SMA Kristen Penabur Gading Serpong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMAK PENABUR Gading Serpong

Informasi
Didirikan 2002
Jenis Sekolah Swasta
Akreditasi Terakreditasi A
Kepala Sekolah Satidjan M.Pd
Program/jurusan/
peminatan
Reguler (kelas X MS, X SOC, XI IPA, XI IPS, XII IPA dan XII IPS) dan Brilliant Class
Rentang kelas 8 kelas setiap tingkat
Jumlah siswa 868 (450 laki-laki, 418 perempuan)
Alamat
Lokasi Jln. Kelapa Gading Barat Raya, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Bendera Indonesia Indonesia
Telp./Faks. (021) 5420 5137
Situs web www.bpkpenabur.or.id/id/school/smakgsjkt
Institusi Gereja Kristen Indonesia
Yayasan BPK PENABUR
Afiliasi Surya Institute
Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Krida Wacana
Ukrida Penabur Internasional

SMAK Penabur Gading Serpong (biasa disingkat SMAK GS) adalah salah satu sekolah swasta Kristen dan berada di bawah Yayasan BPK Penabur Jakarta. SMA yang terletak di kawasan Summarecon Gading Serpong ini didirikan dengan nama asli SMAK 6 BPK PENABUR Jakarta dan dahulu berlokasi di Modern Land, Tangerang, Banten.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMAK PENABUR Gading Serpong adalah kelanjutan dari SMAK 6 BPK PENABUR Jakarta yang berada di wilayah Modern Land, Tangerang. Pada tahun 1999, SMAK 6 berdiri untuk menjawab kebutuhan lulusan dari SMPK Modern Land BPK PENABUR Jakarta dan juga keinginan masyarakat di Kota Tangerang dan sekitarnya yang berharap ada sekolah BPK PENABUR pada jenjang SMU di tempat ini. Dengan dukungan dari Yayasan BPK PENABUR Jakarta, akhirnya SMAK 6 berdiri dengan dipimpin kepala sekolah pertama Thomas Susanto, S.T. (sekarang adalah kepala SMPK 4, Kelapa Gading, Jakarta Utara), dan dengan wakil kepala sekolah Drs. Lo Sing Kim. Pergantian kepala sekolah terjadi pada tahun 2000, karena Bapak Thomas Susanto, S.T. tidak mungkin memimpin pada dua jenjang berada, mengingat masing-masing jenjang membutuhkan perhatian dan konsentrasi berbeda dalam pengelolaannya.

Oleh Yayasan diputuskan agar Drs. Lo Sing Kim menjadi Kepala SMAK 6 BPK PENABUR dan dibantu oleh Etiwati, S.Pd., M.M. (sekarang adalah kepala SMAK 4 BPK PENABUR, Sunrise Garden, Jakarta Barat), sebagai wakil kepala sekolah.

Namun, perkembangan pesat SMAK 6 dari waktu ke waktu sudah tidak memungkinkan untuk tetap berlokasi di komplek BPK PENABUR Modern Land. Sehingga pada tahun 2002 penerimaan siswa kelas X sudah mulai bertempat di komplek BPK PENABUR Gading Serpong. Pada tahun ajaran 2002 - 2003 proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berada di dua lokasi, siswa kelas X sebanyak tiga kelas belajar di komplek BPK PENABUR Gading Serpong, dan siswa kelas XI dan XII belajar di komplek BPK PENABUR Modern Land.

Dan pada tahun ajaran 2003-2004, seluruh kegiatan SMAK 6 secara resmi berpindah ke komplek BPK PENABUR Gading Serpong, sehingga nama sekolahpun menjadi resmi bernama SMAK Gading Serpong BPK PENABUR Jakarta.

Selama menempati komplek BPK PENABUR Gading Serpong, SMAK GS ditempatkan dalam satu gedung yang sama dengan SMPK Gading Serpong BPK PENABUR Jakarta. SMAK GS menempati lantai 3 dan 4, sedangkan SMPK GS menempati lantai 1 dan 2. Status ini terus dipertahankan hingga akhirnya perkembangan SMAK GS yang amat pesat mengharuskan yayasan untuk membangun sebuah gedung tersendiri bagi SMAK GS. Pada bulan Oktober 2007, gedung baru berlantai 6 tersebut diresmikan, dan seluruh kegiatan SMAK GS berpindah ke gedung baru tersebut. Gedung lama, kini sepenuhnya ditempati oleh SMPK GS.

Program[sunting | sunting sumber]

SMAK GS BPK Penabur memiliki berbagai program kelas pendidikan.

Kelas Reguler[sunting | sunting sumber]

Kelas Reguler adalah kelas dengan kurikulum Nasional dan penyesuaian serta penambahan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh Yayasan BPK Penabur. Kelas ini adalah kelas umum dengan masa belajar 3 tahun, dan diajar oleh guru-guru BPK Penabur yang berpengalaman tinggi.

Brilliant Class[sunting | sunting sumber]

Brilliant Class adalah kelas yang dirancang khusus untuk siswa dengan IQ min. 145. Kelas ini menerapkan pengajaran yang terfokus pada Matematika dan IPA untuk olimpiade. Tetapi, Brilliant Class juga masih menerima pelajaran selayaknya pelajaran kelas reguler.

Sekolah dan Fasilitas[sunting | sunting sumber]

SMAK PENABUR Gading Serpong berlokasi di kompleks perumahan elit Summarecon Gading Serpong, dalam satu lokasi bersama TKK, SDK, dan SMPK PENABUR Gading Serpong, dan terletak hanya beberapa menit dari Universitas Multimedia Nusantara dan Summarecon Mall Serpong. Gedung SMAK GS memiliki 6 lantai yang dilengkapi dengan dua buah elevator. Lapangan parkir, lapangan upacara, dan hampir seluruh fasilitas olahraga, seperti lapangan basket, lapangan voli, dan trek atletik terdapat di luar gedung.

  1. Lantai 1: Ruang tata usaha, sick bay, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium IT, labaratorium Bahasa, ruang radio dan interkom sekolah, kantin.
  2. Lantai 2: Ruang kepala sekolah, ruang guru, perpustakaan, ruang pertemuan, dapur, audio visual, ruang OSIS,.
  3. Lantai 3: Ruang belajar, ruang wakil kepala sekolah.
  4. Lantai 4: Ruang belajar, ruang wakil kepala sekolah.
  5. Lantai 5: Ruang belajar, ruang wakil kepala sekolah,
  6. Lantai 6: Auditorium, ruang musik, ruang seni desain, ruang paduan suara.

Seluruh laboratorium sains dan IT adalah laboratorium modern dengan alat-alat terbaik yang menunjang pembelajaran di kelas, sehingga peserta didik tidak hanya mendapat pemahaman secara teoretis, namun dapat juga mempraktekkan dan membuktikan teori yang diajarkan di dalam kelas.

SMAK GS juga memiliki sebuah auditorium besar yang mampu menampung hingga 1000 orang, dan biasa digunakan untuk acara-acara, seperti kebaktian, wisuda, malam dana, prom night , pembukaan Olimpiade dan beberapa acara khusus seperti pementasan musik, dan drama.

Selain fasilitas yang terdapat di area komplek BPK PENABUR, SMAK GS juga memiliki tiga asrama yang diperuntukkan bagi siswa Brilliant Class. Ketiga asrama tersebut dinamai berdasarkan tokoh Alkitab Mary (Maria), Luke (Lukas), dan John (Yohanes). Tiga asrama yang disebut pertama terletak di kompleks perumahan Summarecon Gading Serpong, di sektor 1A, yang jaraknya tidak jauh dari kompleks sekolah. .