4][5][6] Piala Dunia WMF U-21 diadakan di Praha pada tahun 2018, tim Ceko menjuarai turnamen itu.[7] Piala Dunia untuk wanita direncanakan pada tahun 2021 di Kiev, Ukraina.[8]

Star Sixes, sebuah turnamen sepak bola arena untuk tim nasional dari seluruh dunia, diadakan di O2 Arena di London pada tahun 2017. Diselenggarakan di luar naungan WMF, turnamen ini menampilkan para pemain yang sebelumnya bermain di persatuan tim nasional sepak bola negara asalnya. Sebanyak dua belas tim berpartisipasi, dan Prancis memenangkan gelar tersebut.[9] Turnamen tersebut dimaksudkan agar Star Sixes menjadi acara rutin;[10][11][12] edisi kedua berlangsung pada 2019, negara Inggris memenangkan gelar tersebut.

Amerika Serikat dan Kanada[sunting | sunting sumber]

Sepak bola arena adalah olahraga umum di Amerika Serikat dan terutama Kanada, dengan liga amatir dan profesional, karena musim pendek untuk sepak bola luar ruangan di Kanada dan Amerika Serikat Bagian Utara, dan di mana-mana arena yang dibangun untuk hoki es dan bola basket yang dapat mudah dikonversi menjadi sepak bola dalam ruangan (alasan serupa mengapa lacrosse dalam ruangan lebih populer di Kanada, lapangan lacrosse lapangan di Amerika Serikat). Sepak bola dalam ruangan sangat populer di Kanada Utara karena kondisi luar ruangan yang sering tidak dapat dimainkan dan penampilannya dalam Pertandingan Musim Dingin Arktik.[13]

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Sepak bola arena atau futbol rapido juga menjadi olahraga yang populer di Meksiko, dimasukkan sebagai bagian dari Universiade (Permainan Nasional Universitas) dan CONADEIP (Turnamen Sekolah Swasta), di mana tim sekolah universitas dari seluruh Meksiko bersaing. Di Meksiko, lapangan sepak bola "dalam ruangan" sering dibangun di luar ruangan (meskipun lapangan dalam ruangan juga digunakan di beberapa turnamen). Pada tahun 2012, liga sepak bola dalam ruangan delapan tim diluncurkan, yang terdiri dari mantan pemain sepak bola asosiasi profesional dari Liga MX.[14]

Amerika Selatan[sunting | sunting sumber]

Sepak bola dalam arena dikenal di Brasil sebagai showbol, dengan beberapa liga regional saat ini. Liga nasional formal juga telah dibentuk di Bolivia, Kolombia, Uruguay, Ekuador, dan Peru. Namun, variasi sepak bola dalam ruangan yang paling umum dimainkan di Brasil adalah futsal.

Eropa[sunting | sunting sumber]

Sepak bola arena juga dimainkan di beberapa negara Eropa. Di Britania Raya, Masters Football adalah kompetisi paling terkenal. Turnamen di antara tim Master (terdiri dari mantan pemain veteran dari tim profesional dari masing-masing negara konstituen) dimainkan secara reguler. Di Spanyol, lebih dari 30 mantan profesional mewakili klub mereka di Liga Fertiberia yang memainkan varian lima anggota per tim. Federasi sepak bola arena Eropa, yang dikenal sebagai European Minifootball Federation (EMF),[15] menyelenggarakan Kejuaraan Sepak Bola Mini Eropa (miniEURO) setiap tahun, dan dalam beberapa tahun terakhir negara-negara telah membentuk asosiasi sepak bola mini nasional. EMF mengatur variasi sepak bola enam sisi dan juga dalam berbagai bentuk dan ukuran dari fasilitas besar yang dibuat khusus dengan banyak lapangan untuk sementara waktu dibagi menjadi lapangan yang lebih kecil. Olahraga ini bukan mengenai istilah yang digunakan di Rusia dan beberapa negara bekas Soviet lainnya, di mana istilah sepak bola mini merujuk sebagai futsal.

Aturan[sunting | sunting sumber]

Diagram kemungkinan lapangan sepak bola arena yang umum di Amerika Utara.

