Karl Malone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karl Malone

Karl Malone (lahir di Bernice, Louisiana, 24 Juli 1963; umur 50 tahun) adalah pemain bola basket professional Amerika Serikat. Sewaktu kuliah ia dijuluki sebagai Mailman karena konsistensinya ("the mailman selalu mengirimkan") dan memenangkan NBA Most Valuable Player award dua kali. Malone umumnya betul-betul dipertimbangkan sebagai salah satu power forwards terbesar dalam sejarah NBA.

Karier[sunting | sunting sumber]

Malone menghabiskan 18 musim pertamanya (1985 sampai 2003) sebagai pemain bintang untuk Utah Jazz. Ia kemudian bermain di musim (2003-04) untuk Los Angeles Lakers sebelum pensiun. Ia bertinggi badan 206 cm.

Malone terkenal karena keekstriman bentuk badannya yang bugar, yang mana itu seperti bodybuilder. Lalu dengan Patrick Ewing, Charles Barkley, Reggie Miller, Dominique Wilkins, Elgin Baylor, dan rekan sepanjang masanya di Jazz John Stockton, ia betul-betul dipertimbangkan sebagai salah satu pemain yang tidak pernah memenangkan cincin kejuaraan.

Kostum Malone dipensiunkan pada 23 Maret, 2006, dimana Jazz menjadi tuan rumah untuk Washington Wizards. Ia juga dihargai dengan pembukaan patung perunggu diluar Delta Center bersama dengan salah satu partnernya John Stockton, dan namanya mendapat porsi di jalan 100 South St. di Salt Lake City karena pengabdiannya. Di persimpangan dimana patung Stockton dan Malone sekarang berdiri pada Persimpangan Stockton and Malone.