Seol Chong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seol Chong
Hangeul 설총
Hanja 薛聰
Alih Aksara yang Disempurnakan Seol Chong
McCune–Reischauer Sŏl Ch'ong

Seol Chong (awal abad ke-8) merupakan seorang pemimpin sarjana pada periode Silla Bersatu. Ia belajar tulisan-tulisan Konfusianisme dan klasik-klasik Cina yang berhubungan. Ia juga dikenal dengan alias "Chongji" (총지/聰智), dan dengan nama penanya "Bingwoldang" (빙월당/氷月堂).

Seol merupakan putra seorang tokoh terkemuka agama Buddha Wonhyo dan puteri Silla Yoseok, putri Raja Muyeol. Ia adalah kepala ranking enam di dalam sistem ranking tulang Silla. Sebuah catatan tentang kehidupannya ditemukan di dalam riwayat Samguk Sagi, yeoljeon (biografi), jilid 6 dan prestasinya disebutkan juga di dalam riwayat Samguk Yusa, catatan Wonhyo (jilid 5).

Seol Chong paling dikenang untuk meregularisasi idu dan naskah gugyeol, yang merupakan sistem pertama untuk mewakili bahasa Korea di dalam karakter Cina. Naskah idu telah digunakan sebelumnya untuk Seol Chong, tapi ia tidak memiliki prinsip yang ketat. Di awal karirinya, Seol juga berjasa dengan mengarang sebuah Konfusianisme pendek perumpamaan tentang kerajaan yang berjudul The Warning of the Flower King (화왕계/花王戒) untuk Raja Sinmun. Perumpamaan ini baik diulang atau di tafsirkan di dalam riwayat Samguk Sagi, dan memengaruhi penulis-penulis selanjutnya di dalam periode Joseon. Sebuah teks biasa Konfusianisme, yang mengkritik para monarki yang menilai kesenangan yang dicari dari penguasa.

Seol Chong kadang-kadang dianggap sebagai leluhur keturunan Gyeongju Seol. Namun, opini-opini tersebut berbeda, karena nama keluarga Seol telah ditemukan sejak fondasi Silla.

Ia juga merupakan satu dari delapan Konfusianisme Korea yang bijak yang dipuja di dalam Kuil Konfusianisme Nasional Korea.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]