Aturan bervariasi tergantung badan atau asosiasi yang mengatur, tetapi beberapa aturan yang berbeda dari sepak bola biasanya, meliputi:

  • Lapangan. Kebanyakan lapangan sepak bola arena berbentuk persegi panjang atau lonjong, dengan lantai berjenis rumput sintetis. Di banyak liga intramural perguruan tinggi, permainan dapat dimainkan di lapangan basket, dalam hal ini lantainya terbuat dari kayu keras. Dinding (sering kali papan dasher hoki dan plexiglas yang digunakan untuk olahraga ini) membatasi lapangan. Ukuran lapangan umumnya lebih kecil dari lapangan sepak bola, dan gawang tersembunyi di dinding. Gawang juga lebih kecil dari pada sepak bola standar dan area penalti juga lebih kecil. Lapangan biasanya berukuran 200 kaki x 85 kaki (kira-kira 61 meter x 26 meter), ukuran standar untuk arena hoki di Amerika Utara.
  • Durasi. Kebanyakan permainan sepak bola arena dibagi menjadi empat perempat masing-masing 15 menit, dengan total waktu permainan 60 menit. Ada dua jeda waktu 3 menit antara perempat pertama dan kedua, ketiga dan keempat dan satu jeda waktu 15 menit antara perempat kedua dan ketiga. Jika permainan tetap seri hingga waktu habis, akan ada tambahan periode perpanjangan waktu gol emas selama 15 menit. Namun, liga amatir umumnya terdiri dari dua babak 25 menit tanpa perpanjangan waktu untuk permainan yang berakhir seri.
  • Tim. Kebanyakan permainan sepak bola arena dimainkan dengan enam pemain aktif per tim termasuk penjaga gawang dan bek atau pemain depan yang juga dikenal sebagai penyerang dan striker. Pemain pengganti diijinkan. Pada tingkat permainan yang tinggi, adalah umum bagi pemain untuk bergerak dengan lancar antar posisi alih-alih tetap statis di satu posisi.
  • Bola keluar. Bola mungkin disepak sedemikian rupa sehingga menyentuh satu atau lebih dinding tanpa penalti atau penghentian. Jika bola terbang melewati dinding atau menyentuh langit-langit, permainan dihentikan dan tim lawan yang paling terakhir menyentuh bola diberikan tendangan bebas di lokasi di mana bola meninggalkan arena atau melakukan kontak dengan langit-langit.
  • Aturan kontak fisik. Aturan kontak standar umumnya berlaku (yaitu kontak bola harus dilakukan selama permainan di atas bola, tidak ada pengisian dengan tangan atau siku, tidak ada pengisian dari belakang, tidak menahan lawan, dll.). Banyak liga melarang penggunaan tekel meluncur (sliding tackle), meskipun teknik tersebut kurang berguna pada rumput atau kayu buatan daripada di lapangan rumput alami yang licin. Jika seseorang mencoba untuk meluncur di lapangan sepak bola arena, luka lecet dan/atau luka gesek yang perih dapat terjadi.
  • Tidak ada offside. Kebanyakan liga sepak bola arena tidak menerapkan aturan offside. Beberapa liga memberlakukan "pelanggaran tiga garis", melarang pemain memainkan bola di udara dari belakang garis depan area penalti mereka sendiri di ketiga garis ke area penalti lawan. Pelanggaran seringkali berakibat pada tendangan bebas tim lawan di garis depan area penalti tim yang melanggar.

Di luar aturan umum yang telah dijelaskan di atas, olahraga sepak bola arena disusun menurut keistimewaan masing-masing liga. Sebagian besar aturan ini diadopsi dari olahraga arena lain seperti hoki es. Di bawah ini adalah daftar dari beberapa yang lebih umum:

