Sekretariat Kabinet (Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cabinet Secretariat
内閣官房
Naikaku-kanbō

Sekretariat Kabinet terletak di Gedung Kantor Kabinet
Informasi lembaga
Wilayah hukum Jepang
Kantor pusatNagatachō, Chiyoda, Tokyo, Jepang
Pejabat eksekutif
Situs webwww.cas.go.jp (dalam bahasa Jepang)
Sekretariat Kabinet bertanggung jawab atas Kediaman Resmi Perdana Menteri (Kantei)

Sekretariat Kabinet (内閣官房, Naikaku-kanbō)[1] adalah sebuah lembaga di dalam pemerintah Jepang, dipimpin oleh Kepala Sekretaris Kabinet. Sekretariat Kabinet mengatur hubungan masyarakat dari Kabinet, mengoordinasikan kementerian dan lembaga, mengumpulkan intelijen, dan mengatur berbagai tugas lain untuk Kabinet, termasuk kantor Perdana Menteri (Kantei) dan tempat tinggal (Kōtei).

Garis besar[sunting | sunting sumber]

Lokasi Gedung Kantor Kabinet, tempat Sekretariat Kabinet berada, beralamat di 1-6-1 Nagatachō, Chiyoda, Tokyo (umumnya dikenal sebagai Gedung Sekretariat Menteri (本府ビル, Honfu-biru)[2]). Beberapa organisasi internal Sekretariat Kabinet, seperti kantor eksekutif dan Sekretaris Kabinet untuk Hubungan Masyarakat, ditempatkan di Kediaman Resmi Perdana Menteri yang berada di seberang jalan dari gedung tersebut.

Sekretariat Kabinet, merupakan badan pendukung kabinet, sebagai badan yang mendukung dan membantu Perdana Menteri secara langsung, mengatur rapat kabinet, melaksanakan urusan umum kabinet, melaksanakan koordinasi umum kebijakan cabang administrasi, menganalisis kumpulan informasi yang berkaitan dengan kebijakan penting dari kabinet, dan sebagainya.[3] Dengan Perdana Menteri sebagai kepala menteri, Kepala Sekretaris Kabinet mengawasi urusan dalam kapasitas menteri negara. Kepala Sekretaris Kabinet, terkadang disebut "tangan kanan Perdana Menteri", diangkat terlebih dahulu ketika membentuk kabinet dan bekerja sebagai tangan kanan Perdana Menteri.[4]

Peresmian Sekretariat Kabinet setelah reorganisasi kementerian dan lembaga pusat.

Sebagai organisasi birokrat, Wakil Kepala Sekretaris Kabinet yang bertanggung jawab atas urusan organisasi yang merupakan birokrat tertinggi, dianggap sebagai organisasi yang tertinggi dari semua kementerian dan lembaga, merupakan pejabat yang disahkan setingkat wakil menteri, biasanya menunjuk orang yang berpengalaman seperti Wakil Menteri Administrasi dari Kementerian Dalam Negeri yang menjadi Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial, Badan Kepolisian Nasional, dan Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan poin penting dari sejarah Sekretariat Kabinet :[5]

Tanggal Peristiwa
20 Desember 1994 Sekretariat Kabinet dibentuk dengan memberlakukan Departemen Kabinet dan Sistem Manajemen Staf yang tertuang dalam Peraturan Kekaisaran No. 307 tahun 1924.
3 Mei 1947 Sekretariat Kabinet dibentuk berdasarkan Undang-undang Kabinet (Undang-undang No. 5 tahun 1947).
1 Agustus 1957 Didirikannya Kantor Penasihat Kabinet, Kantor Permusyawaratan Kabinet, dan Kantor Penelitian Kabinet.
1 Mei 1973 Didirikannya Kantor Hubungan Masyarakat (Humas) Kabinet.
1 Juli 1986 Kantor Permusyawaratan Kabinet, Kantor Penelitian Kabinet, dan Kantor Humas Kabinet dibubarkan dan diganti menjadi Kantor Musyawarah Dalam Negeri Kabinet, Kantor Musyawarah Luar Kabinet, Kantor Keamanan Kabinet, Kantor Humas Kabinet, serta pembentukan Ruang Riset Informasi Kabinet.
9 April 1998 Kantor Keamanan Kabinet direorganisasi menjadi Kantor Keamanan Kabinet dan Manajemen Krisis.
6 Januari 2001 Dikarenakan adanya reorganisasi kementerian dan lembaga pusat, Kantor Penasihat Kabinet, Dewan Urusan Dalam Negeri Kabinet, Dewan Urusan Luar Kabinet, Kantor Humas Kabinet, dan Kantor Pengamanan dan Penanggulangan Krisis Kabinet dibubarkan. Kantor Urusan Kabinet, Kantor Asisten Kepala Sekretaris Kabinet[Catatan 1], Kantor Riset Informasi Kabinet, dan Kantor Humas Kabinet dibentuk.
7 Januari 2014 Dibentuknya Dewan Keamanan Nasional (Jepang).
30 Mei 2014 Didirikannya Biro Personalia Kabinet.
31 Agustus 2021 Bersamaan dengan berdirinya Badan Digital, Deputi Bidang Kebijakan Informasi dan Komunikasi serta Kantor Strategi Komprehensif Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekretariat Kabinet ditiadakan.

Anggaran[sunting | sunting sumber]

Untuk tahun fiskal 2023 Sekretariat Kabinet diberikan anggaran belanja awal sebesar ¥97,632,972,000.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Names of Government Organizations and Positions" (PDF). Cabinet Secretariat. Diakses tanggal 2013-12-20. 
  2. ^ 下村健一『首相官邸で働いて初めてわかったこと』(朝日新書、2013年)
  3. ^ 内閣法第12条
  4. ^ 総理の右腕 官房長官に加藤勝信氏が就任…重要ポストに地元からも喜びの声【岡山】 | OHK 岡山放送
  5. ^ "日本法令索引〔明治前期編〕 官制沿革表". dajokan.ndl.go.jp. Diakses tanggal 2023-05-08. 
  6. ^ 'author', Ministry of Finance Japan. "令 和 5 年度一般会計予算" (PDF). 財務省. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 35°40′23″N 139°44′43″E / 35.672997°N 139.745267°E / 35.672997; 139.745267
Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "Catatan", tapi tidak ditemukan tag <references group="Catatan"/> yang berkaitan