Salamander

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salamander
Rentang fosil: Jura - Kini
Salamander totol, Ambystoma maculatum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Urodela

Scopoli, 1777
Subordo beserta famili
Habitat salamander (hijau)

Salamander atau semandar adalah nama umum bagi sekitar 550 spesies amfibi.[1] Mereka secara umum dicirikan oleh penampilan mirip kadal, dengan tubuh ramping, hidung pendek, dan ekor yang panjang. Salamander beserta kerabatnya yang telah punah dimasukkan ke dalam klad Caudata, sedangkan spesiesnya yang masih ada digolongkan ke dalam ordo Urodela.[2] Sebagian besar salamander memiliki empat jari pada kaki depan mereka dan lima jari pada kaki belakang mereka. Kulit mereka yang lembap menjadikan mereka lebih suka tinggal di habitat di atau dekat air, atau dalam tempat yang terlindung (misalnya tanah lembap), sering kali di lahan basah. Beberapa spesies Salamander sepenuhnya tinggal di air sepanjang hidup mereka, sebagian tinggal di air untuk sementara, dan sebagian lagi tinggal di darat ketika dewasa. Mereka makhluk vertebrata yang unik karena mereka dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Blackburn, D.C.; Wake, D.B. (2011). "Class Amphibia Gray, 1825. In: Zhang, Z.-Q. (Ed.) Animal biodiversity: An outline of higher-level classification and survey of taxonomic richness" (PDF). Zootaxa. 3148: 39–55. 
  2. ^ Larson, A. and W. Dimmick (1993). "Phylogenetic relationships of the salamander families: an analysis of the congruence among morphological and molecular characters". Herpetological Monographs (dipublikasikan tanggal c1993). 7 (7): 77–93. doi:10.2307/1466953. JSTOR 1466953. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]