  • Pengganti. Sebagian besar liga mengizinkan pergantian pemain tanpa batas saat bola tidak dimainkan. Beberapa mengizinkan pergantian pemain secara langsung saat permainan sedang berlangsung, asalkan satu pemain meninggalkan arena sebelum yang lain melangkah. Sebagian kecil liga membutuhkan pergantian pemain dalam pertandingan yang sedang berjalan.
  • Kartu. Selain kartu kuning dan merah tradisional dari sepak bola asosiasi, beberapa liga menyertakan kartu dengan warna ketiga (biru adalah warna yang umum dipakai) atau bentuk peringatan lain sebelum dikeluarkannya kartu kuning. Seringkali, liga dengan kartu ketiga menyertakan aturan kotak penalti, dan penerbitan kartu ketiga ini mengharuskan pemain yang dihukum untuk duduk di dalam kotak selama jangka waktu yang ditentukan (biasanya dua menit seperti di pertandingan hoki es) selama timnya bermain dengan kekurangan pemain. Dalam liga yang menggunakan sistem kartu tradisional, kartu kuning biasanya memiliki aturan kotak penalti.
  • Zona. Karena medan pendek dan dinding yang mengelilingi gawang, taktik yang umum adalah mencoba mencetak gol saat kickoff dengan menembak ke arah gawang dan menyerang gawang dengan kelima pemain non-penjaga gawang yang membanjiri pertahanan tim lain dan mencetak gol dari jarak dekat. Karena ini menghabiskan taktik dan drama permainan, banyak liga telah mengadopsi aturan zona seperti hoki es, yang mengharuskan bola tidak melewati lebih dari jarak maju tertentu ke arah gawang tanpa disentuh oleh pemain.
  • Bola. Untuk liga yang bermain di lantai kayu keras, bola biasanya dilapisi dengan kulit lunak (suede) atau penutup tanpa tanda serupa. Permukaan yang lebih keras umumnya membuat bola melenting dan lebih sulit dikendalikan, yang pada gilirannya cenderung membuat mencetak gol lebih rumit.
  • Lipatan. Beberapa liga memberlakukan zona khusus di dalam kotak penjaga gawang yang disebut lipatan. Tidak ada pemain yang boleh menembak bola dari dalam lipatan kecuali jika pemain tersebut sudah memiliki bola.
  • Skor multipoin. Beberapa liga menghargai gol yang dicetak dari jarak yang lebih jauh agar bernilai dua atau tiga poin dari belakang busur, mirip dengan 3 poin dalam permainan bola basket. Terkadang, liga dengan sistem multi-poin juga menggunakan aturan bahwa pelanggaran teknis kecil memberi tim yang tidak melanggar kesempatan untuk mencetak gol pada kiper lawan, senilai satu poin. Banyak liga mahasiswi dalam ruangan akan memberikan pemain wanita dua poin untuk mencetak satu gol.
  • Penyerang keenam. Beberapa liga mengizinkan tim yang tertinggal satu atau dua gol di akhir periode akhir untuk menggantikan penjaga gawang dengan pemain posisi keenam untuk meningkatkan pelanggarannya dalam upaya mengikat pertandingan, persis seperti yang dilakukan pada permainan hoki es dalam kondisi tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://pantelas.com.br/futebol-society-historia-e-regras/
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-09. Diakses tanggal 2020-08-07. 
  3. ^ http://futbolweb.mx.tripod.com/
  4. ^ "PASL Commissioner Kevin Milliken Talks Ontario Fury Debut, First World Cup". PASL. 12 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 August 2014. 
  5. ^ "Gamesheet: Mexico vs USA". WMF World Cup. 29 March 2015. 
  6. ^ "USA Win Inaugural WMF World Cup". Indoor Soccer News. 29 March 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-09. 
  7. ^ http://www.minifootball.com/divisions/26646/brackets?logged_out=true
  8. ^ http://www.minifootball.com/
  9. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-21. Diakses tanggal 2020-08-07. 
  10. ^ https://www.theguardian.com/football/the-agony-and-the-ecstasy/2017/mar/28/five-a-side-futsal-star-sixes-football-tournament
  11. ^ https://www.list.co.uk/event/660411-star-sixes/
  12. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-15. Diakses tanggal 2018-02-28. 
  13. ^ "Indoor Soccer 101". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-02. Diakses tanggal 2020-08-07. 
  14. ^ http://www.record.com.mx/futbol-futbol-nacional-otros/presentan-la-liga-de-futbol-indoor-mexico
  15. ^ "EMF - European Minifootball Federation". eurominifootball.com. Diakses tanggal 30 July 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]