Kementerian Keuangan (Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Keuangan
財務省
Zaimushō

Bangunan Kementerian Keuangan
Informasi lembaga
Dibentuk01 Juni 2001 (2001-06-01)
Nomenklatur lembaga sebelumnya
  • Kementerian Perbendaharaan (大蔵省, Ōkura-shō) (sampai 2001)
Wilayah hukum Jepang
Kantor pusat3-1-1 Kasumigaseki, Chiyoda-ku, Tokyo, Jepang 〒100-8940
Menteri
Lembaga indukPemerintah Jepang
Lembaga bawahan
Situs webhttp://www.mof.go.jp

Kementerian Keuangan (財務省, Zaimu-shō) adalah salah satu kementerian tingkat kabinet dari pemerintah Jepang. Kementerian ini bernama Ōkura-shō (大蔵省) sampai tahun 2001. Kementerian ini dipimpin oleh Menteri Keuangan (財務大臣, Zaimu-daijin), yang merupakan anggota Kabinet dan biasanya dipilih dari anggota Diet oleh Perdana Menteri.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk Kementerian Keuangan

Kementerian ini berasal dari abad ke-6, ketika Ōkura (大蔵) didirikan sebagai perbendaharaan negara di Jepang kuno. Ketika sistem pemerintahan modern diperkenalkan setelah Restorasi Meiji, Kementerian Perbendaharaan (大蔵省, Ōkura-shō) didirikan sebagai badan pemerintah yang bertanggung jawab atas keuangan publik dan urusan moneter. Dikatakan bahwa para pegawai kementerian baru tersebut secara halus diingatkan bahwa Ōkura-shō sudah ada sekitar 1269 tahun ketika Konstitusi baru diberlakukan pada negara tersebut oleh pasukan pendudukan AS pada tahun 1947.[1]

Kementerian ini sudah lama dianggap sebagai kementerian yang paling kuat di dalam pemerintah Jepang. Namun, setelah berbagai skandal keuangan terungkap pada 1990-an, Kementerian ini kehilangan kekuasaannya atas pengawasan perbankan yang diserahkan kepada Badan Jasa Keuangan yang baru dibentuk. Kementerian ini juga kehilangan sebagian besar kendalinya atas kebijakan moneter kepada Bank of Japan ketika Diet mengesahkan Undang-undang Bank of Japan yang baru pada tahun 1998. Selain itu, Kementerian ini kehilangan nama Jepang kunonya ketika namanya diubah menjadi Zaimu-shō (財務省) pada Januari 2001, meskipun nama bahasa Inggrisnya tetap sama.

Pada pasar keuangan, Kementerian ini terkenal dengan kebijakan devisa yang aktif. Pegawai negerinya yang terkemuka dalam sisi internasional, Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional, sering dikutip dalam pers keuangan. Mantan Wakil Menteri Eisuke Sakakibara dikenal sebagai "Tuan Yen", sedangkan penerusnya Haruhiko Kuroda dan Zenbei Mizoguchi sering disebut sebagai "Tuan Mata Uang Asia" dan "Tuan Dolar", masing-masing.

Istri Toshio Akagi melakukan aktivitas tanda tangan dari sebuah permintaan untuk permintaan investigasi ulang untuk menyelidiki kebenaran mengenai bunuh diri anggota staf Biro Keuangan Kinki dari Kementerian Keuangan yang dipaksa untuk mengubah dokumen resmi yang berhubungan dengan kasus teman Mori, rekor tercepat yang pernah ada di Jepang. Tanda tangan dari 260.000 orang dikumpulkan, menghasilkan total 300.000 tanda tangan.[2][3]

Struktur organisasi[sunting | sunting sumber]

Biro Pabean dan Tarif (bendera Pabean ditampilkan) adalah salah satu divisi dari Kementerian Keuangan

Kementerian ini diatur dalam enam biro yang menyelenggarakan fungsi kementerian secara keseluruhan:[4]

Lembaga Administrasi Independen[sunting | sunting sumber]

Enam Lembaga Administrasi Independen berada di bawah kendali Kementerian:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 35°40′23″N 139°44′56″E / 35.673°N 139.749°E / 35.673; 139.749