Rumah bangsawan Popov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rumah Bangsawan Popov (dikenal sebagai Kastil Vasylivka) merupakan kompleks museum yang berlokasi di rumah bangsawan yang sebagian masih terjaga. Museum ini didirikan antara tahun 1864 dan 1884 di dekat kota Vasylivka, Ukraina oleh Vasili Popov Jr. (cucu Jenderal Vasili Stepanovich Popov). Bangunan ini juga dijadikan sebagai Cagar Museum Sejarah dan Arsitektur Vasylivka.

Cagar Budaya ini didirikan pada 29 Januari 1993 untuk menggantikan museum sejarah lokal Vasylivka.[1]

Rumah Bangsawan[sunting | sunting sumber]

Desain bergaya khas Gotiknya dikaitkan dengan Nicholas Benois. Rumah utama mempunyai teleskop, galeri, dan museum etnografi. Kastil ini pernah dijarah kaum Bolshevik dan dirobohkan Jerman saat Perang Dunia Kedua. Proses restorasi tidak berjalan sampai tahun 1990-an.

Penembakan dan Perampokan Perkebunan[sunting | sunting sumber]

Tanggal 7 Maret 2022, saat invasi militer ke Ukraina, Popov Manor ditembak pasukan Rusia. Gedung kandang kuda di rumah ini rusak.[2]

Tanggal 13 Maret 2022, museum ini dijarah militer Rusia. Selain merampok, mereka merusak, memecahkan jendela dan menghancurkan semua pintu.[3] [4]

  1. ^ Program of the historical site. Popov Manor House official website. 31 May 2012.
  2. ^ "У Запорізькій області російські окупанти обстріляли історико-архітектурний музей «Садиба Попова» у Василівці, – ФОТО | Перший Запорiзький". 1news.zp.ua. Diakses tanggal 2022-07-28. 
  3. ^ "У Василівці російські мародери обікрали "Садибу Попова" | Перший Запорiзький". 1news.zp.ua. Diakses tanggal 2022-07-28. 
  4. ^ "В Запорожской области российские оккупанты разграбили музей: один из трофеев - мраморный унитаз". zabor.zp.ua (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-07-28.