SMA Negeri 1 Gresik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Gresik
Informasi
Didirikan 18 Oktober 1957
Akreditasi A
Nomor Statistik Sekolah 301050105001
Kepala Sekolah Drs. Suswanto, MM
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan
IPS
Rentang kelas X
XI IPA dan XI IPS
XII IPA dan XII IPS
X dan XI akselerasi
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Alamat
Lokasi Jalan Arief Rahman Hakim no. 1, Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Telp./Faks. 031-3981887
Situs web http://www.sman1gresik.info

SMA Negeri 1 Gresik, yang juga dikenal dengan nama Smansagres merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri favorit di Gresik. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Gresik ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah ini terletak di pusat Kabupaten Gresik, tepatnya di Jalan Arief Rahman Hakim. Berseberangan dengan Kantor Dinas Pendidikan dan Universitas Gresik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan 12 Juli merupakan cikal bakal berdirinya SMAN 1 Gresik. Yayasan yang lahir pada tanggal 12 Juli ini mula-mula berusaha untuk mendirikan suatu SMA yang diberi nama SMA 12 Juli. Tenaga pengajarnya sebagian dari guru SMPN 1, karyawan PT. Semen Gresik, dan Mahasiswa.

Untuk mewujudkan sebuah bangunan gedung SMA yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yayasan 12 Juli mencoba untuk merealisasi maksud tersebut dengan meminta bantuan partisipasi masyarakat, Pemda, perusahaan-perusahaan yang ada di Gresik dan dari pihak-pihak lain. Usaha ini mendapatkan sambutan yang cukup besar; misalnya:
A. Dari masyarakat berupa tambahan dana pembangunan SMA yang di kaitkan pembayarannya dengan pembangunan langganan air dan listrik.
B. Dari Pemerintah Daerah berupa izin dari Gubernur Jawa Timur untuk tambahan retribusi kopra yang masuk lewat pelabuhan Gresik sebesar 2,00 perkilo.
C. Dari perusahaan berupa bantuan semen dari PT. Semen Gresik.

Atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi dari Panitia Yayasan 12 Juli dan semua lapisan masyarakat, maka terwujudlah bangunan permanen gedung SMA di atas tanah yang memenuhi syarat. Bangunan terdiri dari 6 ruang untuk belajar dan di tambah:
1. 1 Ruang Kantor Kepala Sekolah
2. 1 Ruang Kantor Wakil Kepala Sekolah
3. 1 Ruang Tata Usaha
4. 1 Ruang Gudang
5. 1 Ruang Kamar Mandi
6. 1 Ruang WC
7. 2 Tempat Sholat
8. Ruang Guru
9. Ruang BK
10. Ruang AVA
11. Ruang Lab IPA
12. Ruang Lab Bahasa
13. Ruang Perpustakaan
14. Ruang TI

Di samping itu bangunan tersebut di lengkapi pula dengan mebel dan alat-alat kantor. Dengan selesainya bangunan tersebut, Yayasan 12 Juli berkeinginan mendirikan SMA 12 Juli. Tetapi hal ini tidak dapat di laksanakan karena adanya pertimbangan-pertimbangan tertentu terhadap SMA 12 Juli. Akhirnya tepat tanggal 1 Agustus 1964 Pemerintah melalui Bapak Gubernur Jawa Timur Wiyono menyetujui berdirinya SMA Negeri dengan nama SMA Negeri Gresik.

Daftar Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Periode Nama
1964-1967 R. Soentoro BA
1967-1968 R. Soewismo
1968-1978 Hartarto Muchjito
1978-1983 R. Wasis Joedoprawiro
1983-1987 Moelyono Mardisiswoyo
1987-1992 Suwarno
1992-1997 H. Machjub A. A
1997-2001 Drs. H. M Qosim, M.Si
2001-2003 Drs. H. Chusaini Mustas, M.Pd
2003-2007 Drs. Khoirul Huda, M.Si
2007-2012 Drs. Suyatno, MM
2012 - sekarang Drs. Suswanto, MM

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

  • Nilai Akreditasi: 98.43[1]
  • Peringkat Akreditasi: A
  • Tanggal Penetapan: 28 November 2008

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Gresik untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Organisasi Siswa[sunting | sunting sumber]

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan OSIS di berbagai sekolah, OSIS SMA Negeri 1 Gresik menjalankan fungsi eksekutif berupa mengadakan kegiatan-kegiatan bagi siswa sekolah maupun masyarakat umum. Uniknya, OSIS SMA Negeri 1 Gresik terkenal dengan kegiatannya yang sangat banyak dan mirip seperti event organizer namun tetap sebagai status siswa SMA. OSIS SMA Negeri 1 Gresik menaungi 10 seksi, yang mencakup bidang kerohanian, kepribadian, lingkungan hidup, ICT, bela negara, olahraga, seni, kewirausahaan, dan keorganisasian.

Majelis Perwakilan Kelas (PK)[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti lazimnya MPK di sekolah lain, MPK SMA Negeri 1 Gresik banyak melakukan aksi "turun lapang" dalam roda organisasinya. Fungsi pengawasan dilakukan secara langsung bersamaan dengan berjalannya program. Oleh karena itu, antara OSIS dan MPK di SMA Negeri 1 Gresik sering disebut bersamaan sebagai "PK-OSIS SMA Negeri 1 Gresik".

Remaja Masjid Roudhotul 'Ulum (RRU)[sunting | sunting sumber]

Keberadaan Remaja Masjid di SMA Negeri 1 Gresik merupakan pengembangan dari adanya Kerohanian Islam (Rohis) yang sebelumnya ada di sekolah ini. Dengan kegiatan yang berpusat di masjid sekolah sejak tahun 2002, Remaja Masjid telah menjadi organisasi utama di SMA Negeri 1 Gresik. Jumlah pengurus rata-rata 80an orang atau 25% siswa, menjadikan SMA Negeri 1 Gresik sebagai sekolah yang cukup religius, mengingat identitas Gresik sebagai Kota Santri. Nama Roudhotul 'Ulum sendiri merupakan nama masjid sekolah, dimana nama sebelumnya adalah Roudhotul 'Ilmi. Selain sebagai pengurus masjid, Remas Roudhotul 'Ulum juga sering berprestasi di bidang keagamaan seperti Qiro'ah dan Hadrah Al-Banjari.

Pasukan Khusus (Passus)[sunting | sunting sumber]

PASSUS merupakan kependekan dari Pasukan Khusus. Pasukan ini terdiri dari beberapa siswa pilihan yang di saring melalui seleksi yang cukup ketat. Merupakan suatu kebanggaan bagi siswa-siswi yang terpilih menjadi bagian dari pasukan ini. PASSUS bertindak sebagai petugas upacara bendera setiap hari Senin serta pada upacara-upacara memperingati hari besar nasional lainnya. Selain bertindak sebagai petugas bendera rutin, Passus SMA Negeri 1 Gresik juga pernah mengirimkan siswanya sebagai Pasukan Pengibar Bendera di Istana Merdeka.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya,

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


mmm
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan