Arlington County, Virginia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arlington County, Virginia
Lambang Arlington County, Virginia
Peta
Map of Virginia highlighting Arlington County
Lokasi di negara bagian Virginia
Map of the U.S. highlighting Virginia
Lokasi Virginia di AS
Statistik
Didirikan 27 Februari 1801
Seat Arlington
Luas
 - Total
 - Darat
 - Air

26 sq mi (67 km²)
26 sq mi (67 km²)
0 sq mi (0 km²), 0.35%
Populasi
 - (2010)
 - Kepadatan

207,627
7.995/sq mi (3.087/km²)
Situs resmi: www.arlingtonva.us

Arlington County adalah sebuah county di Persemakmuran Virginia. Tanah yang kelak menjadi Arlington awalnya disumbangkan oleh Virginia kepada pemerintah Amerika Serikat untuk membentuk bagian distrik ibu kota federal yang baru. Pada 27 Februari 1801, Kongres Amerika Serikat menetapkan wilayah ini sebagai pembagian Distrik Columbia bernama Alexandria County. Karena muncul masalah yang melibatkan perwakilan di Kongres, penghapusan perbudakan, dan penurunan kegiatan ekonomi, Kongres mengembalikan Alexandria kepada Persemakmuran Virginia pada tahun 1846. Badan legislatif negara bagian mengubah nama county ini menjadi Arlington pada 1920 untuk mencegah kebetulan dengan kota Alexandria yang terletak di sebelahnya.

County ini terletak di Northern Virginia di tepi selatan Sungai Potomac tepat di seberang Washington, D.C. Arlington juga berbatasan dengan Fairfax County dan City of Falls Church di sebelah barat daya, dan kota Alexandria di tenggara. Dengan luas daratan 26 mil² (67 km2), Arlington secara geografis merupakan county otonomi terkecil di Amerika Serikat dan tidak memiliki kota di dalam wilayahnya. Karena karakteristiknya yang unik, untuk keperluan statistik county ini didaftarkan sebagai munisipalitas di Wilayah Metropolitan Washington oleh Biro Sensus Amerika Serikat. Pada 2010, Arlington County memiliki jumlah penduduk 207.627 jiwa.

Karena dekat dengan Washington, D.C., Arlington menjadi kantor pusat bagi berbagai departemen dan lembaga pemerintah federal Amerika Serikat, termasuk the Pentagon, Departemen Pertahanan, United States Drug Enforcement Agency, dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Berbagai lembaga federal, kontraktor pemerintah, dan industri jasa berkontribusi terhadap ekonomi Arlingon yang stabil dan menjadikannya salah satu county berpendapatan tinggi di Amerika Serikat. Arlington juga merupakan lokasi beberapa tugu peringatan dan museum nasional, termasuk Arlington National Cemetery, Pentagon Memorial, Marine Corps War Memorial, dan United States Air Force Memorial.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Arlington memiliki four kota kembar, sebagaimana yang ditetapkan Sister Cities International: [1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sister City Directory". Sister Cities International. Diakses July 3, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]