Seo Taiji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seo Taiji
Stj2008.jpg
Latar belakang
Nama lahir Jeong Hyeon-cheol
Lahir 21 Februari 1972 (umur 42)
Asal Seoul, Korea Selatan
Genre Pop, metal, rock alternatif, nu metal, hip hop, rock rap, metal rap, rapcore, intelligent dance, synthpop, New Jack Swing
Pekerjaan Penyanyi-penulis lagu, musisi
Tahun aktif 1989–1996
1998–sekarang
Label Bando Entertainment
Seo Taiji Company
Yedang Entertainment
Artis terkait Sinawe, Seo Taiji and Boys, Seo Taiji Band
Situs web http://www.seotaiji.com/
Nama lahir
Hangeul 정현철
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Jeong Hyeon-cheol
McCune–Reischauer Chŏng Hyŏnch'ŏl
Nama panggung
Hangeul 서태지
Alih Aksara yang Disempurnakan Seo Tae-ji
McCune–Reischauer Sŏ T'aeji

Jeong Hyeon-cheol (lahir 21 Februari 1972), dikenal sebagai Seo Taiji, adalah penyanyi-penulis lagu dan musisi Korea Selatan. Setelah putus sekolah tinggi untuk mengejar karir musik, ia telah meningkat menjadi salah satu ikon budaya yang paling menonjol dan berpengaruh di Korea Selatan, banyak merujuk kepadanya sebagai "Presiden budaya".[1][2] Ia memperkenalkan dan memasukkan unsur genre musik populer di Amerika Serikat dan memberikan kontribusi jauh lebih besar untuk budaya pop Korea dan pembangunan K-pop di tahun 1990-an.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal karir dengan Sinawe[sunting | sunting sumber]

Pada usia dini, Hyeon-cheol memiliki daya tarik dengan musik. Pada usia 14, ia berpartisipasi dalam beberapa band rock amatir. Pada usia 17, ia mengambil nama panggung dari Seo Taiji ketika ia direkrut ke dalam band metal Sinawe, bermain bass. Ia memilih untuk putus sekolah karena ia merasa bahwa melanjutkan untuk mendaftarkan diri di sekolah tidak akan berguna dalam mengejar karir di musik.[3]

Seo Taiji & Boys: 1992-1996[sunting | sunting sumber]

Seo Taiji and Boys (Hangul: 서태지와 아이들) adalah boyband Korea Selatan. Ini merupakan band modern pertama yang sangat sukses di industri musik Korea Selatan.

Karir solo: 1998-sekarang[sunting | sunting sumber]

1998: Seo Tai Ji[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah Seo Tai-ji dan Boys 'pensiun, Taiji melanjutkan karirnya sebagai musisi. Karir solonya telah dan terus menjadi sukses. Ia kemudian kembali dan menampilkan musik rock. Tanpa penampilan atau kegiatan di Korea Selatan, ia merilis album dengan beberapa video musik pada tahun 1998. Ada beberapa kontroversi mengenai pembalikan tiba-tiba pensiun, tapi album solo pertamanya, "Seo Tai Ji" terjual lebih dari satu juta kopi, bahkan tanpa promosi di Korea. Karya solo pertamanya termasuk lagu heavy metal dan Nu metal, tapi genre utamanya masih rock alternatif. Meskipun pekerjaan solo pertamanya, penggemar menyebutnya sebagai album ke-5 nya.

2000: Ultramania[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, ia kembali ke Korea Selatan setelah absen empat tahun. Pada hari kedatangannya di Bandara Kimpo International di Seoul, seluruh bandara telah penuh sesak oleh ribuan fans dan media mencoba untuk mendapatkan tampilan pertama pada Seotaiji.[4] Ada pembicaraan besar antara fans dan media tentang gaya feminin Seotaiji dan pakaian yang dikenakan pada hari itu, yang merupakan kemeja hitam dan putih kotak-kotak. Pada wawancara comeback pada tahun 2008, ia bercanda disebut sebagai salah satu saat yang paling memalukan dalam karir musiknya.

Ia merilis album Ultramania yang terdiri dari Nu metal dan Hardcore punk. Aksi solonya memiliki efek pada banyak boyband Korea Selatan seperti H.O.T dan menyebabkan mereka menurun dalam popularitas. Lagu-lagunya "Internet War" dan "Ultramania" adalah hit terbesar tahun ini. Setelah ETPFEST, yang didirikan selama comeback, Taiji disajikan dengan hide dari X Japan sebuah gitar Fernandes MG-360, yang kuning dengan hati pink, oleh orang tua hide dan saudaranya, Hiroshi, untuk merayakan keberhasilan ETPFEST dan showcase pertama hide di sebuah festival rock Korea. Selama comeback, ada argumen yang jarang penampilannya di TV bertujuan untuk membuat gambar misterius yang membantu mempromosikan popularitasnya, tetapi dalam kenyataannya kepribadiannya sangat tertutup dan sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadinya oleh masyarakat. Ia telah disebutkan dalam beberapa wawancara bahwa ia memilih untuk menjaga kehidupan pribadi yang terpisah dari karir musiknya, tetapi konsep ini tidak pernah diterima dengan baik oleh budaya Korea di mana profil pribadi selebriti sering banyak diungkapkan kepada publik. Ini adalah salah satu dari beberapa alasan dia dikritik sebagai sosok misterius.

2004: 7th Issue[sunting | sunting sumber]

Seo Taiji memilih genre Nu metal dalam album solo ketiganya, 7th Issue. Namun, tidak seperti Ultramania, 7th Issue sebagian besar direkam pada C tala turun, yang memberikan efek dari album terdengar seperti lagu lama. Namun demikian, itu tidak ada masalah menarik perhatian berbagai khalayak. 7th Issue lagu rock yang catchy membuat para penggemarnya menyebutnya "Punk rock". Selain itu, ia menambahkan suara drum dan bass yang jelas suara di beberapa lagunya, sehingga membuktikan ia menjadi musisi elektronika menguntungkan (keterampilan yang ia pelajari dari memproduksi album "Seo Taiji & Boys"). J dari Luna Sea juga berpartisipasi dalam pembuatan album ini sebagai bassis. Lagunya "Live Wire", adalah hit yang baik menyukseskan kelincahan dari "Ultramania". "Robot" penawaran dengan pemuda dan penderitaannya, sementara lagu "FMBusiness" mengkritik isu-isu dan bisnis musik dikomersialisasikan dan eksploitasi seniman dari label rekaman perusahaan yang serakah. Ia juga menyentuh pada isu aborsi bersama dengan seksisme dan kekerasan seksual dengan lagu "Victim". Penjualan rekornya dikurangi menjadi setengah juta karena layanan download on-line, tapi masih rekor penjualan tertinggi tahun 2004 di Korea Selatan. Taiji membuktikan dirinya sebagai seorang musisi dalam popularitas atas untuk lebih dari satu dekade. Setelah menjadi aktif sampai dengan tahun 2005, ia sekali lagi tiba-tiba menghilang dari sorotan.

2008~2009: 8th Atomos[sunting | sunting sumber]

Ia kembali ke Korea setelah absen lama, dan mengungkapkan single terbaru nya "Moai". Ini adalah rilis pertama ambisius 3-bagian "Proyek misteri" Seo Taiji, yang kemudian diikuti oleh singel, "Bermuda Triangle" yang disiapkan sebagai singel digital. Bagian ketiga, Atomos Part Secret, dirilis pada 10 Maret. Ia memiliki promosi yang disebut "Missing Taiji", di mana ada desas-desus palsu bahwa Taiji hilang, hanya untuk kembali pada hari konser "Wormhole". Dalam singel "Moai", Taiji memperkenalkan gaya eksperimental baru yang ia sebut "nature pound". "Moai" menarik inspirasi dari patung-patung misterius Pulau Paskah yang sudah lama ia sukai sejak masa kecilnya. Ia melakukan di 2008 ETPFEST yang ia memelopori untuk mempromosikan comeback bersama band-band seperti The Used, Dragon Ash, Death Cab for Cutie dan Marilyn Manson.

Ia juga mengumpulkan "The Great Seotaiji Symphony" dengan Tolga Kashif dan Royal Philharmonic Orchestra untuk melakukan hits lamanya dan lagu baru yang disajikan dalam bentuk yang sama sekali baru, menggabungkan musik rock dan klasik. Konser utama digelar di Stadion Seoul Worldcup.[5] Setelah konser utama, ada keluhan tentang kualitas suara tidak dikirimkan ke lantai kedua dan ketiga di ujung jauh dari stadion dan untuk menebus kesalahan ini, kinerja encore lain (setlist yang sama) diadakan pada bulan Desember pada tempat dalam ruangan, Jamsil Gymnasium ditingkatkan dengan sistem suara yang lebih baik.

Singel kedua Taiji, mengikuti Atomos Part Moai, disebut Atomos Part Secret diluncurkan pada tanggal 10 Maret 2009. Ini adalah tanggal yang sama dengan kedatangan Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) ke Mars pada tahun 2006. Taiji juga menggelar konser mempromosikan singel kedua pada tanggal 14 dan 15. Tiket untuk konser, samar berjudul Wormhole, terjual habis hanya dalam 20 menit.[6]

Album ulang tahun ke-15 Seotaiji yang terdiri dari sebagian besar karya-karyanya sejauh ini,[7] direkam ulang dan dikuasai ulang tapi dirilis dalam edisi terbatas dengan hanya 15.000 eksemplar yang tersedia, masing-masing dengan nomor seri yang unik. Nomor seri #1-15 dibeli oleh Seotaiji sendiri. Ia mengambil #1 untuk dirinya sendiri, memberi #2 dan #3 untuk teman-teman waktu lamanya Lee Juno dan Yang Hyun Seuk, dan sisanya ke teman-teman dekatnya. Karena lagu yang direkam ulang dan dikuasai ulang hanya tersedia untuk album ulang tahun terbatas dan tidak semua fans bisa beli, ia memutuskan untuk kembali merilis semua album dengan berisi versi baru. Pada tanggal 3 April, dua yang pertama album Seo Taiji and Boys yang diluncurkan kembali. Taiji akan merilisnya ke-7 dari albumnya, dari Nan Arayo! untuk 7th Issue. Pada tanggal 25 Mei, album 3 dan 4 Seo Taiji and Boys yang diluncurkan kembali.[8]

Pada 13 Juni, ia akan mengadakan tur nasional bernama "The Möbius".[9][10] Konser pertama akan diadakan di Seoul, Korea. Tur telah berakhir, tetapi mengulangi performa diberikan 2 bulan setelah selesai. ETPFEST 2009 juga diadakan dengan kelompok-kelompok tamu, seperti NIN, Limp Bizkit, Keane, Fade, Boom Boom Satelite, Pia dan GUMX.

2013–sekarang: Album baru[sunting | sunting sumber]

Pada 2013, Seo Taiji mengumumkan bahwa ia sedang bekerja untuk album bary. Pada Desember, ia mengungkapkan bahwa album akan dirilis pada 2014.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 April 2011, Sports Seoul memecahkan cerita (kemudian dikonfirmasi oleh berbagai media) bahwa Seo Taiji diam-diam telah menikah dengan aktris Lee Ji-ah (nama asli Kim Sang-eun) pada tanggal 12 Oktober 1997 sampai dengan 9 Agustus 2006.[11][12][13][14] Serikat mereka dirahasiakan karena keduanya terkenal dengan kehidupan pribadi mereka disembunyikan dari media.[15] Karena berita mengejutkan Seo dan 10-tahun serikat Lee, beberapa orang berspekulasi bahwa kekuasaan dan kekayaan Seo dua alasan utama mengapa masa lalu Lee sudah tidak terdeteksi. Pasangan ini bertemu pada tahun 1993 dan mulai hubungan mereka, dan setelah Seo sementara pensiun pada tahun 1996, mereka menikah pada tahun 1997 dan tinggal di Atlanta dan Arizona, sampai Seo kembali ke Korea pada bulan Juni 2000. Lee mengajukan gugatan cerai di Amerika Serikat pada tahun 2006, mengutip baik gaya hidup dan perbedaan kepribadian. Menurut Seo, perceraian itu selesai pada tahun 2006, yang dipersengketakan Lee, menyatakan pada 2009.[16][17] Pada bulan Januari 2011, Lee digugat Seo untuk ₩5 miliar dari bagiannya dari sifat perkawinan dan ₩500 juta makalah dalam tunjangan, dan pengadilan menyebabkan hubungan mereka untuk go public di April.[18][19] Setelah gugatan enam bulan, sebuah penyelesaian di luar pengadilan dicapai pada tunjangan dan pembagian aset Juli 2011.[20][21][22]

Seo menikah dengan aktris Lee Eun-sung pada tanggal 26 Juni 2013, di rumah yang baru dibangun Seo di Pyeongchang-dong di utara Seoul, dengan hanya anggota keluarga yang hadir.[23][24][25][26] Mereka bertemu pada 2008 ketika Lee tampil dalam video musik untuk "Bermuda Triangle" (pada album kedelapan Seo), dan berpacaran sejak 2009.[27][28][29][30][31]

Seo Taiji Band[sunting | sunting sumber]

Meskipun Taiji sekarang bekerja sebagai artis "solo", musisi berikut secara konsisten bermain dengan dia selama tur, studio rekaman, dan video musik. Beberapa dari mereka milik band lain, tapi mereka berpartisipasi dalam rekaman dan pertunjukan untuk waktu singkat.:

  • Top (Ahn Seong-Hoon) - pemimpin gitar untuk album SeoTaiJi 6th~8th
  • Rock - gitar rhtyhm untuk album SeoTaiJi 6th~7th
  • Sang Uk (Monkey) - bass untuk album SeoTaiJi 6th~7th
  • Heff "The Machine" Holter - drum untuk album SeoTaiJi 6th~7th
  • Kim Seok-Jung (Hangul:김석중) - Keyboards/Programming/Samples/FX/aransemen untuk album SeoTaiJi's 8th
  • Kang Joon-Hyung (Hangul: 강준형) - bass untuk album SeoTaiJi. Ia sebenarnya bekerja dengan band "A'ccel in a story".
  • Choi Hyun-Jin (Hangul:최현진) - drum untuk album SeoTaiJi. Ia sebenarnya bekerja dengan band "Vassline"

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Seotaiji and Boys[sunting | sunting sumber]

Album solo studio[sunting | sunting sumber]

Perilisan Live[sunting | sunting sumber]

  • 2009 Seotaiji Band Live Tour [The Möbius] (2010)
  • The Great Seotaiji Symphony (termasuk track 'FM Business') (2009)
  • Seotaiji Live Tour Zero '04 (2005)
  • 6th Album Re-recording & ETPFEST Live (2003)
  • Seotaiji Band Live Album 2000/2001 태지의 話(Taiji Speaks) (2001)

Singel dan Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • 8th Atomos Part Secret (2009)
  • 8th Atomos Part Moai (2008)
  • [&] Seotaiji 15th Anniversary Album (2007): dikuasai ulang semua lagu dari album, album live, album solo dan lagu remix 'Seo Tai-ji & Boys'.
  • Feel The Soul Maxi Single (Rilis di Jepang Japan) (2001)

Perilisan DVD[sunting | sunting sumber]

  • Seotaiji Live Tour: The Möbius (2011)
  • The GREAT 2008 Seotaiji Symphony with Tolga Kashif & Royal Phillharmonic DVD (2010)
  • 2004 Seo Taiji Record of the 7th (2005)
  • The Shedding Bird: Seo Taiji Company DVD+Art book (2005)
  • Seo Taiji Live Tour ZERO 04 DVD+Art book (2004)
  • Seo Taiji Live Tour '2000-2001 The Taiji Speaks' DVD (2001)
  • DVD package called “ETP FESTIVAL 08 09 Seo Tai-ji,”(2013)

Perilisan Blu-ray[sunting | sunting sumber]

