Semenanjung Delmarva

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Semenanjung Delmarva

Semenanjung Delmarva (bahasa Inggris: Delmarva Peninsula) adalah semenanjung besar di East Coast di Amerika Serikat, wilayahnya mencakup sebagaian besar Delaware serta sebagian kecil dari Maryland dan Virginia. Panjang semenanjung ini sekitar 170 mil (274 km), sedangkan lebarnya sekitar 70 mil (113 km) terlebar hingga 12 mil (19 km) yang tersempit. Terdiri dari kawasan tanah genting di utara dan semakin sedikit di bagian selatannya. Semenanjung ini dibatasi oleh Teluk Chesapeake di barat, Sungai Delaware, Teluk Delaware, dan Samudra Atlantik di timur, dan Sungai Elk beserta tanah gentingnya di utara.

Tanah genting yang berada di utara di batasi oleh Kanal Chesapeake dan Delaware, hingga menjadikannya terpisah dan menjadi pulau. Beberapa jembatan dibangun diatas kanal ini, dan Chesapeake Bay Bridge dan Chesapeake Bay Bridge-Tunnel menghubungkan semenanjung dengan daratan utama Maryland dan Virginia. Selain itu akses yang menjadi penghubung juga terdapat di Lewes, Delaware yang bisa dicapai oleh kapal feri dari Cape May, New Jersey.

Dover, ibukota Delaware adalah kota terbesar di semenanjung ini dari sisi jumlah penduduk. Namun, area komersial utama dan terbesar adalah di Salisbury, Maryland.

Jika dihitung, luas wilayah semenanjung di selatan Kanal Chesapeake dan Delaware beserta pulau-pulau yang berada di sekitar semenanjung (dimana yang terbesar adalah Pulau Kent di Maryland) adalah 5.454 mil persegi (14.130 km persegi). Pada Sensus Amerika Serikat 2000, jumlah penduduk di wilayah semenanjung ini mencapai 681.030 jiwa, yang berarti memiliki kepadatan sekitar (48,2 jiwa/km2).

Keseluruhan wilayah Semenanjung Delmarva berakhir dengan dataran pantai yang landai dan berpasir dengan sedikit atau tanpa bukit. Titik tertinggi di wilayah semenanjung ini hanya mencapai 102 kaki (31 meter). Zona jatuh dapat ditemukan barat daya Wilmington, Delaware. Dan di tepi utara semenanjung terdapat transisi region Piedmont menjadi dataran pantai.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Delmarva adalah sebuah portmanteau dari negara-negara bagian yang menempati semenanjung ini, yakni Delaware, Maryland dan Virginia. Penggunaan istilah ini awalnya untuk keperluan komersial seperti adanya perusahaan bernama Delmarva (salah satunya Delmarva Heat, Light, and Refrigerating Corp. yang berpusat di Chincoteague, Virginia), namum penggunaan secara luas istilah ini baru terjadi mulai decade 1920an.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Budaya di wilayah semenanjung Delmarva berbeda sangat jauh dengan budaya negara-negara bagian Atlantik Tengah dan lebih mirip budaya Amerika Serikat bagian selatan. Banyak dari County-county di Delmarva berpaham lebih konservatif dibanding county-county negara bagian Delaware, Maryland dan Virginia yang berada di daratan utama.

Wilayah semenanjung Delmarva didukung oleh sektor pertanian dan perikanan komersial. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari kawasan pedesaan dan beberapa kawasan padat penduduk. Banyak restoran-restoran lokal menyediakan menu khas daerah selatan seperti teh manis dan hidangan dengan atau seluruhnya berupa sayuran hijau, selain itu ada juga menu yang berupa gorengan.

Beberapa kajian mengenai bahasa yang digunakan di wilayah ini menunjukkan bahwa terdapat variasi Bahasa Inggris ala selatan yang merata di kawasan pedesaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Delmarva Peninsula