Sadcore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sadcore adalah subgenre yang kadang-kadang diidentifikasi oleh jurnalis musik untuk menggambarkan contoh rok alternatif yang dicirikan oleh lirik yang suram, melodi yang suram dan tempo yang lebih lambat, atau sebagai alternatif, lagu-lagu dengan melodi upbeat yang menipu yang secara bersamaan dicirikan oleh nada atau citra liris yang depresif. Ini adalah definisi yang longgar dan tidak menggambarkan gerakan, kelompok, atau adegan tertentu. Ini dikategorikan oleh panduan referensi AllMusic sebagai musik "oleh dan untuk orang yang depresi".[1][butuh sumber yang lebih baik] Sadcore kadang-kadang dianggap sinonim dengan istilah slowcore, dan keduanya memiliki perbedaan yang sering diabaikan sebagai label oleh band yang akan mereka gambarkan.

LA Weekly menyebut Charlyn Marshall (alias Cat Power) sebagai "Ratu Sadcore".[2] Pada tahun 2006, The News Record menggunakan istilah tersebut untuk merujuk pada Arab Strap, menggambarkan suara mereka sebagai "sangat mirip dengan band asli Skotlandia: gelap, dingin, hujan dan menyedihkan" serta "agresif dan muram."[3]

Istilah ini masih berlaku dalam budaya pop. Gaya musik Lana Del Rey telah digambarkan sebagai "sadcore Hollywood".[4][5] Sehubungan dengan lagunya, "Blue Jeans", jurnalis MTV Nicole James mencatat bahwa neologisme adalah "kata buzz musik" yang beredar di blog musik.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AllMusic definition
  2. ^ Payne, John (February 13, 2003). "The Queen of Sadcore". LA Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-08. Diakses tanggal September 28, 2016. 
  3. ^ "Scottish duo release sadcore album - Arts & Entertainment". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-09-13. 
  4. ^ James, Nicole. "New Video: Lana Del Rey, 'Blue Jeans'". MTV. Viacom. Diakses tanggal 5 October 2012. 
  5. ^ "Lana Del Rey - Biography". MTV. Viacom. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2012. Diakses tanggal 5 October 2012. 
  6. ^ James, Nicole (12 September 2011). "New Video: Lana Del Rey, 'Blue Jeans'". MTV. Viacom. Diakses tanggal 9 November 2012.