SMA Negeri 1 Labuhan Deli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SMA Negeri 1 Labuhan Deli
Informasi
Didirikan2006
Nomor Statistik Sekolah301070101180
Nomor Pokok Sekolah Nasional10220216
Kepala SekolahDrs. Muhammad Subki
Jurusan atau peminatanMSAINS
SOS
Rentang kelasX MSAINS 1-3 (3 Kelas), X SOS 1-2 (2 Kelas), XI MSAINS 1-2 (2 Kelas), XI SOS 1-2 (2 Kelas), XII IPA 1-2 (2 Kelas), XII 1-2 (2 Kelas)
KurikulumKurikulum 2013 untuk kelas X, XI, dan XII
StatusSekolah Negeri
Alamat
LokasiJalan Serbaguna Ujung Psr. IV Helvetia, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Situs webwww.smansalabdel.sch.id
Moto
MotoBisa & Unggul
Logo OSIS SMAN 1 Labuhan Deli
Logo PASPEDLI SMAN 1 Labuhan Deli
Logo PASPEDLI SMAN 1 Labuhan Deli

SMA Negeri 1 Labuhan Deli, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang terletak di Jalan Sebaguna Ujung Psr. IV Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Labuhan Deli ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Pada awal berdiri, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pada tahun 2013, sekolah ini menggunakan Kurikulum 2013.

Sejarah Sekolah[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan perkembangan dan populasi penduduk yang sangat padat serta tuntutan akan kebutuhan sarana prasarana pendidikan dan semakin kompleksnya aktivitas masyarakat ditambah lagi dengan letak geografis Kecamatan Labuhan Deli yang berada di pinggiran kota Medan, maka tuntutan akan kebutuhan pendidikan akan semakin terasa. terutama terhadap sekolah lanjutan negeri yang selama ini belum dimiliki oleh Kecamatan Labuhan Deli (khususnya SMA Negeri)

Jika dibanding dengan kecamatan-kecamatan lainnya yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Labuhan Deli masih tertinggal dengan kecamatan-kecamatan lainnya.

Bertitik tolak dari pertimbangan dan hal-hal tersebut diatas maka pada tahun 1997 muncul ide atau gagasan sebahagian masyarakat yang ada di Kecamatan Labuhan Deli untuk mengusulkan didirikannya SMA Negeri di Kecamatan Labuhan Deli.

Namun wacana tersebut tidak dapat terealisasi dikarenakan kurangnya akses yang dilakukan oleh masyarakat tersebut dikarenakan kurangnya dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas besarnya pengaruh tokoh-tokoh masyarakat terhadap sekolah-sekolah swasta yang ada di Kecamatan Labuhan Deli (sebab saat ini sekolah-sekolah swasta telah duluan mendapat simpati dari masyarakat) sehingga kesan terhadap sekolah negeri sangat rendah.

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu ± 8 tahun untuk mengubah pola pikir tokoh-tokoh tersebut ditambah dengan motivasi serta perbandingan-perbandingan dengan kecamatan lain, serta dukungan dari berbagai elemen berusaha meyakinkan bahwa tidak ada perbedaan antara sekolah swasta dan sekolah negeri ditambah lagi dengan memunculkan kesan “ yang terbaik akan dipilih oleh masyarakat” serta masing-masing sekolah akan memacu prestasi akdemik untuk mencapai tujuan serta kepercayaan masyarakat.

Alhamdulillah SMA Negeri 1 Labuhan Deli dapat terealisasi melalui sebuah kumpulan yang diberi nama PPHM (Penyalur Penyambung Hasrat Masyaakat) Pada tahun 2006/2007 untuk tahun ajaran 2006/2007 Pemerintah c/q Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Deli Serdang mengizinkan untuk menerima 3 kelas, akan tetapi dikarenakan oleh tingginya animo masyarakat, maka atas usul penggagas dapat diterima 1 kelas lagi, sehingga menjadi 4 kelas dengan catatan yang satu kelas harus menyumbang untuk membuatkan 1 (satu) ruangan ditambah dengan mobilernya dan itu telah disanggupi.

Sebagai ungkapan terima kasih masyrakat atas dibukanya SMA negeri 1 Labuhan Deli, penggagas mengundang Kepala Dinas P dan P Kabupaten Deli Serdang ( Drs Bahrumsyah,MM) untuk membuka masa orientasi siswa dan penyerahan secara simbolis orang tua siswa kepada sekolah di Rumah Anak Madani (RAM) Pasar VII desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli.

Deli pada siang hari.Seiring perjalanan waktu sembari menanti bangunan dari pemerintah tahun demi tahun dilalui dengan keadaan yang serba adanya.

Pada tahun ajaran 2007/2008 dan 2008/2009 Proses PSB agak stagnan, jumlah pendaftaran tidak memenuhi kuota. hal tersebut dikarenakan ketidakpastian letak gedung serta bangunan sekolah, sehingga muncul keresahan masyarakat terutama para orang tua/wali siswa sebab sampai saat itu kelanjutan pendidikan anak mereka tidak pasti ditambah lagi dengan semakin dekatnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sebab pada saat ini sudah mendidik kelas tertinggi (kelas III).

Akan tetapi para pendidik tidak merasa kecil hati walaupun sekolah masih menumpang namun tetap bersemangat menjalankan tugas-tugasnya, mampu melaksanakan kegiatan-kegiata ekstra lainnya apakah itu pengajian, olahraga, seni serta kegiatan les-les tambahan bagi kelas tertinggi.

Alhamdulillah berkat usaha-usaha keras para siswa, orang tua, pendidik, maka pada tahun ajaran 2008/2009 siswa SMA Negeri 1 Labuhan Deli untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Nasional (UN) ditempatnya dan bergabung dengan sub rayon 05 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan lulus 100%.

Pada tahun 2009 SMA Negeri 1 Labuhan Deli mendapat kepercayaan dari pihak kecamatan untuk menjadi petugas paskibraka tingkat kecamatan dan alhamdulillah berjalan sukses dan lancar tidak ada hambatan apapun. Pada Tahun ajaran 2009/2010 minat masyarakat terhadap SMA Negeri 1 Labuhan Deli mulai meningkat, ditandai denga tingginya pendaftaran yang mendaftar dari 120 orang yang ditampung untuk diterima, yang mendaftar ±235 orang. Hal tersebut dikarenakansudah adanya kepastian letak gedung dan bangunan sehingga masyrakat sudah mulai mempercayai SMA Negeri 1 Labuhan Deli.

Gedung baru yang dimaksud sudah berdiri di lokasi Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli sebanyak 3 ruang belajar ditambah dengan 1 kantor dilengkapi dengan mobilernya. Mulai tahun ajaran 2009/2010 bangunan tersebut digunakan akan tetapi dikarenakan oleh keterbatasan jumlah maka sebagian masih tetap belajar di ruangan SMP Negeri 1 Labuhan Deli.

Sejarah Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Drs. H. Yakub Pasaribu (2006 - 2008)
  • Muliadi, S.Pd (2008 - 2013)
  • Porang Siregar, S.Pd (2013 - 2014)
  • M. Yusuf, S.Pd, M.Si (2014 - 2015)
  • Drs. Muhammad Subki (2015 - Sekarang)

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMA Negeri 1 Labuhan Deli untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Labuhan Deli memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya,