Sachsen-Coburg-Eisenach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach

Herzogtum Sachsen-Coburg-Eisenach
1572-1596
1633-1638
{{{coat_alt}}}
Lambang
StatusNegara dalam Kekaisaran Romawi Suci
Ibu kotaCoburg
PemerintahanKadipaten (Kepangeranan)
Era SejarahAbad Pertengahan
• Memisahkan diri dari Sachsen-Weimar
1572
• Penggabungan Sachsen-Coburg
    dan Sachsen-Eisenach
1596
• Sachsen-Coburg masuk ke wilayah Sachsen-Eisenach
1633
• Terbagi ke dalam Sachsen-Weimar dan Sachsen-Altenburg
1638
Didahului oleh
Digantikan oleh
Saxe-Weimar Sachsen-Weimar
Sachsen -Altenburg Saxe-Altenburg
Sachsen -Weimar Saxe-Weimar
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach adalah sebuah kadipaten yang termasuk kedalam kekuasaan Kekaisaran Romawi Suci. Wilayah ini ada dalam masa yang sangat pendek, yakni pada periode 1572-1596 dan 1633-1638. Wilayahnya menempati wilayah yang saat ini adalah negara bagian Bavaria dan Thuringia di Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kadipaten ini terbentuk saat Divisi Erfurt pada tahun 1572 yang menyatakan untuk memisahkan Coburg dan Eisenach dari kekuasaan Kadipaten Sachsen-Weimar. Untuk memimpin dua wilayah ini ditunjuklah John Casimir dan John Ernest yang merupakan putra dari John Frederick II. Namun, kekuasaan mereka saat itu masih dibatasi, dua wilayah ini pada mulanya diatur secara penuh oleh Elektor August dari Saxony.

Pada tahun 1586 kekuasaan penuh dari Elektor August berakhir dan John Casimir beserta John Ernest memulai pemerintahannya secara penuh di Kadipaten. John Ernest lalu kembali dari kediamanya di Marksuhl untuk secara resmi menjalankan pemerintahan. Pemerintahan bersama ini berjalan selama lima tahun hingga keduanya sepakat untuk memecah Kadipaten menjadi dua. John Casimir menguasasi Kadipaten Sachsen-Coburg dan Kadipaten Sachsen-Eisenach.

When John Casimir meninggal tanpa memiliki seorang pun putra, John Ernest mewarisi Coburg yang ditinggalkan John Casimir dan menggabungkannya kembali dengan Eisenach. Setelah itu John Ernest juga meninggal tanpa mempunyai anak, maka wilayah Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach dipecah dan dimasukkan ke wilayah Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Altenburg yang dipimpin oleh saudara mereka yang lain dari keturunan Ernestine.

Kadipaten Sachsen-Coburg dan Kadipaten Sachsen-Eisenach tidak pernah lagi menjadi satu negara bersama hingga semua wilayah anggota kadipaten-kadipaten Ernestine bersatu sebagai negara Thuringia pada tahun 1920.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]


Halaman ini adalah terjemahan dari Wikipedia bahasa Jerman yang kurang lebih sama.