Runaway Bride

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Runaway Bride
Poster resmi
SutradaraGarry Marshall
Produser
Ditulis oleh
  • Sara Parriott
  • Josann McGibbon
Pemeran
Penata musikJames Newton Howard
SinematograferStuart Dryburgh
PenyuntingBruce Green
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 30 Juli 1999 (1999-07-30) (Amerika Serikat)
Durasi116 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$70 juta
Pendapatan
kotor
$309.5 juta

Runaway Bride adalah sebuah film komedi romantis Amerika Serikat tahun 1999. Film ini disutradarai oleh Garry Marshall dan dibintangi oleh Julia Roberts dan Richard Gere. Skenario film ini ditulis oleh Sara Parriott dan Josann McGibbon, menceritakan tentang seorang reporter (Gere) yang ditugaskan untuk menulis cerita tentang seorang wanita (Roberts) yang sering melarikan diri dari pernikahannya sendiri. Film ini menerima ulasan umumnya negatif dari para kritikus tetapi sukses secara komersial, meraup $309 juta di seluruh dunia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Maggie Carpenter adalah seorang wanita muda cantik yang telah memiliki sejumlah hubungan yang gagal. Maggie gugup karena akan menikah, sering melarikan diri dari tunangannya yang menunggunya di altar pada hari pernikahan mereka. Hal tersebut direkam, menghasilkan ketenaran tabloid untuk Maggie dan julukan "Runaway Bride".

Sementara itu, di New York, kolumnis Homer Eisenhower "Ike" Graham menulis sebuah artikel tentang Maggie yang berisi beberapa kesalahan faktual, yang diberikan kepadanya oleh seorang pria yang dia temui di sebuah bar yang kemudian diketahui pria tersebut adalah salah satu mantan tunangan Maggie. Ike dipecat karena tidak memverifikasi sumbernya, tetapi diundang untuk menulis artikel mendalam tentang Maggie dalam upaya memulihkan reputasinya. Ike melakukan perjalanan ke Hale, Maryland, di mana dia menemukan Maggie tinggal bersama keluarganya dan akan kembali menikah untuk keempat kalinya. Calon pengantin pria keempat, Bob Kelly, adalah pelatih sepak bola di sekolah menengah setempat yang menggunakan analogi olahraga untuk membantu Maggie mengatasi kekhawatirannya. Saat Ike mulai berkeliling kota untuk bertemu teman, keluarga, dan mantan tunangan Maggie, Maggie menjadi frustrasi. Maggie menawarkan Ike kesempatan untuk menghabiskan waktu bersamanya, untuk melihat bahwa Maggie bukan orang jahat, bahwa dia dan Bob benar-benar akan berhasil. Ike dan Maggie menjadi lebih dekat semakin banyak waktu yang mereka habiskan bersama.

Saat Ike meneliti sejarah Maggie, Ike menyadari bahwa Maggie selalu menurut dengan tunangannya. Ini ditandai paling menonjol oleh pilihan telurnya, yang berubah seiring dengan perbedaan tunangannya. Pada perayaan pra-pernikahan Maggie dan Bob, Ike membela Maggie dari lelucon yang dilakukan keluarga dan tamu Maggie, hingga Maggie berlari keluar karena malu. Ike kemudian mengejar Maggie, yang membuat Maggie sadar akan hubungan percintaannya selama ini.

Saat gladi bersih pernikahan, Bob mencoba meredakan kecemasan Maggie dengan mengantarnya ke pelaminan. Bob meminta Ike untuk menggantikannya di altar, berperan sebagai pengantin pria. Tetapi Ike dan Maggie berbagi ciuman penuh gairah dan saling mengakui perasaan mereka. Bob kecewa, menjadi cemburu dan meninju wajah Ike sebelum dia keluar dari gereja. Setelah itu, Ike mengusulkan agar dia dan Maggie menikah karena pernikahan sudah diatur. Di pesta pernikahan, Ike mengikuti saran Bob dan menjaga kontak mata dengan Maggie untuk meyakinkannya saat dia berjalan menyusuri lorong. Namun, lampu kilat kamera memecah konsentrasi Maggie dan tiba-tiba membuatnya melarikan diri. Ike mengejarnya tapi Maggie menumpang truk FedEx.

Ike kembali ke New York dan Maggie mencoba menemukan dirinya sendiri, mencoba berbagai jenis telur, dan menjual desain pencahayaannya di toko-toko New York. Maggie muncul tiba-tiba di apartemen Ike suatu malam. Maggie kemudian menjelaskan mengapa ia selalu berlari. Maggie kemudian "menyerahkan" sepatu larinya sebelum melamar Ike. Ike menutup matanya, tapi Maggie bersikeras. Keduanya menikah dalam upacara pribadi di luar ruangan, di atas bukit, menghindari upacara besar yang menurut Maggie tidak pernah dia sukai. Sebuah adegan post credit menunjukkan Maggie dan Ike bermain di salju menandakan bahwa hubungan itu akan kuat setelah pernikahan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Julia Roberts sebagai Margaret "Maggie" Carpenter
  • Richard Gere sebagai Homer Eisenhower "Ike" Graham
  • Joan Cusack sebagai Peggy Flemming, sahabat Maggie
  • Héctor Elizondo sebagai Fisher, bos Ike
  • Rita Wilson sebagai Ellie Graham, mantan istri Ike
  • Paul Dooley sebagai Walter Carpenter, ayah Maggie
  • Christopher Meloni sebagai Bob Kelly, tunangan keempat Maggie
  • Donal Logue sebagai Father Brian Norris, calon pengantin pertama Maggie
  • Yul Vazquez sebagai Dead Head Gill Chavez, calon pengantin kedua Maggie
  • Reg Rogers sebagai George "Bug Guy" Swilling, calon pengantin ketiga Maggie
  • Jane Morris sebagai Mrs. Pressman
  • Lisa Roberts Gillan sebagai Elaine
  • Kathleen Marshall sebagai Cousin Cindy
  • Jean Schertler sebagai Grandma Julia Carpenter, nenek Maggie
  • Laurie Metcalf sebagai Betty Trout

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat peringkat persetujuan 46% berdasarkan 87 ulasan, dengan peringkat rata-rata 5,31/10. Konsensus kritikus situs tersebut berbunyi, "Cerita klise dengan kurangnya chemistry antara Richard Gere dan Julia Roberts."[1] Menurut Metacritic, yang memberi film ini skor rata-rata tertimbang 39 dari 100 berdasarkan 29 kritik, film tersebut menerima "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan".[2] Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A−" pada skala A+ hingga F.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Runaway Bride (1999)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 13, 2021. 
  2. ^ "Runaway Bride Reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 12, 2021. 
  3. ^ "Find CinemaScore" (Type "Runaway Bride" in the search box). CinemaScore. Diakses tanggal March 13, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]