Sachsen-Coburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kadipaten Sachsen-Coburg
Herzogtum Sachsen-Coburg
Negara dalam Kekaisaran Romawi Suci

 

1596–1633
1680–1735

 

Lambang

Saxe-Coburg, shown with the other Ernestine duchies
Ibukota Coburg
Pemerintahan Kadipaten
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Bagian dari
    Sachsen-Coburg-Eisenach
    dan Sachsen-Weimar


1572
 -  Bagian dari Sachsen-Coburg
    dan Sachsen-Eisenach
1596
 -  Masuk dalam wilayah Sachsen-Eisenach 1633
 -  Repartisi
    dari Sachsen-Gotha

1680
 -  Diklaim oleh
    Saschsen-Saalfeld

1699–1735
 -  Digabungkan dengan
    Sachsen-Coburg-Saalfeld
1735
a: Lambang yang digunakan adalah seperti yang digunakan oleh Alfred, Adipati Sachsen-Coburg-Gotha.

Sachsen-Coburg (Bahasa Jerman : Sachsen-Coburg) adalah sebuah kadipaten yang dikuasai oleh Wangsa Wettin yang merupakan keturunan dari Adipati Ernestine. Wilayah ini menempati wilayah yang sekarang adalah Bavaria, Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah Divisi Erfurt pada tahun 1572, Coburg adalah bagian dari Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach, yang dikuasai oleh John Casimir dan saudaranya John Ernest. Pada tahun 1596 Kadipaten Sachsen-Coburg-Eisenach dipecah, dan John Casimir memimpin Kadipaten Sachsen-Coburg sedangkan John Ernest memimpin Kadipaten Sachsen-Eisenach. Saat John Casimir meninggal pada tahun 1633, saudaranya John Ernest menguasai Kadipaten Sachsen-Coburg hingga kematiannya pada tahun 1638. Wilayah yang tadinya dikuasai John Ernest kemudian dibagi menjadi Kadipaten Sachsen-Weimar dan Kadipaten Sachsen-Altenburg. Karena hal ini, maka wilayah Coburg masuk dalam wilayah Kadipaten Sachsen-Altenburg yang dipimpin Frederick William II.

Pada tahun 1672, Kadipaten Sachsen-Altenburg lalu digabungkan dengan Kadipaten Sachsen-Gotha dibawah pimpinan Ernest I. Ernest mempunyai tujuh putra. Dan ia membagi-bagikan wilayah untuk dikuasai oleh tujuh putranya tersebut pada tahun 1680. Kadipaten Sachsen-Coburg dibangun kembali dan diberikan kepada Albert V. Kekuasaannya bertahan hingga tahun 1699, ketika Albert V meninggal tanpa memiliki seorang putra. Kemudian saudaranya, John Ernest IV mengklaim wilayah warisan tersebut, namun tidak disetujui oleh kakaknya Bernhard I yang juga merasa berhak akan wilayah tersebut. Konflik yang terjadi tidak terselesaikan hingga tahun 1735, ketika sebagian besar wilayah Kadipaten Sachsen-Coburg akhirnya digabungkan dengan Kadipaten Sachsen-Saalfeld berdasarkan keputusan Kaisar Charles VI. Wilayah yang bersatu ini kemudian dinamakan Kadipaten Sachsen-Coburg-Saalfeld.

Adipati[sunting | sunting sumber]

Kadipaten ini kemuadian masuk dalam wilayah Kadipaten Sachsen-Eisenach, dan kembali berdiri sendiri pada tahun 1680

Kadipaten ini lalu digabungkan dengan dengan Kadipaten Sachsen-Saalfeld dan berganti nama menjadi Kadipaten Sachsen-Coburg-Saalfeld.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]