Patrick Ewing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patrick Ewing

Patrick Aloysius Ewing (lahir 5 Agustus 1962; umur 51 tahun) adalah pemain bola basket Amerika Serikat terdahulu kelahiran Jamaika yang bermain di NBA. Ia banyak menghabiskan kariernya di New York Knicks dan berposisi sebagai center serta bermain sebentar dengan Seattle Supersonics dan Orlando Magic. Ia bertinggi badan 213 cm.

Kehidupan nyata[sunting | sunting sumber]

Lahir di Kingston, Jamaika, Ewing saat berusia 12 tahun pindah ke Amerika Serikat dengan keluarganya, menetap di Cambridge, Massachusetts, dimana ia bersekolah di Cambridge Rindge and Latin, sebuah SMA. Lalu ia berkuliah di Georgetown University di Washington, D.C.. Ewing dikenal dan diakui sebagai pebasket kampus di eranya; ia membantu Georgetown Hoyas mencapai NCAA Men's Division I Basketball Championship Final tahun 1982, 1984 dan 1985 NCAA Men's Division I Basketball Tournament, memenangkan kejuaraan itu tahun 1984.

Karier NBA[sunting | sunting sumber]

Karena Ewing telah betul-betul mempertimbangkan prospek yang berharga seperti itu dan agar menjaga tim dari permainan yang keras supaya mengamankan dan memperoleh kesempatan yang lebih baik dari permainan Ewing, NBA memasukkannya sebagai Draft Lottery, dimana tiap-tiap 7 tim tidak boleh memberikan playoffs kesempatan yang sama untuk mengamankan terbaik yang pertama, prosesnya dimenangkan oleh New York Knicks, dan memilih Ewing sebagai yang terbaik pada 1985 NBA Draft.

Meskipun luka-luka pada tahun pertamanya di liga, namanya terukir NBA Rookie of the Year karena rata-rata menyumbangkan 20 poin, 9 rebound dan 2 blok per game. Yang akan datang, ia menjadi center utama di liga. Ewing telah 11 kali masuk NBA All-Star, masuk All-NBA First Team sekali, masuk All-NBA Second Team 6 kali dan masuk NBA All-Defensive Second Team 3 kali. Ia juga anggota asli Dream Team pada Olimpiade 1992, memenangkan medali emas kedua. Tahun 1996, ia diberi penghargaan karena namanya menjadi salah satu 50 pemain terhebat dalam sejarah NBA.