Wonhyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wonhyo
Wonhyo
Hangul
원효
Hanja
元曉
Alih AksaraWonhyo
McCune–ReischauerWŏnhyo
Nama lahir
Hangul
서당 or 신당
Hanja
誓幢 or 新幢
Alih AksaraSeodang, or Sindang
McCune–ReischauerSŏtang or Sintang


Wonhyo (617–686 M) merupakan seorang ketua pemikir, penulis dan komentator tradisi Korea Buddha. Fungsi-Esensi (體用), sebuah kunci konsep di dalam Buddhisme Asia Timur dan khususnya Buddhisme di Korea, disaring di dalam filsafat sinkretik dan pandangan dunia Wonhyo.[1]

Sebagai salah satu sarjana-biksu yang paling menonjol di dalam sejarah Korea, dan seorang tokoh berpengaruh di dalam perkembangan Buddhisme di Asia Timur adalah seorang intelektual dan tradisi komentarial. Karya sastra besarnya sejumlah 80 karya di dalam 240 fasikula, dan beberapa komentarnya, seperti Nirvāṇa Sūtra dan the Awakening of Faith ( Mahāyāna-śraddhotpāda Śāstra), menjadi klasik yang dihormati diseluruh Cina dan Jepang juga Korea. Sebenarnya, komentarnya di the Awakening of Faith membantu menjadikan satu dari yang paling berpengaruh dan teks belajar intensif di dalam tradisi Asia Timur Mahāyāna.[2] Master-master Cina yang dipengaruhi oleh Wonhyo termasuk Fazang, Li Tongxuan, dan Chengguan. Biarawan Jepang Gyonen Tanah Suci Buddhisme dan Zenshu dan Joto dari sekolah Faziang juga dipengaruhi olehnya.[3]

Dengan hidupnya yang mencakup akhir periode Tiga Kerajaan Korea dan permulaan dari Silla Bersatu, Wonhyo memainkan sebuah peranan vital di dalam penerimaan dan asimilasi jangkauan luas doktrinal arus Buddha yang mengalir ke Semenanjung Korea pada saat itu. Wonhyo sangat tertarik dengan, dan terpengaruh dengan pemikiran Tathāgatagarbha, Yogācāra dan Hwaom. Meskipun di dalam karya ilmiah yang luas, terdiri sebagai komentar dan esai, ia memeluk seluruh spektrum agama Buddha yang telah diterima di Korea, termasuk sekolah-sekolah seperti sekolah Buddha Tanah Murni, Nirvana, Sanlun dan Tiantai (Lotus Sūtra).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Aula Bogwangjeon di Bunhwangsa, Gyeongju kuil yang didedikasikan untuk Wonhyo.

Wonhyo dilahirkan di Apnyang (押梁), sekarang kota Gyeongsan, propinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan. Ia memiliki seorang putra, Seol Chong, yang dianggap sebagai salah seorang sarjana Konfusianisme yang hebat di Silla.

Wonhyo terkenal dengan menyanyi dan menari di jalan. Sewaktu Buddha tidak mendukung tingkah laku seperti itu, lagu-lagu dan tariannya dilihat sebagai upaya, atau terlatih yang berarti, dimaksudkan untuk membantu menyelamatkan semua makhluk.

Keel (2004: p. 432), menyinggung bodhisattva dan makhluk hidup, menyatakan bahwa Wŏnhyo:

...mencoba untuk mewujudkan di dalam hidupnya sendiri, yang ideal dari seorang Bodhisattva yang bekerja untuk kesejahteraan semua makhluk. Melampaui perbedaan sakral dan sekuler, ia menikah dengan putri seorang duda, mengunjungi desa-desa dan kota-kota, dan mengajarkan orang-orang dengan lagu-lagu dan tarian.[4]

Ia diduga telah mendirikan satu-satunya kuil Korea di tepi sungai, Silleuksa, pada akhir tahun 600. Ketika Wonhyo berada di kuil Bunhwangsa berlokasi di Guhwang-dong, Gyeongju, ia menulis sejumlah buku. Untuk hubungan yang kuat dengan Wonhyo, pusat penelitian dan tempat pemujaan bernama aula Bogwangjeon yang didedikasikan untuk Wonhyo berada di Bunhwangsa.[5]

Proyek terjemahan bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

Dua puluh tiga karya Wonhyo yang ada saat ini sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai sebuah proyek kerjasama antara Universitas Dongguk dan State University of New York at Stony Brook.

