Samsung Galaxy Camera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Samsung Galaxy Camera

Samsung Galaxy Camera merupakan kamera yang dilengkapi dengan sistem Android 4.1 Jelly Bean yang diperkenalkan pertama kali di IFA conference, Berlin musim panas tahun 2012.[1] Produk ini merupakan inovasi dari perusahaan Korea Selatan, Samsung Electronics. Pengumuman resmi mengenai peluncuran produk ini adalah pada bulan Agustus, 2012 dengan slogan "Camera.Reborn." Samsung Galaxy Camera yang merupakan pelopor dari camera/smart device hybrid dilengkapi dengan jaringan 3G serta memiliki penerima GPS yang akan memberi kemampuan kepada kamera tersebut untuk melakukan geotagged photograps. [2]

Selayaknya sebuah kamera, maka Samsung Galaxy Camera juga memperhatikan fitur untuk menunjang berbagai hal yang diperlukan ketika tengah mengabadikan suatu peristiwa atau mengambil gambar. Sensor yang digunakan oleh Samsung Galaxy Camera adalah 16.3MP backside-illuminated CMOS disertai dengan optical zoom hingga 21x yang mampu menangkap objek secara close-up dengan jarak kurang lebih sekitar 15 hingga 20 meter [3]. Kemampuan maksimum ukuran foto yang mencapai 4608 x 3456 pixel (dengan format rasio 4:3), sementara ukuran minimum foto tersedia dalam ukuran 2592 x 1944 pixel.[4]. Selain itu, shutter speed (kecepatan rana) juga dapat digunakan mulai dari 1/2000 hingga 16 detik [5], dan pilihan ISO hingga 3200. Samsung Galaxy Camera GC100 juga dapat mengambil video dengan kualitas hingga fullHD 1080p dalam format MP4.

Samsung Galaxy Camera dengan tipe GC100 diperkuat dengan prosesor quad-core 1.4Ghz dan dan didukung oleh RAM (Random Access Memory) sebesar 1GB.[6]. Sementara untuk penyimpanan, disediakan memori internal 8GB yang dapat digunakan secara bebas sebesar 4GB. Terdapat slot microSD sebagai tambahan penyimpanan. Jika memori penyimpanan masih dirasa kurang, maka Anda dapat mengunggah foto atau video yang telah dihasilkan ke dalam DropBox, hal tersebut dimungkinkan karena Samsung Galaxy Camera dapat terhubung dengan jaringan internet. Sedangkan untuk daya tahan baterai, Samsung Galaxy Camera ditunjang dengan baterai Li-Ion 1650mAh.

Penggabungan smartphone dengan kamera[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Camera merupakan penggabungan antara Samsung Galaxy S III dengan Samsung Camera WB850F yang memiliki long travel-zoom. Samsung Galaxy Camera memiliki layar 4,8 inci di bagian belakangdengan resolusi 1280 x 720 (HD), serta dilengkapi dengan Super Clear touchscreen LCD (TFT). Samsung Galaxy Camera dilapisi dengan Gorilla Glass yang akan membuat layar tidak mudah tergores. Spesifikasi layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Camera memiliki kesamaan dengan layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S III, perbedaan antara keduanya hanya terletak pada penggunaan Teknologi LCD, karena Samsung Galaxy Camera tidak menggunakan layar OLED. Kualitas kamera yang dimiliki Samsung Galaxy Camera mirip dengan kualitas yang dimiliki Samsung Camera WB850F, yang memiliki 21x optical zoom dengan focal range 35 mm, ultra wide 23-483 mm, dan didukung oleh optical image stabilization. Perbedaan antara Samsung Galaxy Camera dengan smartphone terletak pada cara komunikasi. Samsung Galaxy Camera tidak memiliki fasilitas telepon, namun Samsung Galaxy Camera didukung oleh fasilitas Skype dan Viber, yang dapat digunakan melalui jaringan 3G atau WiFi. Samsung Galaxy Camera juga dapat mengirimkan pesan pendek. [7]

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Ukuran Samsung Galaxy Camera 70.8 x 128.7 x 19.1 mm, hal tersebut berarti akan lebih baik untuk meletakkan Samsung Galaxy Camera dalam tas kamera dibandingkan dalam saku. Samsung Galaxy Camera memiliki berat 300 gr jika tanpa baterai dan kartu. Berat tersebut menjadikan Samsung Galaxy Camera 25% lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan Samsung Camera WB850F. Samsung Galaxy Camera tersedia dalam dua warna, yakni hitam dan putih. Material pembuat dari Samsung Galaxy Camera lebih banyak berasal dari logam metal dibandingkan dari plastik. Material logam metal membuatnya tampak lebih berkelas ditambah pegangan kamera dengan sleek design yang memudahkan untuk memegang kamera tersebut. Selain itu, Samsung Galaxy Camera memiliki diameter lensa 23 mm. [8]

