SMA Negeri Bangun Jaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri Bangun Jaya
Informasi
Didirikan27 Oktober 2003
JenisSekolah Menengah Atas Negeri
AkreditasiTerakreditasi A
Kepala SekolahHendra Rihartono, S.Pd, M.Pd
Jumlah kelas12
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013
Jumlah siswa±500
StatusNegeri
Alamat
LokasiJL. JENE

Kelurahan : Bangun Jaya Kecamatan : Bulang Tengah Suku Ulu

Kabupaten Musi Rawas 31652, Sumatera Selatan,  Indonesia
Tel./Faks.(0852)6623-1786
Koordinat3°20′19″S 103°22′11″E / 3.3384776°S 103.3697185°E / -3.3384776; 103.3697185
Situs webSMANBANGUNJAYA.SCH.ID
Moto
MotoRambate Rata Hayo

SMA Negeri (SMAN) Bangun Jaya, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Kelurahan : Bangun Jaya , Bulang Tengah Suku Ulu ,Kabupaten Musi Rawas , Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri Bangun Jaya ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK.

Komite Sekolah[sunting | sunting sumber]

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.

Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Ketua Komite SMA Negeri Bangun Jaya adalah Ujang Murni, S.Pd.[1]

Fasilitas Sekolah[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMA Negeri Bangun Jaya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Melanjutkan pembangunan aula

Fasilitas Sekolah Berwawasan Lingkungan

  • Green House
  • Keran air cuci tangan
  • Taman sekolah, dilengkapi biopori
  • Sumur resapan
  • Area tanaman siswa dan tanaman obat
  • Area daur ulang dan pengolahan kompos
  • Area Taman
  • Taman Berseri
  • Gazebo

Fasilitas Olahraga dan Kesehatan

Laboratorium

Organisasi Siswa Intra Sekolah[sunting | sunting sumber]

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri Bangun Jaya merupakan satu dari dua organisasi kesiswaan resmi di SMA Negeri Bangun Jaya, selain Majelis Perwakilan Kelas. Organisasi ini diurus dan dikelola oleh para siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS. Di SMA Negeri Bangun Jaya, OSIS dibimbing oleh Majelis Bimbingan Organisasi (MBO), yang dipimpin langsung oleh Kepala SMA Negeri Bangun Jaya bersama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Seluruh siswa SMA Negeri Bangun Jaya memiliki hak untuk menjadi pengurus OSIS, dengan mengikuti tahapan seleksi yang disebut dengan Pemilihan OSIS Dua (POD). Selanjutnya, para pengurus OSIS tersebut melaksanakan program kerja yang telah disusun, dengan memperhatikan usulan dan arahan dari MBO serta Majelis Perwakilan Kelas.

Musyawarah Perwakilan Kelas[sunting | sunting sumber]

Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) adalah lembaga legislatif siswa yang juga mengawasi OSIS yang anggotanya berkedudukan sejajar dengan Ketua OSIS. MPK berfungsi sebagai aspirator dari seluruh warga SMA NegeriBangun Jaya, evaluator kerja dan kinerja OSIS dalam satu periode, dan planner untuk merencanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta program kerja OSIS dan MPK sendiri selama satu periode.

Seperti halnya pengurus OSIS, seluruh siswa SMA Negeri Bangun Jaya berhak untuk menjadi pengurus MPK dengan mengikuti tahapan seleksi yang disebut dengan Pemilihan MPK Dua (PMD).

Dalam komunikasi sehari-hari, MPK sering disebutkan bersamaan dengan OSIS dengan sebutan OSIS-MPK.

Kegiatan ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri Bangun Jaya dilaksanakan di bawah MBO dan OSIS, dan ditetapkan setiap tahunnya berdasarkan Surat Keputusan Kepala SMA Negeri Bangun Jaya. Berikut ekstrakurikuler SMA Negeri Bangun Jaya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Admin. "Komite SMA Negeri Bangun Jaya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-20. Diakses tanggal 24 Mei 2020.