  • Seotaiji Live Tour: The Möbius (2011)
  • The GREAT 2008 Seotaiji Symphony with Tolga Kashif & Royal Phillharmonic DVD+Blu-ray (2010)
  • Atomos The Film DVD+Blu-ray (2011)
  • Seo Taiji Record of The 8th 398 DVD+Blu-ray (rilis 31 Juli 2012)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cho, Chung-un (23 March 2012). "K-pop still feels impact of Seo Taiji & Boys". The Korea Herald. Diakses 2013-05-18. 
  2. ^ Cho, Chung-un (23 March 2012). "K-pop before and after Seo Taiji & Boys". The Korea Herald. Diakses 2013-05-18. 
  3. ^ http://bestuff.com/stuff/seo-taiji
  4. ^ "Fans Swamp Airport for Return of Seo Tai-ji". The Chosun Ilbo. 29 August 2000. Diakses 2013-05-18. 
  5. ^ Han, Sang-hee (28 September 2008). "Seo Experiments on Rock With Classic". The Korea Times. Diakses 2013-05-18. 
  6. ^ Ko, Young-ah (16 March 2009). "Seo Tai-ji dazzles fans". The Korea Herald. Diakses 2013-05-18. 
  7. ^ Sa, Eun-young (4 November 2007). "Pop Idol Seo Tai-ji Marks 15 Years Since Debut". The Korea Times. Diakses 2013-05-18. 
  8. ^ Noh, Hyun-gi (20 March 2012). "20th anniversary of Seo Taiji and Boys". The Korea Times. Diakses 2013-05-18. 
  9. ^ "Seo Tai-ji to Have 1st Tour in 5 Years". The Korea Times. 30 April 2009. Diakses 2013-05-18. 
  10. ^ "Seo Tai-ji in First Nationwide Tour in 5 Years". The Chosun Ilbo. 7 May 2009. Diakses 2013-05-18. 
  11. ^ "Mystery Deepens Over Seo Tai-ji's Secret Marriage to Lee Ji-ah". The Chosun Ilbo. 22 April 2011. Diakses 2013-05-16. 
  12. ^ Kim, Yoon-mi (22 April 2011). "Former idol's secret marriage creates stir". The Korea Herald. Diakses 2013-05-18. 
  13. ^ Kim, Rahn (22 April 2011). "Mass public deception vs. private life". The Korea Times. Diakses 2013-05-18. 
  14. ^ Lee, Hyo-won (24 April 2011). "Cyber mobs hunt for truth about Seo-E scandal". The Korea Times. Diakses 2013-05-18. 
  15. ^ "Singer Seo, actress Lee had little choice but to keep marriage, divorce secret: experts". Yonhap. 22 April 2011. Diakses 2013-05-16. 
  16. ^ Cho, Ji-hyun (30 April 2011). "Taiji speaks up about divorce for first time". The Korea Herald. Diakses 2013-05-18. 
  17. ^ Park, Min-young (1 May 2011). "E Ji-ah drops suit, Seo Tai-ji speaks up". The Korea Herald. Diakses 2013-05-18. 
  18. ^ "Seo Tai-ji Worth an Estimated W40-50 Billion". The Chosun Ilbo. 25 April 2011. Diakses 2013-05-16. 
  19. ^ "Seo Tai-ji to Fight Ex-Wife's Claims". The Chosun Ilbo. 18 May 2011. Diakses 2013-05-16. 
  20. ^ Yun, Suh-young (29 July 2011). "Seo Tae-ji, E Ji-ah settle marriage dispute". The Korea Times. Diakses 2013-05-18. 
  21. ^ Jung, Eun-jung (29 July 2011). "Seo Tai-ji, E Ji-ah agree to end alimony suit". The Korea Herald. Diakses 2013-05-16. 
  22. ^ "Seo Tai-ji, Ex-Wife Settle Dispute". The Chosun Ilbo. 1 August 2011. Diakses 2013-05-16. 
  23. ^ "Seo Tai-ji Belatedly Reveals Details of Low-Key Wedding". The Chosun Ilbo. 22 August 2013. Diakses 2013-08-22. 
  24. ^ Cha, Yo-rim (22 August 2013). "Seo Taiji, Lee Eun-sung secretly wed in June". The Korea Herald. Diakses 2013-08-23. 
  25. ^ Lee, Eun-ah (21 August 2013). "90's K-Pop Icon Seo Tai-ji Got Married". 10Asia. Diakses 2013-08-22. 
  26. ^ Lee, Sun-min (22 August 2013). "Seo Taiji surprises with 2nd marriage". Korea JoongAng Daily. Diakses 2013-08-22. 
  27. ^ Kim, Tong-hyung (15 May 2013). "Rocker Seo Tai-ji to marry actress". The Korea Times. Diakses 2013-05-16. 
  28. ^ "Seo Tai-ji to Marry Again". The Chosun Ilbo. 16 May 2013. Diakses 2013-05-16. 
  29. ^ Lee, Sun-min (16 May 2013). "Seo Tae-ji announces wedding plans". Korea JoongAng Daily. Diakses 2013-05-16. 
  30. ^ Lee, In-kyung (16 May 2013). "How Seo Taiji and Lee Eun Sung First Met". enewsWorld. CJ E&M. Diakses 2013-05-18. 
  31. ^ http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20130610000832

Pranala luar[sunting | sunting sumber]