Tata letak[sunting | sunting sumber]

Di bagian atas dari Camera Galaxy Camera terdapat tombol power yang berdampingan dengan dengan tombol shutter. Kontrol zoom dapat juga berfungsi untuk mengatur volume jika sedang merekam video. Di bagian samping bawah terdapat speaker. Di atas speaker terdapat tombol untuk memunculkan lampu flash. Ketika tombol ditekan, akan muncul bagian lampu flash pada bagian atas kamera yang dapat digunakan untuk menambah cahaya ketika kekurangan cahaya dalam pengambilan gambar. Untuk mengembalikan flash ke tempat semula cukup menekannya kembali. Beralih ke bagian kanan,terdapat port audio 3.5 mm dan port microUSB beserta handle tempat menyimpan aksesori tali gantungan. Di bagian bawah dari Samsung Galaxy Camera terdapat tempat baterai yang di dalamnya juga terdapat tempat simcard 3G, HDMI port, serta slot microSD.[9]

Fitur produk[sunting | sunting sumber]

Smart PRO MODE[sunting | sunting sumber]

Smart PRO MODE adalah fitur pengambilan foto yang memungkinkan pengguna Samsung Galaxy Camera menggunakan modus yang sesuai dengan kebutuhan sehingga akan menghasilkan gambar yang baik. Berikut ini merupakan mode yang terdapat dalam fitur Smart PRO MODE.

1.Modus Pemandangan adalah mode yang dapat Anda gunakan jika Anda akan mengambil gambar pemandangan.

2.Modus Makro adalah mode pengambilan objek dari jarak dekat atau untuk mendapatkan detail seperti memotret teks.

3.Modus Pembekuan Tindakan adalah modus yang dapat Anda gunakan jika Anda ingin memotret objek yang bergerak dengan cepat seperti pergerakan kipas angin atau kendaraan bermotor.

4.Rich Tone Mode adalah modus yang memungkinkan lensa untuk mengambil gambar yang sama dengan nilai exposure berbeda dan menggabungkannya dalam sebuah gambar yang memiliki ciri warna yang lebih lembut dan kaya.

5.Modus Panorama adalah modus pengambilan gambar yang menggabungkan 8 gambar yang diambil dari sudut berbeda.

6.Modus Air Terjun adalah modus yang dapat digunakan untuk memotret objek air terjun atau air yang mengalir dengan menggunakan durasi kecepatan bidikan yang sangat lambat guna mendapatkan efek yang mengesankan. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan menggunakan tripod.

7.Modus Bayangan adalah modus yang dapat dipakai untuk memotret siluet pada posisi backlight.

8.Modus Matahari Terbenam adalah modus yang dapat digunakan untuk memotret matahari saat sedang terbenam.

9.Modus Malam adalah modus pengambilan gambar yang memadukan beberapa buah gambar yang diambil menjadi sebuah gambar yang menunjukkan kecerahan yang optimal.

10.Modus Kembang Api adalah modus yang dipakai untuk memotret objek menyerupai kembang api dengan kecepatan bidikan lambat yang mengharuskan Anda untuk memakai tripod guna mendapatkan hasil yang maksimal.

11.Modus Jejak Cahaya adalah modus yang memungkinkan pengguna untuk memotret cahaya kendaraan bermotor yang berlalu lalang di malam hari.

12.Modus Wajah Indah adalah modus yang memungkinkan kamera untuk menampilkan hasil foto wajah terbaik dengan cara mengurangi pemandangan warna yang mengganggu.

13.Modus Foto Terbaik adalah modus yang memungkinkan kamera untuk mengambil 6 buah foto secara berurutan dan membiarkan Anda untuk memilih salah satu foto dengan hasil terbaik untuk kemudian disimpan.

14.Modus Berkelanjutan adalah modus pemotretan secara berurutan dengan jumlah maksimal 4 foto setiap detiknya.

15.Modus Ahli adalah modus yang diperuntukkan bagi pengguna kamera yang telah mahir dalam pengoperasian kamera. Dengan modus ahli, Anda akan mengatur sendiri pengaturan kamera sesuai dengan situasi dan selera Anda. Fitur ini menampilkan antarmuka layaknya DSLR. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur mulai dari kecepatan membidik, apperture, resolusi, zoom, metering, ketajaman, kecerahan, contrast dan masih banyak lagi yang lainnya. [10]

Video Gerak Lambat[sunting | sunting sumber]

Terdapat fitur Video Gerak Lambat atau Slow Motion Video yang dapat merekam video dengan mode lambat. Dengan 120 frames per detik dan dengan resolusi 720x480 yang nantinya dapat memainkan kembali dengan kecepatan lambat [11].

Kontrol Suara[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Camera memungkinkan untuk memerintah dengan suara. Perintah suara dapat digunakan untuk melakukan zoom-in serta zoom-out. Dalam menu album, perintah suara dapat digunakan untuk menghapus, memutar, serta membagi foto.

Foto Ajaib[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Camera memiliki 65 fitur untuk mengedit foto [12]. Hal tersebut akan memudahkan dalam mengedit foto secara profesional.

Film Ajaib[sunting | sunting sumber]

Fitur ini merupakan fitur edit video.

Berbagi Hasil Gambar[sunting | sunting sumber]

Fitur Berbagi Hasil Gambar atau Share shot memungkinkan untuk membagi foto yang telah diambil dengan 5 alat dengan menggunakan jaringan Wi-Fi Direct. Wi-Fi Direct prinsipnya hampir sama dengan Bluetooth, yaitu jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang frekuensi radio. Memang tidak semua perangkat memiliki fasilitas Wi-Fi Direct, karena hanya perangkat tertentu saja yang sudah memiliki fasilitas Wi-Fi Direct. Galaxy Tab dan Galaxy S III atau Galaxy Note merupakan contoh perangkat yang dapat terkoneksi melalui Wi-Fi Direct. Fasilitas Wi-Fi Direct tidak hanya sebatas itu, fasilitas kamera ini bisa juga mengirimkan satu atau banyak foto sekaligus dalam bentuk kelompok ke beberapa perangkat sekaligus yang terkoneksi pada jaringan Wi-Fi sama. Cara ini bisa dilakukan antara lain melalui group cast pada aplikasi Allshare Play, yang tentunya aplikasi tersebut sudah ditanamkan ke perangkat masing-masing. Dengan begitu, ketika berfoto secara berkelompok kamera yang dibutuhkan cukup satu saja.

Unggah Otomatis[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Camera memiliki fitur yang dapat menyimpan foto – foto secara otomatis ke dalam cloud yang bernama Unggah Otomatis atau Auto Upload. Dengan begitu foto – foto tersebut memiliki salinan yang dapat diambil sewaktu – waktu.

Konektifitas Lancar (3G & Wi-Fi)[sunting | sunting sumber]

Melalui Galaxy Camera, Anda dapat terkoneksi dengan internet. Fitur tersebut memudahan dalam mengunggah, berbagi, dan melakukan posting di media sosial.

Wajah Terbaik[sunting | sunting sumber]

Fitur best face menyediakan layanan untuk mengubah wajah yang kurang cocok dalam sebuah foto yang telah diambil. Fitur ini dapat digunakan untuk membuka mata, untuk mengubah senyuman, atau mengubah ekspresi yang telah diabadikan dengan ekspresi lain yang lebih tepat.

Review Samsung Galaxy Camera[sunting | sunting sumber]

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

1. Telah ditunjang dengan Android Jelly Bean. 2. Dilengkapi kamera 16MP dengan 21x perbesaran. 3. Memiliki prosesor Quadcore 1.4GHz. 4. Unggul dalam koneksi karena Samsung Galaxy Camera memiliki koneksi yang beragam.

Kekurangan[sunting | sunting sumber]

1. Daya dukung baterai hanya 1650mAh. 2. Masih kurang pada aksesori tambahan. 3. Modus pengambilan berkelanjutan memiliki kecepatan yang kurang gesit dalam pengambilan gambarnya.[13]

Samsung Galaxy Camera di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Samsung Galaxy Camera tipe GC100 dijual dengan harga Rp.5,500,000,00 [14]. Di Indonesia Samsung Galaxy Camera mulai dikenalkan pada bulan November tahun 2012. [15]. Karena harga dari Samsung Galaxy Camera di Indonesia dirasa masih tinggi, akan diluncurkan Samsung Galaxy Camera tipe baru dengan hanya mengandalkan Wi-Fi saja tanpa adanya 3G. Harga Samsung Galaxy Camera yang hanya mengandalakan fitur Wi-Fi diperkirakan sebesar $299.[16].

References[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]