Segmen S

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penjualan terbaik 2020
Audi TT (1998–sekarang)
Mazda MX-5 (1989–sekarang)
Porsche 911 (1963–sekarang)
Ford Mustang (1964-sekarang)

Segmen S adalah segmen klasifikasi mobil Eropa untuk sport coupés.[1] Mobil-mobil tersebut sering digambarkan sebagai mobil sport dan kelas Euro NCAP yang setara disebut "roadster sport".[2]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Mobil Segmen S memiliki tampilan yang sporty dan biasanya dirancang untuk memiliki handling dan/atau akselerasi garis lurus yang lebih unggul dibandingkan dengan segmen lainnya. Gaya bodi yang paling umum untuk mobil segmen-S adalah coupé dan convertible. Akomodasi penumpang belakang tidak menjadi prioritas untuk mobil segmen S, oleh karena itu banyak model adalah mobil dua tempat duduk atau memiliki tata letak 2+2 dengan tempat duduk belakang yang relatif sempit.

Mobil segmen S terbaru menggunakan desain mesin depan yang biasa (baik sebagai tata letak FF, tata letak FR atau tata letak F4), namun sebagian besar mobil dengan desain mesin tengah atau desain mesin belakang termasuk dalam segmen S.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "REGULATION (EEC) No 4064/89 - MERGER PROCEDURE" (PDF). Office for Official Publications of the European Communities L-2985 Luxembourg. 
  2. ^ "Latest Safety Ratings". www.euroncap.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 March 2019.