Scottie Pippen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scottie Pippen

Scottie Maurice Pippen (lahir di Hamburg, Arkansas, Amerika Serikat, 25 September 1965; umur 49 tahun) adalah bintang pemain bola basket professional Amerika Serikat terdahulu yang bermain di National Basketball Association (NBA), dan diingat kepemimpinannya di Chicago Bulls bersama dengan Michael Jordan untuk membawa klubnya memenangi 6 cincin juara dan menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang permainannya dalam sejarah NBA. Bertinggi badan 203 cm.

Pippen dikenal sebagai salah satu pemain bertahan terbaik pada jamannya, dimana ia terpilih 8 kali sebagai NBA All-Defensive Team dan 3 kali sebagai All-NBA First Team. Selain dikenal dengan permainan bertahannya, ia juga terpilih 7 kali dalam ajang NBA All Star dan ia meraih NBA All Star MVP pada tahun 1994. Ketika 1996-97 NBA season bergulir, ia terpilih dalam NBA's 50th Anniversary All-Time Team. Untuk mengingat jasa-jasanya, maka Chicago Bulls tidak lupa untuk mempensiunkan kaos bernomor punggung 33, yaitu kaos yang ia gunakan selama memperkuat klub dari kota Chicago itu, bersama Jerry Sloan, Bob Love, dan Michael Jordan yang terlebih dahulu dipensiunkan. Selama 17 tahun kariernya di NBA, ia telah bermain 12 musim bersama Chicago Bulls, 1 musim bersama Houston Rockets, dan 4 musim bersama Portland Trail Blazers dimana ia bermain selama 16 musim berurutan di babak playoff. Ia adalah pemain dengan pemegang rekor paling banyak bermain di babak playoff selain Kareem Abdul-Jabbar dan Rober Horry.

Pippen akan memenuhi syarat untuk terpilih dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 2010.

Karier NBA[sunting | sunting sumber]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Scottie Pippen tumbuh di Hamburg, Arkansas, dimana ia berkuliah di University of Central Arkansas. Saat memulai karier kuliahnya, tingginya hanya 183 cm Pippen telah berjalan di sekolah NAIA sangat kecil dan bergantung dari penerimaan atau pemasukan finansial untuk menjadi manajer tim dan pekerjaan musim panasnya sebagai pengelas. [1]. Dalam 4 tahun, bagaimanapun, Pippen tingginya bertambah menjadi 203 cm dan memperbaiki dirinya itu langsung pada tahun sebagai senior ia telah berprospek dan mempertimbangkan untuk aktif di NBA. Pippen tampil pada pra-draft Portsmouth Invitational Tournament juga melompati stok draftnya secara dramatis. Pippen dipilih sebagai urutan ke-5 pada 1987 NBA Draft oleh Seattle SuperSonics, lalu langsung dijual ke Chicago Bulls untuk 8 yang terbaik, center bertinggi 7 kaki Olden Polynice. Penjualan dilakukan dengan terhormat dan murah oleh Bulls karena Pippen mengembangkannya dalam semua bintang saat Polynice melakukan perjalanan sebagai pemain pendukung dalam banyak tim.

Pippen dengan serta-merta menjadi bagian dari penyerang muda Chicago dan ditandemkan dengan pemain bertinggi 6'10" (2.08 m) power forward Horace Grant, keduanya lebih dulu menjadi pemain cadangan untuk mendukung Brad Sellers dan Charles Oakley, berturut-turut, selama musim rookie mereka. Masih, Pippen mengklaim memulai posisi small selama 1988 playoffs dengan kebintangannya bermain, membantu Michael Jordan-memimpin Bulls untuk menjangkau semifinal Eastern Conference untuk pertama kalinya lebih dari beberapa dekade.