Urutan Taekwondo[sunting | sunting sumber]

Pola Federasi Internasional Taekwon-Do "Won-Hyo" dinamakan untuk menghormati Wonhyo. Pola tersebut terdiri dari 28 jurus, dan merupakan pola untuk para siswa yang bersabuk hijau.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muller, Charles A. (1995). "The Key Operative Concepts in Korean Buddhist Syncretic Philosophy: Interpenetration (通達) and Essence-Function (體用) in Wŏnhyo, Chinul and Kihwa" cited in Bulletin of Toyo Gakuen University No. 3, March 1995, pp 33-48.Source: [1] Diarsipkan 2009-12-29 di Wayback Machine. (accessed: September 18, 2008)
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-21. Diakses tanggal 2010-12-30. 
  3. ^ http://books.google.com/books?id=IYh9-Yl3cTkC&pg=PA518&lpg=PA518&dq=Wonhyo+influenced+Fazang&source=bl&ots=VYUeOcWcod&sig=IF1KDIkw4g-r1MNTHn1UXVaqP5c&hl=en&ei=6rELTca6DIOB8gaD-9ynDg&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=3&ved=0CB8Q6AEwAg#v=onepage&q=Wonhyo%20influenced%20Fazang&f=false
  4. ^ Keel, Hee-Sung (2004). "Korea"; cited in Buswell, Robert E. (2004). Encyclopedia of Buddhism. Volume 1. New York, USA: Macmillan Reference USA. ISBN 0-02-865719-5 (Volume 1): pp.432
  5. ^ (in Korean) 분황사 창건과 역사 Establishment and History of Bunhangsa Korea Temple

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Buswell, Robert E., Jr. "The Biographies of the Korean Monk Wŏnhyo (617-686): A Study in Buddhist Hagiography." Peter H Lee, ed. Biography as Genre in Korean Literature. Berkeley: Center for Korean Studies, 1989.
  • Buswell, Robert E., Jr. Cultivating Original Enlightenment: Wonhyo's Exposition of the Vajrasamādhi-Sūtra. University of Hawaii Press, 2007.
  • Kim, Jong-in. Philosophical contexts for Wŏnhyo's interpretation of Buddhism. Seoul: Jimoondang, 2004.
  • Muller, A. Charles (2007). "Wonhyo's Reliance on Huiyuan in his Exposition of the Two Hindrances". In Reflecting Mirrors: Perspectives on Huayan Buddhism (Imre Hamar, ed., Harrassowitz Verlag), p. 281-295. Source: [2] (accessed: January 7, 2008)
  • Muller, A. Charles (2002). "Wŏnhyo's Interpretation of the Hindrances". International Journal of Buddhist Thought and Culture. Vol. 2, 2003. pp. 123–135.Source: [3] (accessed: January 7, 2008)
  • Muller, A. Charles (2000). "On Wŏnhyo's Ijangui (二障義)." Journal of Korean Buddhist Seminar, Vol. 8, July 2000, p. 322-336.Source: [4] (accessed: January 7, 2008)
  • Muller, A. Charles (1995). "The Key Operative Concepts in Korean Buddhist Syncretic Philosophy; Interpenetration and Essence-Function in Wŏnhyo, Chinul and Kihwa." Bulletin of Toyo Gakuen University, vol. 3 (1995), pp. 33–48.Source: [5] Diarsipkan 2009-12-29 di Wayback Machine. (accessed: January 7, 2008)
  • Sung-bae Park (2008). 'Wonhyo: Coming to the West―Yet No One Recognizes Him.' International Journal of Buddhist Thought & Culture February 2008, Vol.10, pp. 7–18. International Association for Buddhist Thought and Culture. Source: [6] (accessed: Saturday October 31, 2009)